Kesenian Jepang

Beragam Kesenian Jepang, Mulai dari Seni Tradisional, Seni Musik, dan Seni Tari

Kesenian Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak budaya, tradisi, dan kesenian. Beberapa kesenian dari Jepang pun mendunia dan banyak dikenal. Nah, berikut ini ada beberapa pembahasan seputar kesenian Jepang. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga : Ucapan Selamat Pagi, Siang, Sore & Malam Dalam Bahasa Jepang

Festival Kesenian Jepang

Jepang termasuk salah satu negara yang kerap mengadakan festival kesenian. Festival ini dijadikan sebagai salah satu ajang hiburan, pertunjukan, dan apresiasi seni. Dari awal hingga penghujung tahun, ada banyak sekali festival yang digelar di Jepang.

Baca juga : Tips dan Fakta Tentang  Manga Yang Harus Diketahui

Kesenian Jepang Tradisional

Berikut ini beberapa kesenian tradisional Jepang yang masih bertahan hingga saat ini :

  • Kesenian Jepang Chanoyu

Upacara minum teh di Jepang. Hanya orang-orang yang menguasai seni upacara minum teh ini yang dapat menyajikannya. Jadi, tak sembarang orang bisa menyajikan teh di Jepang. Penyaji teh ini merupakan seorang tamu yang diundang secara khusus untuk menyajikan teh berkualitas untuk tamu khusus yang berada di rungan khusus pula (chasitsu). Teh akan disajikan dalam sebuah mangkuk kecil dengan ukiran khusus ataupun ukiran tradisional Jepang.

  • Kesenian Jepang Ikebana

Kesenian merangkai bunga di Jepang. Di Jepang sendiri, merangkai bunga memiliki makna yang cukup mendalam. Yakni sebagai penghargaan terhadap roh yang ada dalam bunga tersebut.

Baca juga : Rekomendasi Universitas Terbaik di Jepang dan Beasiswa Kuliah di Jepang !

  • Kesenian Jepang Origami

Seni melipat kertas atau origami asal Jepang ini bahkan sangat mendunia lho. Di Indonesia, kita sering kali melakukan seni melipat kertas ini untuk menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Di Taman Kanak-Kanak pun, anak-anak seringkali membuat origami ini untuk mengasah kreativitas mereka.

  • Kesenian Jepang Sumo

Sumo adalah olahraga yang sangat populer dari Jepang. Olahraga ini juga menjadi suatu tontonan yang sangat seru bagi warga di luar Jepang. Olahraga tradisional asal Jepang ini dimainkan oleh 2 orang berbadan gemuk. Makin besar ukuran tubuhnya, maka kesempatannya untuk menang akan semakin besar karena ia akan lebih mudah mendorong lawan keluar dari area pertandingan.

Baca juga : Watashi Artinya? Penggunaan, Penulisan, Sejarah, dan Contoh Penggunaan Kata 

  • Kesenian Jepang Kendo

Seni beladiri asal Jepang. Dalam praktiknya, olahraga ini menggunakan alat berupa pedang. Untuk melakukan olahraga ini, kamu harus berlatih agar dapat menguasai tekniknya dengan baik. Kamu juga harus paham dengan etika dan peraturan dalam olahraga ini.

  • Kesenian Jepang Noh

Naoh adalah drama musikal di Jepang yang mempertunjukan tarian dan musikalisasi secara bersamaan. Di Jepang sendiri, Noh kerap dipertontonkan dalam beberapa festival budaya dan kesenian Jepang. Para pemainnya pun akan menggunakan topeng.

Baca juga : Kerja di Jepang : Jalur, Syarat, Budaya Kerja, dan Bidang Pekerjannya 

  • Kesenian Jepang Shodo

Seni kaligrafi asal Jepang. Menampilkan keterampilan dan keahlian dalam menulis Huruf Kanji. Ada banyak sekali teknik yang dikenal dalam penulisan Shodo ini, diantaranya adalah Haneru dan Tomeru.

  • Kesenian Jepang Bunraku

Kesenian yang menampilkan pertunjukan sandiwara boneka yang diiringi oleh musik/lagu. Para pemainnya juga akan membacakan naskah seperti layaknya sedang bernyanyi. Seni ini mirip dengan kesenian Wayang yang ada di Indonesia.

Baca juga : Tata Cara Kuliah di Jepang

Kesenian Musik Jepang

Di Jepang sendiri, musik-musik tradisional ini bersumber dari alunan alat-alat musik yang saling berpadu indah. Beberapa alat musik bahkan dimainkan tanpa iringan alat musik lain. Biasa digunakan untuk pertunjukan alat musik itu sendiri (tunggal), mengiri tarian, ataupun mengiringi nyanyian.

Contoh alat musik terkenal di Jepang adalah Koto (alat musik Jepang yang berupa gendang) dan Shimasen (biola dengan leher yang lebih panjang).

Baca juga : 104 Huruf Hiragana Lengkap : Dasar, Teng-Teng & Maru, Yoon

Seni Tari di Jepang

Ada banyak sekali kesenian di Jepang yang berbentuk seni tari. Diantaranya adalah :

  • Kabuki

  • Bon Odori

  • Kasa Odori

  • Noh Mai

  • Onikenbai

Kamu dapat menyaksikannya secara langsung dalam festival dan pertunjukan kesenian di Jepang.

 

 

 

Yuk Persiapkan Bahasa Jepangmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jepang Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.