7 Tempat Bersejarah di Korea

Sulit memungkiri kenyataan bahwa budaya modern dan industri hiburan menjadi daya tarik utama Korea Selatan saat ini. Namun, seperti kebanyakan negara Asia Timur lainnya, negara yang juga dikenal dengan sebutan Negeri Ginseng ini kaya akan sejarah dan tradisi yang menarik untuk dieksplorasi.

Kalau Kamu sedang mencari destinasi yang penuh dengan tempat-tempat bersejarah, negara ini bisa jadi pilihan yang tepat. Berikut tempat-tempat bersejarah di Korea Selatan yang kami rekomendasikan untuk Kamu kunjungi pada perjalanan tur berikutnya!

1. Kuil Jongmyo

Bangunan bersejarah di Korea Selatan ada banyak. salah satu yang tertua adalah Kuil Jongmyo. Kuil ini adalah kuil konfusianis tertua di dunia. Dulunya dibangun pada sekitar tahun 1392 hingga 1910.

Kuil ini dibangun untuk nenek moyang dinasti Joseon. Namun saat Jepang menginvasi Korea, bangunan ini hancur. Kejadian tersebutterjadi pada sekitar abad ke-16. Pembangunan kembali Kuil Jongmyo dilakukan pada awal abad ke-17.

Saat ini bangunan tua ini menjadi salah satu bagian dari UNESCO heritage site yang legendaris. Setiap tahunnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Anda bisa mengunjunginya setiap hari, kecuali hari Selasa.

2. Istana Deoksugung

Tempat bersejarah di Korea Selatan selanjutnya adalah Istana Deoksugung. Bangunan ini sebenarnya bukan sebuah istana inti. Namun pada masa Perang Imjin, semua istana di Korea mengalami kerusakan. Hal ini menjadikan kerajaan dipindahkan ke bangunan lain, yaitu Istana Deoksugung ini.

Peresmian istana dilakukan oleh Raja Gwanghaegun, yaitu raja ke-15 dari dinasti Joseon. Sejak saat itu istana ini dinamakan Deoksugung. Hal menarik dari istana ini adalah bangunan yang cantik dan khas Korea.

Apalagi sejak raja ke-26 memerintah, istaana ini dipercantik lagi dengan pembangunan beragam fasilitas baru. Wisatawan bisa berkunjung ke tempat ini untuk menikmati wisata sejarah. Selain itu bisa juga berfoto dengan pakaian tradisional Korea.

3. Istana Changdeokgung

Istana Changdeokgung merupakan sebuah istana yang megah di lereng Puncak Ungbing, Gunung Baegaksan, utara dari kota Seoul. Istana ini dibangun sekitar abad ke-15 yaitu pada dinasti Joseon.

Bangunan istana ini menempati sebuah kompleks seluas kurang lebih 57 hektar. Pembangunan istana dilakukan dengan tujuan sebagai istana sekunder. Namun saat invasi Jepang, bangunan ini menjadi pusat pemerintahan dan istana utama.

Wisatawan banyak yang berkunjung ke UNESCO heritage site ini dengan tujuan untuk menikmati wisata sejarah sekaligus arsitektur istana khas Korea. Anda bisa berkunjung setiap hari, kecuali hari Senin.

4. Benteng Hwaseong

Tempat bersejarah di Korea Selatan lainnya adalah Benteng Hwaseong. Benteng ini dibangun sekitar abad ke-18 pada masa pemerintahan Raja Jengjo dinasti Joseon. Dulunya benteng ini berfungsi sebagai pertrahanan dan basis politik.

Ukurannya sekitar 5,47 kilometer, mengelilingi pusat kota Suwing. Hal menarik dari benteng ini adalah bangunan yang kuat dengan beberapa pintu air, pos komando, menara peluncur panah, senjata api, gerbang rahasia, hingga menara observasi.

Di dalam benteng juga terdapat bunker dan menara suar. Bangunan kokoh ini masuk ke dalam daftar UNESCO heritage site sejak tahun 1997. Anda bisa mengunjunginya untuk wisata sejarah yang cukup unik.

5. Yang Dong Traditional Village

Menikmati wisata di Korea Selatan yang bersejarah tidak bisa lepas dari desa tradisionalnya. Salah satu yang terkenal adalah Yang Dong Traditional Village yang juga sudah masuk dalam daftar UNESCO heritage site.

Di desa ini wisatawan memang tidak bisa mencicipi Makanan Khas Korea Selatan, namun wisatawan bisa melihat kehidupan masyarakat kuno Korea Selatan, dari bangunan-bangunan kuno yang ada di sana. Desa ini memiliki budaya khas konfusianisme aristokrat dinasti Joseon.

Bangunan-bangunan di sana sudah sangat tua. Bahkan ada yang sudah berusia 200 tahun. Saat ini, masih ada penduduk yang tinggal di sana, yaitu sekitar 500 tahun. Saat memasuki desa ini, Anda seperti kembali ke zaman dahulu, persis seperti drama Korea tema kerajaan.

6. Istana Gyeongbokgung

Tempat bersejarah di Korea Selatan lainnya adalah sebuah istana, karena kehidupan sejarah Korea Selatan adalah kehidupan kerajaan. Istana Gyeongbokgung merupakan sebuah istana kerajaan yang didirikan pada 1395.

Istana ini adalah istana terbesar se-Korea Selatan. Istana ini juga merupakan istana bagi dinasti Joseon, tepatnya istana utama. Gerbang utamanya dipenuhi dengan halaman batu yang cukup luas.

Di dalam istana terdapat museum nasional rakyat Korea yang menarik untuk dijelajahi oleh wisatawan. Anda bisa mengunjunginya dan mengambil tour berbahasa Inggris agar lebih memahami mengenai istana tersebut.

7. Bukchon Village

Ada lagi sebuah wisata sejarah Korea Selatan yang berupa desa tradisional. Namanya adalah Bukchon Village. Tempat wisata ini memberikan sensasi kehidupan kuno Korea Selatan.

Di sana terdapat bangunan rumah masyarakat tradisional kala itu dan masih berdiri hingga saat ini. Lokasinya ada di antara Istana Changdeokgung, Istana Geokbokgung dan Jongmyo Shrine.

Anda bisa mencapainya dengan cukup mudah. Misalnya dengan naik subway dan turun di Anguk Station. Dari sana, hanya tinggal berjalan kaki kurang lebih 300 meter saja. Nikmati jalanan desa tradisional yang khas sambil berfoto-foto.

Yuk Persiapkan Bahasa Koreamu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Korea Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.