Sejarah Bulgogi & Cara Membuatnya

Hampir seluruh penggemar Korea tentu pernah mencicipi Bulgogi. Hidangan daging yang diberi bumbu dan kemudian dipanggang ini telah menjadi favorit di kalangan penggemar Korea. Meskipun hidangan ini sudah tidak asing di telinga para penggemar Korea, banyak yang masih tidak tahu asal usulnya. Kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut.

Sejarah

Bulgogi berasal dari kata Bul (불) yang berarti ‘api’ dan juga Gogi (고기). Bulgogi merupakan hidangan daging sapi yang diiris tipis yang telah dibumbui lalu dimasak dengan cara dipanggang.
 
Jika mengulik asal-usul dari Bulgogi tentu tidak bisa melupakan nama awalnya. Hidangan daging panggang ini berawal dari hidangan Maekjeok. Mulai ada pada masa Kerajaan Goguryeo. Berdiri pada abad 37 SM, Kerajaan Goguryeo sendiri merupakan salah satu kerajaan awal Korea.
Hidangan Maekjeok dari Goguryeo sendiri merupakan sebuah hidangan sate daging yang dipanggang. Hidangan inilah yang menjadi awal adanya hidangan bulgogi yang ada pada hari ini. Banyak catatan yang menyatakan bahwa bulgogi merupakan satu-satunya hidangan daging yang membumbuinya terlebih dahulu sebelum dipanggang. Namun China juga memiliki hidangan yang hampir serupa. Yang membedakan adalah urutan saat membumbuinya.
 
Karena telah dibumbui sebelum dimasak, hidangan Maekjeok tidak membutuhkan saus lagi. Akhirnya hidangan ini juga disebut dengan nama Mujang yang berarti ‘tanpa saus’. Setelah beberapa lama, hidangan ini kemudian menjadi salah satu bagian dari makanan kerajaan dan bangsawan. Makanan ini juga disebut dengan nama Neobiani, yang berarti ‘potongan daging.
 
Nah jadi itulah asal-usul & sejarah dari Bulgogi.

Bahan-bahan

500 g daging has dalam

50 g wortel, iris tipis

50 g jamur kancing segar, potong 4 bagian

250 g buah pir, parut halus

100 g bawang bombay, iris halus

4 siung bawang putih, cincang halus

2 sdm kecap asin

1 sdm minyak wijen

1 sdm madu

1 sdt jahe parut

½ sdt merica hitam bubuk

2 sdm minyak

1 batang daun bawang, iris halus

2 sdt biji wijen putih, sangrai

Cara Membuat

Potong-potong daging has dalam sesuai selera.

Aduk rata daging, wortel, dan jamur dalam sebuah wadah.

Tambahkan buah pir, bawang bombay, bawang putih, kecap asin, minyak wijen, madu, jahe parut, dan lada hitam bubuk, aduk hingga rata.

Diamkan hingga bumbu meresap (1 jam).

Panaskan minyak, tumis daging beserta bumbu hingga matang. Angkat.

Tuang ke dalam mangkuk saji. Berikan taburan daun bawang dan wijen di atasnya. Sajikan hangat.

Yuk Persiapkan Bahasa Koreamu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Korea Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.