Tips Belajar Bahasa Korea Sendiri Dengan Mudah

Fakta menyebutkan bila Bahasa Korea dipakai oleh lebih dari 70 juta orang di dunia untuk komunikasi sehari-hari. Bahasa ini menjadi semakin populer dan banyak dipelajari oleh warga negara asing setelah budaya pop Korea Selatan atau K-pop semakin meluas jangkauannya. Apakah kamu juga termasuk salah satu yang tertarik untuk belajar Bahasa Korea?

Tak perlu risau soal berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar Bahasa Korea. Pasalnya, proses yang dibutuhkan untuk mempelajari bahasa baru akan lebih efektif apabila konsisten dilakukan setiap hari. Jangka waktunya juga tergantung dengan kesibukan dan kemampuan masing-masing orang. 

Simak tips berikut tentang tips belajar Bahasa Korea sendiri dengan mudah

1. Belajar Hangeul dengan caramu sendiri

Untuk mempelajari suatu bahasa, hal pertama yang harus dilakukan adalah menguasai alfabetnya terlebih dahulu. Khususnya bahasa Korea yang memiliki alfabet sendiri yaitu, hangeulGood news! Hangeul adalah salah satu dari sekian huruf yang mudah untuk dipelajari, bahkan bisa hanya dalam kurun waktu 1-2 jam.

Kamu bisa mulai belajar Hangeul dengan menulis per karakter di sticky notes warna-warni lalu menempelkannya di tempat yang kira-kira bisa Chingu pandangi setiap hari, misalnya di cermin atau di meja belajar. Gunanya bisa untuk me-review atau mempermudah proses belajar hangeul.

2. Perbanyak Kosakata

Sudah mahir dengan hangeul? Sekarang saatnya untuk memperbanyak kosakata. Chingu bisa mulai dari kosakata dasar untuk kehidupan sehari-hari misalnya nama-nama hari, angka, frase percakapan sederhana. Bisa juga untuk lebih spesifik, misalnya Kamu akan mengunjungi Korea dalam waktu dekat, sebaiknya lebih fokus dalam kosakata yang berhubungan dengan arah ataupun transportasi.

Akan lebih mudah jika Chingu menuliskan setiap kosakata yang baru dipelajari di flip notes yang mudah dibawa ke mana-mana. Cara ini juga bisa membantu Kamu untuk mengingat pelajaran baru dan melatih hangeul. Pemberian gambar lucu atau small notes di setiap catatan yang ditulis akan lebih bagus. 

3. Gunakan Konglish

Masih bingung menghapal beberapa kosakata dalam bahasa Korea? Tenang saja, ada istilah Konglish dalam bahasa Korea, yang mana adalah kata pinjaman yang meminjam bunyi dan makna dari kata bahasa Inggris. Kata-kata ini sangat mudah dikenali karena terdengar seperti kata dalam bahasa Inggris, hanya dengan aksen Korea.
Contohnya:

  • 컵 (kuhp) = cup
  • 카페 (ka-peh) = cafe
  • 초콜릿 (cho-kol-lit) = chocolate
  • 카메라 (ka-meh-ra) = camera
  • 택시 (tek-shi) = taxi
  • 인터넷 (in-tuh-net) = internet
  • 스무디 (soo-moo-thee) = smoothie
  • 메뉴 (me-nyu) = menu
  • 피자 (pi-ja) = pizza

Mempelajari Konglish adalah cara mudah untuk belajar bahasa Korea. Selain itu, cara pengucapan kosakata versi Konglish terkadang berbeda dari bahasa Inggris, misalnya:

  • 에어컨 (air-con) = air conditioner
  • 노트 (note) = notebook
  • 밴드 (band) = band-aid
  • 헬스 (health) = health club, gym

4. Biasakan diri dengan Bahasa Korea

Agar lebih terbiasa dengan bahasa Korea, mulailah untuk membiasakan diri dengan melakukan hal sederhana di kehidupan sehari-hari seperti mengubah pengaturan bahasa di smartphone, atau menempelkan sticky notes di item sehari-hari di sekitar rumah dalam bahasa Korea.

Jangan terlalu memforsir diri untuk belajar dengan keras. Kamu bisa memanfaatkan waktu sebijak mungkin untuk belajar agar hasil lebih maksimal. Manfaatkan waktu luang dengan memainkan kuis dari aplikasi yang bisa diunduh di smartphone, mendengarkan podcast, atau audiobook Korea.

5. Temukan cara belajarmu sendiri

Apa Kamu sudah tahu bagaimana gaya belajar mu agar lebih maksimal dan nyaman saat belajar?
Sebenarnya, ini adalah tip sederhana, tetapi penting agar proses belajar bahasa Korea mu bisa lebih cepat dan efisien.

Seperti yang kita ketahui ada berbagai macam learning styles, namun 3 gaya ini yang paling utama:

  • Visual (belajar dengan melihat)
  • Auditori (belajar dengan mendengarkan / mendengar)
  • Kinestetik (belajar dengan tindakan)

Tak jarang pula ada tipe orang yang mempunyai 3 learning styles di atas saat belajar.
Kesimpulannya, dengan menggunakan metode belajar tertentu yang paling sesuai dengan gaya belajar kamu sendiri, Kamu akan tahu bahwa hal-hal seperti menghafal kosakata baru akan menjadi jauh lebih mudah dipelajari dan tidak memakan waktu yang lama.

6. Cari partner belajar

Kemungkinan untuk belajar bahasa asing akan sangat terasa membosankan jika tidak ada teman yang bisa diajak untuk belajar bersama. Padahal mempunyai partner belajar bisa meningkatkan skil bahasa asing yang kamu pelajari.

Jika kamu kesulitan menemukan partner belajar di real life, Kamu bisa menemukannya di dunia maya atau komunitas online seperti Facebook, dan forum online lainnya. In case, kamu adalah K-Popers, akan lebih mudah dan mengasyikkan untuk mengajak teman satu fandom kamu untuk belajar bahasa Korea bersama. Misalnya, mulai dari chatting dengan menggunakan hangeul, berdiskusi tentang bahasa Korea atau juga bisa mengenai Korean slang apa saja yang sedang tren akhir-akhir ini.

Yuk Persiapkan Bahasa Koreamu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Korea Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.