Ucapan Selamat Pagi, Siang, Sore & Malam Dalam Bahasa Jepang

Dimanapun kita berada, mengucapkan salam pada sesama adalah suatu hal yang tidak dapat terhindarkan karena manusia tidak bisa hidup sendiri.

Dalam budaya orang Jepang, menyapa merupakan hal yang sangat penting, karena salam merupakan bentuk penghormatan kepada lawan bicara.

Orang Jepang biasa (tapi tidak selalu) mengucapkan salam sebelum memulai pembicaraan, baik kepada orang yang baru dikenal atau pun orang yang sudah akrab, dalam situasi formal ataupun situasi santai.

Kamu akan dinilai kurang sopan jika memulai pembicaraan tanpa mengucapkan kalimat salam, lebih lebih jika berbicara kepada orang yang belum kamu kenal atau atasanmu di perusahaan.

Dan tanggapan dari lawan bicara pun biasanya akan terkesan kurang ramah kepadamu hanya karena kamu melupakan salam kepada lawan bicara.

Oleh karena itu pengetahuan tentang pengucapan salam ini sangat penting untuk kamu ketahui, apalagi jika kamu memiliki rencana untuk tinggal di Jepang.

Ucapan salam sapaan dalam bahasa jepang sangat berkaitan dengan waktu dalam pengucapan nya.

Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang

Pada waktu pagi kamu dapat mengucapkan “Ohayou gozaimasu” 「おはようございます」 untuk salam kepada siapapun termasuk teman, tetangga, atasan di kantor, guru atau orang asing sekalipun.

Kamu juga dapat mengucapkan “Ohayou” 「おはよう」 saja tanpa akhiran “gozaimasu” kepada sahabat dekat, keluarga, dan junior kamu.

Biasanya ohayou diucapkan mulai dari bangun tidur sampai sebelum jam 12 siang saja.

Tapi ada keadaan khusus, dimana kamu bisa mengucapkan Ohayou meskipun tidak pagi.

Misalnya ketika bangun tidur…

… meskipun bukan waktu pagi, kamu bisa ucapkan Ohayou untuk menyapa.

Selamat Siang Dalam Bahasa Jepang

Untuk ucapan salam di siang hari, kamu bisa mengucapkan “Konnichiwa” 「こんにちは」 kepada siapapun termasuk orang yang lebih tua atau senior.

Selain berarti Selamat siang kata “Konnichiwa” juga berarti “Hari yang indah/cerah” biasanya ucapan salam ini digunakan ketika hari sudah mulai panas sekitar jam 12 sampai menjelang malam.

Dalam bahasa Jepang tidak ada frase khusus untuk pengucapan “Selamat sore” jadi “Konnichiwa” 「こんにちは」 ini juga dapat diartikan selamat sore.

Tidak hanya itu “Konnichiwa” juga bisa berarti “Hai” atau “Hallo” jadi kamu bisa juga menggunakan salam ini meski keadaan masih pagi hari atau di waktu yang lain.

Selamat Malam Dalam Bahasa Jepang

Pengucapan salam di waktu malam hari kamu dapat mengucapkan “Konbanwa” 「こんばんは」 kepada siapapun sama seperti “Konnichiwa”.

Konbanwa biasanya diucapkan ketika hari sudah mulai gelap, kalau disini mungkin sekitar jam 6 sore sampai besuk pagi.

Namun salam ini biasa digunakan hanya untuk menyapa saat akan memulai pembicaraan, bukan untuk mengucapkan selamat tidur.

Selamat Tidur Dalam Bahasa Jepang

Ada ungkapan tersendiri untuk mengucapkan selamat tidur yaitu “Oyasumi nasai” 「おやすみ なさい」 atau “Oyasumi” 「おやすみ」 saja yang dapat diartikan sebagai “Selamat Tidur” atau “Selamat Beristirahat”.

Biasanya ungkapan ini digunakan untuk meng akhiri pembicaraan.

Sekarang kita simpulkan artikel kita kali ini, salam sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat di Jepang, jadi pastikan kamu menguasai nya.

Yuk Persiapkan Bahasa Jepangmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jepang Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.