Minuman Khas Perancis

Selain tekenal dengan sejarah, makanan, seni dan destinasi wisata. Perancis juga memiliki minuman khas atau minuman tradisional yang tidak kalah populer.

Masyarakat Perancis sendiri memiliki berbagai tradisi minum bersama, terutama dalam hal minum anggur.

Apabila kalian pernah berkunjung ke perancis, terdapat beberapa minuman yang sangat difavoritkan disana.

1. Absinth

Salah satu minuman khas Perancis yang difavoritkan masyarakatnya ialah absinth. Jauh sebelum minuman ini terkenal di Perancis, Swiss telah membuatnya terlebih dahulu.

Akan tetapi beberapa dekade kemudian Perancis mulai memproduksi minuman ini dengan skala besar, tepatnya pada abad ke-19.

Pada tahun pertama memproduksi minuman, Perancis mampu memproduksinya dengan sangat banyak, yaitu sekitar 35 juta liter / tahun.

Minuman ini digemari oleh berbagai kalangan, dari mulai artis hingga senimanan, seperti;

  1. Degas
  2. Manet
  3. Toulouse-Lautrec
  4. Picsso
  5. Ernest Hemingway.
  6. Wilde
  7. dll

Pada tahun 1915 minuman ini sempat dilarang di Perancis, karena mengandung tau bersifat psychedelic.

Larangan tersebut sebenarnya tidak pernah dicabut, akan tetapi seiring berkembangnya waktu mulai tidak ada lagi pengawasan, itu artinya mmeminum absint diperbolehkan.

Hari ini kita dapat menemukan minuman keras ini berjajar rapih memenuhi raka-raka bar di Perancis.

2. Benediktin

Bendiktin merupakan minuman tradisional Perancis, minuman ini termasuk sangat unik, yang merupakan minuman alkohol  herbal.

Minuman Perancis satu ini juga dianggap sebagai minuman yang berhasil, dimana pada mulanya minuman ini dibuat oleh para Biarawan di Biara Benedictine di Normandia pada abad ke-16.

Namun sumber lain menyatakan, benediktin di buat oleh Alexandra Le Grand dan seorang Apoteket pada abad ke-19.

Terlepas dari itu semua, masyarakat Perancis lebih mempercayai cerita ke-2, dimana benediktin di buat oleh Alexandra Le Grand.

Minuman ini setidaknya menggunakan 27 tanaman dan rempah-rempah. Berguna sebagai  obat dan memabantu melancarkan pencernaan setelah makan. Benediktin tidak cocok diminum oleh orang yang lemah hati.

3. Pastis

Pastis merupakan minuman yang sangat mudah kita temukan di Perancis, hampir setiap rumah pada umumnya menyimpun minuman ini.

Minuman dengan aroma adas manis ini pada umumnya disajikan menggunakan es ataupun air.

Pastis pertama kali dikomersilkan atau dijual oleh Paul Ricard pada tahun 1932, dimana pada waktu itu minuman ini sebagai penggan absinth.

Selah dilarangnya absinth, tentu banyak masyarakat Perancis yang merasa kehilangan minuman. Munculnya pastis membuat mereka gembira, sebab soal rasa sendiri tidaklah jauh berbeda dengan absinth.

Patis adalah sebuah minuman yang tidak jauh berbeda dengan minuman-minuman terkenal lainnya di Eropa, seperti ouzo dan sambucca.

4. Chartreuse

Minuman ini setidaknya telah ada sejak abad ke-18, dimana pada waktu itu para biksulah yang membuatnya. Hingga saat ini chartreuse masih dapat kita temukan di Perancis.

Chartreuse adalah jenis minuman keras hijau yang setidaknya terdiri dari 130 resep ramuan dan bahan rahasia lainnya.

Minuman ini sangat terkenal di kalangan sastrawan, musisi dan seniman, tidak sedikit dari merka yang mengkonsumsi minuman.

5. Kir

Minuman khas Perancis selanjutnya ialah kir, yang merupakan minuman anggur putih dan didominasi oleh crème de cassis.

Akan tetapi dalam beberapa kesempatan kita akan menemukan variasi lain, contohnya variasi peach liqueur (peche) sebagai gantinya kir royal.

Seperti halnya dengan minuman minuman tradisional Perancis lainnya, kir memiliki sejarah yang panjang.

Berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat, kir pertama kali muncul pada masa Walikota Dijon, Felix Kir, tepatnya sekitar tahun 1950.

Dimana pada waktu itu kir sebagian besar terdiri dari anggur putih yang dikommbinasikan dengan liqueur blackcurrant circant.

6. Grand Marnier

Grand marnier merupakan minuman ringan rasa jeruk, minuman ini tidak kalah populer dengan minuman khas Perancis lainnya.

Grand marnier bisa disajikan dalam berbagai bentuk, ditambahkan es batu ataupun dicampur dengan cocktail.

Selain menjadi minuman ringan, grand marnier juga dapat dinikmati sebagai minuman penutup.

Muncul  dan diproduksi pertama kali pada tahun 1880 Alexandre Marnier-Lapostolle. Minuman yang setidaknya mengandung 40% alkohol, tentu cukup tinggi untuk sebuah ukuran minuman ringan.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat grand marnier ialah,

  1. Jeruk
  2. Brendi cognac
  3. Gula

Saat ini grand marnier menjadi salah satu minuman wajib natal di Perancis untuk  menemani crepes, patisseries, kue natal ataupun makanan khas Perancis.

7. Calvados

Calvados merupakan minuman Perancis yang unik, sebab minuman ini dapat terbakar dengan mudah, jadi kalian jangansampai menyalakan korek saat meminum calvados.

Calvados adalah minuman khas Perancis yang terbuat dari brendy apel yang sangat banyak sekali dibuat di sana, terutama di daerah Normedia.

Seperti yang kita ketahui bersama, brendyapel ini merupakan ahsil  penyulingan dari buah apel.

Khusus untuk calvades ini terdapat hal yang benar-benar unik, dimana buah apel yang digunakan lebih dari 200 varietas yang berbeda.

Calvades adalah minuman dengan kadar alkohol standar yang dikonsumsi berbarengan dengan kopi.

Yuk Persiapkan Bahasa Perancismu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Perancis Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.