Gaya Komunikasi di Korea

Ucapan Terimakasih Bahasa Korea Ini Bisa Kamu Gunakan Lho!

Gaya Komunikasi di Korea

https://www.freepik.com/free-vector/thank-you-illustration-flat-style-with-group-young-people-folding-heart-from-their-fingers_13705620.htm#query=terimakasih&position=3&from_view=search

Annyeong haseyo, kamu yang suka drakor, tinggal di Korea, atau memiliki teman asal Korea pasti pernah mengucapkan kata “Gomawo” sebagai ungkapan terimakasih Bahasa Korea, kan? Nah, selain Gomawo kamu juga bisa menggunakan kata lainnya lho. Ini dia pembahasan seputar ucapan terimakasih dalam Bahasa Korea dan contohnya!

Gaya Komunikasi di Korea

Korea cukup dikenal dengan kesopanannya yang dicerminkan melalui bahasa dan juga gesturenya. Contohnya saja ketika bertemu dengan orang lain di kondisi semi-formal atau formal. Orang Korea biasanya akan membungkuk atau saling berjabat tangan (utamanya pria). 

Selain itu, Bahasa Korea sendiri juga memiliki tingkatan kesopanan yang berbeda tergantung penggunaannya. Contoh, struktur bahasa yang digunakan ketika berbicara dengan teman dan orang tua tentu saja berbeda. Termasuk ketika kamu ingin menggunakan ucapan terimakasih Bahasa Korea. Ternyata, ada beberapa frasa yang bisa kamu gunakan lho. 

Postur tubuh yang baik dan bahasa yang baik ini memiliki peran yang sangat penting ketika kamu tengah berkomunikasi dengan orang lain. 

7 Cara Ucapkan Terimakasih dalam Bahasa Korea

7 Cara Ucapkan Terimakasih dalam Bahasa Korea

https://img.freepik.com/free-photo/smiling-handsome-young-asian-man-looking-thankful-pleased-holding-hands-together-bow-politely-greeting-someone-say-namaste-standing-white-background-delighted_1258-55724.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

Setidaknya ada 7 cara mengucapkan terimakasih Bahasa Korea yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah : 

  • 고마워 (gomawo)

Kata yang paling banyak digunakan. Tergolong informal, sehingga lebih cocok digunakan untuk teman sebaya/teman akrab dalam situasi casual. 

  • 고마워요 (gomawoyo)

Merupakan versi lebih sopan dari gomawo. Hanya saja, masih setingkat dengan bahasa informal. Hanya saja, kata gomawoyo lebih ditujukan untuk teman yang tidak terlalu akrab atau orang yang lebih muda darimu.

  • 감사-감사 (kamsa-kamsa)

Penggunaan kata terimakasih Bahasa Korea ini merupakan frasa gaul yang lebih sering digunakan saat berkirim pesan (chatting) sesama teman. 

  • 감사 해요 (kamsahaeyo)

Jarang digunakan, masih tergolong bahasa informal. Dapat digunakan untuk mengucapkan terimakasih secara kasual kepada sesama teman. 

  • 고맙습니다 (gomapseumnida) 

Ucapan terimakasih Bahasa Korea dalam situasi formal. Sering ditujukan untuk orang yang lebih tua atau orang yang lebih dihormati. 

  • 감사 합니다 (kamsahamnida)

Sama seperti gomapseumnida, hanya saja kamsahamnida ini memiliki kesan yang jauh lebih sopan. 

  • 아니요, 괜찮습니다 (aniyo, gwaenchanseummida) 

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan kata ini untuk mengucapkan terimakasih. Namun, jika dibandingkan dengan ke-6 kata lainnya. Kata ini lebih digunakan untuk menolak pemberian/penawaran seseorang dengan sopan. Kata ini juga lebih sering ditujukan untuk orang dewasa yang masih asing. Artinya sendiri adalah “tidak, terimakasih”

Contoh Percakapan Bahasa Korea Terima Kasih

A : 이거 좀 받으세요 (igeo jom badeuseyo) :  Tolong terimalah ini.

B : 네, 감사합니다. (ne, kamsahamnida) :  Baik, terima kasih.

Dan, 

A : 이 가방이 아주 예뻐요. 어디서 샀어요? (i gabangi aju yepeoyo. eodiseo sasseoyo?) : Tas ini sangat cantik. Dimana belinya?

B : 네, 고마워요. 이 거 선물이에요 (ne. gomawoyo. igeo seonmurieyo) :  Iya terima kasih. Ini hadiah kok.

Kata Ucapan Terimakasih Formal

Untuk situasi formal, kamu bisa menggunakan gomapseumnida atau kamsahamnida. 

Kata Ucapan Terimakasih Informal

Untuk terimakasih Bahasa Korea dalam situasi informal. Kamu bisa menggunakan, gomawo, gomawoyo, Kamsa-kamsa, dan kamsahaeyo. 

 

referensi : 

https://www.idntimes.com/life/education/pak/bahasa-korea-terima-kasih-c1c2

https://id.wikihow.com/Mengucapkan-Terima-Kasih-dalam-Bahasa-Korea

https://sebisles.com/terimakasih-dalam-bahasa-korea/

https://kumparan.com/berita-terkini/contoh-surat-ucapan-terima-kasih-resmi-dan-cara-menulisnya-1wNBNtTqaP9

https://koreanfirst.net/bahasa-korea-terima-kasih/

 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.