kerja di jepang

Kerja di Jepang : Jalur, Syarat, Budaya Kerja, dan Bidang Pekerjannya 

kerja di jepang

Jepang, negeri Sakura ini dikenal sebagai destinasi kerja yang cukup populer bagi orang-orang di Indonesia. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berangkat kerja di Jepang. Salah satunya adalah gajinya yang besar (bisa mencapai puluhan juta per bulan), ada kesempatan untuk mengupgrade skill yang kamu miliki, dan kamu bisa kerja sekaligus liburan disana.

Lalu, apa saja syarat kerja di Jepang? Dan bagaimana cara kerja di Jepang? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga : Kata Ganbatte, Arti, Penulisan, dan Kegunaan

Jalur Kerja di Jepang 

Kerja di Jepang via Program Pemerintah

Jalur kerja di Jepang pertama adalah jalur pemerintah. Indonesia dan Jepang sendiri menjalin hubungan bilateral yang cukup erat dalam bidang ekonomi dan ketenagakerjaan. Karena itulah, Jepang tiap tahunnya memberikan kuota khusus bagi para pekerja dari Indonesia.

Hal ini tentunya membuat Indonesia berkesempatan untuk mengirimkan tenaga kerjanya ke Jepang untuk memenuhi kuota yang telah diberikan tersebut. Untuk bidang pekerjannya sendiri beragam, background pendidikannya juga variatif.

Nah, untukmu yang ingin ikut program magang di Jepang. Kamu bisa menghubungi Dinas Ketenagakerjaan setempat. Ajukan dirimu dan lengkapi seluruh berkas administrasi yang diperlukan.  Secara umum, beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi adalah :

  • Pria/Wanita (sesuai kebutuhan) dengan rentang usia sekitar 18-26 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA/Sederajat.
  • Berat badan proporsional.
  • Tinggi badan minimal 150 cm (wanita) dan 160 cm (pria).
  • Tidak bertato, tidak bertindik, sehat jasmani dan rohani, dan lain sebagainya.
  • Persyaratan lain menyesuaikan dengan bidang dan profesi.

Untu jalur pemerintah sendiri gratis. Tapi, lebih sulit karena banyak pelamarnya.

Baca juga : Watashi Artinya? Penggunaan, Penulisan, Sejarah, dan Contoh Penggunaan Kata

Jalur Swasta

Opsi kerja di Jepang selanjutnya adalah jalur swasta. Opsi ini juga banyak ditempuh lantaran dinilai lebih mudah. Di jalur swasta ini, kamu akan mengunakan jasa Perusahaan Penempatan Pekerja Migram Indonesia atau P3MI ke Jepang. P3MI sendiri berperan sebagai penghubung antara para pencari kerja di Indonesia dan perusahaan Jepang yang membutuhkan tenaga kerja.

Nah, sebagai referensi. Kamu wajib memilih perusahaan penyalur kerja yang terpercaya dan berkredibilitas ya. Jangan sampai kamu tertipu dengan perusahaan illegal yang berusaha mencari keuntungan sepihak.

Kualitas dari perusahaan penyalur juga akan sangat mempengaruhi proses penyaluran kerjanya. Perusahaan P3MI bisanya juga memiliki fasilitas training yang berkualitas untuk mempersiapkan para calon tenaga kerja (pencaker). Contohnya saja adalah dengan training kursus bahasa dan pelatihan seputar pengetahuan dan kemampuan lainnya yang akan berguna diketika bekerja di Jepang nantinya.

Oh iya, karena merupakan jalur swasta. Kamu mungkin akan dikenai biaya. Biayanya sendiri beragam alias tergantung pada P3MI yang kamu pilih. Bisa jutaan atau puluhan juta rupiah.

Budaya Kerja di Jepang

Budaya Kerja di Jepang

Ngomong-omong mengenai budaya kerja di Jepang. Jepang sendiri terkenal sebagai salah satu negara dengan etos kerja yang tinggi. Orang Jepang sangat disiplin masalah pekerjaan dan waktu. Orang-orang Jepang sangat menghargai waktu, jadi jangan sampai kamu terlambat bekerja. Banyak pula orang yang akan bekerja lembur sampai larut malam.

Baca juga : Minuman Khas Jepang

Pekerjaan di Jepang

Ada beberapa lowongan pekerjaan yang ada di Jepang. Diantaranya adalah pekerjaan dalam bidang Agriculture, Aviation Industry, Electronics and Information Industries, Building Cleaning Management, Fishery and Aquaculture, Industrial Machine, Machine Parts and Tooling Industries, Industrial Electric, Construction Industries Shipbuilding and Ship Machine Industry, Automobile Repair and Maintenance, Accomodation Industri, Food Service Industry, Manufacture of Food and Beverages, dan Perawat lansia (Care Worker). Bidang care worker sendiri cukup popouler dan ada banyak lowongan yang tersedia.

Baca juga : Rekomendasi Universitas Terbaik di Jepang dan Beasiswa Kuliah di Jepang !

 

 

 

 

Yuk Persiapkan Bahasa Jepangmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jepang Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *