Cara Kuliah di Jepang

Tata Cara Kuliah di Jepang

kuliah di jepang

Ada banyak sekali negara yang bisa kamu incar untuk melanjutkan jenjang pendidikanmu lho. Salah satunya adalah Jepang. Banyak alasan yang membuat banyak pelajar internasional tertarik melanjutkan pendidikannya di Jepang, salah satunya adalah dengan ketersediaan beasiswa yang banyak. Simak dibawah ini untuk kelebihan kuliah di Jepang

Baca juga : Rekomendasi Universitas Terbaik di Jepang dan Beasiswa Kuliah di Jepang !

Kelebihan Kuliah di Jepang

  • Jepang Memiliki Banyak Universitas-Universitas Top dan Berkualitas

Diantaranya adalah : Waseda University, Keio University, Hokkaido University, Kyushu University, Nagoya University, Tohoku University, Osaka University, Tokyo Institute Of Technology, Kyoto University, dan University Of Tokyo.

  • Jepang Memiliki Banyak Sekali Program Studi untuk Para Pelajar Internasional

Hal ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah Jepang untuk memastikan bahwa negaranya lebih terbuka terhadap para pelajar internasional.

Baca juga : Kerja di Jepang : Jalur, Syarat, Budaya Kerja, dan Bidang Pekerjannya

  • Peluang Kerja Tinggi

Setelah lulus pun, banyak perusahaan di Jepang yang menawarkan kesempatan kerja pada para pelajar internasional tersebut dalam berbagai bidang.

  • Banyak Beasiswa

Ada banyak sekali beasiswa kuliah di Jepang yang bisa para pelajar internasional manfaatkan.

  • Kualitas Hidup Baik

Jepang adalah salah satu negara maju di dunia yang memiliki kualitas hidup yang baik

Baca juga : Watashi Artinya? Penggunaan, Penulisan, Sejarah, dan Contoh Penggunaan Kata 

Cara Kuliah di Jepang

Cara Kuliah di Jepang

Apakah kamu tertarik kuliah di Jepang? Ada beberapa jalur yang bisa kamu pilih agar bisa menjadi pelajar internasional di Negeri Sakura tersebut. Ini dia beberapa cara kuliah di Jepang yang bisa kamu jadikan referensi :

  • Mencari Informasi Mengenai Beasiswa, Universitas, dll

Pertama-tama, kamu harus mencari dan mengumpulkan informasi seputar pendaftaran, beasiswa, syarat, seleksi, dan cara kuliah di Jepang. Informasi ini akan jadi bekal utamamu untuk mencari universitas di Jepang.

Baca juga : Kata Ganbatte, Arti, Penulisan, dan Kegunaan

  • Lengkapi Dokumen Persyaratan

Setelah kamu mendapatkan informasi seputar cara melanjutkan pendidikan di Jepang. Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa kuliah disana. Berikut ada beberapa persyaratan umumnya :

  • Dapat Berbahasa Jepang dengan Baik dan Benar

Mayoritas pembelajaran di Jepang sendiri disampaikan dalam Bahasa Jepang. Jadi, untuk bisa kuliah di sana kamu harus memiliki penguasaan Bahasa Jepang yang baik. Sebelum kuliah di Jepang pun, para pelajar internasional harus mengambil kursus Bahasa Jepang selama 6 bulan sesuai ketetapan Kementerian kehakiman Jepang.

  • Memiliki Sertifikat Bahasa Jepang

  • Mengikuti Ujian Masuk Universitas di Jepang atau Examination for Japanese University

Tes ini sendiri dilakukan secara serempak, baik di Jepang ataupun di luar negeri ( salah satunya Indonesia). Dilaksanakan dua kali per tahun yakni pada bulan Juni dan November.

  • Dan lain sebagainya, atau sesuai jalur yang kamu pilih.

Baca juga : Ucapan Selamat Pagi, Siang, Sore & Malam Dalam Bahasa Jepang

Jalur kuliah di Jepang

  • Jalur Beasiswa 

Ada 2 pilihan beasiswa yang paling populer di Jepang yang bisa kamu pilih. Beasiswa tersebut adalah  Beasiswa Monbukagakusho dari Kementerian Pendidikan Olahraga Sains dan Teknologi dan Beasiswa Mitsui. Dengan memilih jalur ini kamu akan mendapatkan bantuan selama berkuliah di Negeri Sakura tersebut. Bahkan ada beberapa beasiswa yang tidak hanya mendanai biaya pendidikanmu lho melainkan ada juga yang mengcover kebutuhan hidup penerimanya. Namun seleksi beasiswa ini terbilang cukup ketat dan sulit karena kamu memiliki banyak pesaing

Baca juga : Tips dan Fakta Tentang  Manga Yang Harus Diketahui

  • Jalur Pribadi 

Jika kamu memiliki uang berlebih. Maka, kamu bisa saja langsung menempuh jalur masuk kuliah secara pribadi alias tidak menggunakan beasiswa. Caranya, cukup ikuti seleksi pendaftaran mahasiswa internasional di universitas yang kamu tuju. Lengkapi persyaratan yang kamu butuhkan untuk bisa kuliah disana.

Sekian pembahasan mengenai kuliah di Jepang kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat ya.

 

 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.