FSJ Program Sukarelawan di Jerman Yang Dibayar

OTCA.CO.ID – Ingin bisa ke Jerman tanpa kuliah? Saat ini banyak sekali program yang menyalurkan tenaga asing untuk bisa masuk dan bekerja di jerman. Jika sebelumnya kamu pernah mendengar program aupair, dimana belajar sambil mengerjakan pekerjaan rumah, adapun program Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ) yaitu program sukarelawan di Jerman.

Nah, kali ini kita akan bahas tentang satu Program di Jerman yaitu FSJ atau Freiwilliges Soziales Jahr. Apasih FSJ itu ? mari kita bahas

Apa itu FSJ ?

FSJ merupakan program sukarelawan yang didanai dan difasilitasi oleh pemerintah Jerman. Pada dasarnya negara Jerman memang memiliki banyak sekali program yang ditawarkan, baik untuk warganya sendiri ataupun untuk pendatang yang ingin mencoba peruntungannya di Jerman. Salah satunya adalah Freiwilliges Soziales Jahr atau disingkat dengan FSJ.

Inti dari program tersebut adalah suatu program sukarelawan dibidang sosial yang didanai penuh oleh pemerintah Jerman, dimana para relawan akan mendapatkan fasilitas 1 tahun penuh selama tinggal di Jerman. Walaupun dinamakan sukarelawan, para volunteer akan diberikan uang saku dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Sebenarnya bidang untuk volunteer di Jerman itu ada banyak, seperti bidang pendidikan, kebudayaan, lingkungan, sosial dan lain-lain. Akan tetapi, bidang yang paling dibutuhkan dan lebih terbuka untuk warga non Jerman adalah di bidang sosial.

Jadi, para peserta yang lolos nantinya akan dipekerjakan di beberapa departemen layanan dan jasa. Semisal yayasan dan panti asuhan yang merawat disabilitas, anak-anak panti dan orang tua jompo.

Alasan kenapa harus ikut program FSJ?

Program sukarelawan ini merupakan program yang cukup banyak diminati karena hal-hal berikut :

1. Program yang cocok untuk anak-anak yang baru saja lulus Abitur (jenjang sekolah pendidikan di Jerman) dan masih bingung ingin melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya, sehingga volunteer dianggap efektif untuk memberikan gambaran kepada mereka.
2. Menambah pengalaman baru baik untuk warga Jerman itu sendiri ataupun warga non Jerman.
3. Bagi warga non-Jerman, program sukarelawan ini dirasa bagus untuk mereka mendapatkan gambaran bagaimana hidup di Jerman atau istilahnya tes ombak sebelum memutuskan untuk menetap dan berkarir di Jerman. Lihat juga program Ausbildung dan Duales Studium.
4. Bagi yang sudah menyelesaikan program AuPair, FSJ atau BFD merupakan jalan untuk mereka dapat memperpanjang visa dan masih memerlukan waktu untuk mendapat gambaran kehidupan di Jerman. Tidak hanya itu program ini dianggap lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Jerman lebih signifikan.

——

Baca Juga : Studienkolleg Langkah Awal Memulai Karir di Jerman

——

Apa Keuntungan mengikuti FSJ ?

FSJ merupakan program volunteer yang secara umum bisa diikuti dalam kurun waktu enam hingga 18 bulan. Peserta yang mengikuti ini akan bekerja di sebuah lembaga non profit pada berbagai macam sektor. Adapun keuntungan yang akan kamu dapatkan selama program ini adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kemampuan bahasa Jerman

Jika di Indonesia kamu hanya bisa belajar bahasa Jerman hingga level B2 maka, di Jerman kamu bisa meningkatkannya sampai level C2. Selama mengikuti program kamu tidak hanya dituntut untuk bekerja, tetapi selama waktu liburan di akhir pekan kamu juga bisa mengikuti kursus.

Praktek bahasa Jerman sehari-hari pun bukan menjadi masalah lagi. Kamu akan dikelilingi oleh penutur asli yang akan membuatmu lebih mudah untuk belajar bahkan bertukar kebudayaan.

2. Kesempatan mengeksplor karir

Tak sedikit mereka yang sudah menyelesaikan program FSJ pada akhirnya meneruskan karirnya di bidang yang sama. Tidak menutup kemungkinan jika selepas FSJ kamu akan melanjutkan belajar untuk menjadi perawat yang sesungguhnya. Kesempatan ini pun tidak terbatas di Indonesia saja. Karena nantinya akan ada sertifikat FSJ yang bisa digunakan untuk mendaftar kuliah atau kerja.

3. Gaji dan tempat tinggal

Jangan khawatir karena selama mengikuti program kamu akan disediakan tempat tinggal di asrama jadi tidak perlu mengeluarkan biaya sewa apartemen.

Hal yang sama dengan konsumsi sehari-hari, setiap lembaga sosial menyediakan makan dan minum bagi semua karyawan. Ditambah lagi kamu juga akan mendapatkan gaji bulanan sekitar 100 hingga 200 euro. Gaji yang cukup sebagai uang saku selama tinggal di Jerman.

4. Kesempatan berkeliling Eropa

Sebelum kamu mulai bekerja, akan ada training semacam workshop yang dilakukan setiap beberapa minggu sekali.

Workshop ini juga tidak hanya dilakukan di Jerman, tetapi beberapa ada juga yang dilakukan di luar negeri seperti Perancis atau Italia. Disinilah kesempatan kamu untuk bisa mengunjungi negara lain gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri.

Kamu juga akan berkenalan dengan lebih banyak volunteer dari negara lainnya. Disinilah waktu yang tepat untuk kamu memperluas jaringan. Jadi setelah selesai mengikuti program FSJ Jerman kamu masih memiliki banyak hubungan baik. Kesempatan ini akan meningkatkan karirmu di masa depan.

—–

Baca Juga : 6 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Perlu Sertifikat TOEFL ataupun IELTS

—–

Apa Syarat Mengikuti FSJ ?

1. Usia 18-27 tahun

Jika kamu adalah pemuda/i berusia diantara 18 sampai 27 tahun maka kamu bisa mengikuti program FSJ. Tetapi untuk pengurusan dokumen Visa harus sebelum usia kamu 27 tahun.

2. Memiliki Sertifikat B1 Dari Goethe Institut

Ini syarat mutlak yang harus kamu miliki. Kenapa B1 bukannya A1 seperti Au Pair? Karena selama kamu mengikuti FSJ, kamu akan tinggal dilingkungan kerja di Jerman yang rata-rata untuk berkomunikasi mereka menggunakan level bahasa B1. Tentunya jika hanya mengandalkan kemampuan bahasa A1 justru akan menyulitkan kamu untuk beradaptasi.

3. Pas Foto

Pas foto ini digunakan untuk melengkapi formulir aplikasi dari pihak Träger. Usahakan foto yang kamu gunakan, adalah foto formal atau semi-formal dan jangan foto selfie apalagi ditambah penampilanmu saat difoto berantakan.

4. Surat Keterangan Magang dari Lembaga Sosial

Bagi kamu yang memiliki pengalaman dalam bidang sosial, seharusnya ditunjang dengan surat keterangan yang menyatakan bahwa kamu pernah bekerja, magang atau sekedar menjadi sukarelawan di Lembaga Sosial tersebut.

5. Foto-foto Dokumentasi Saat Pelaksanaan Magang

Disamping harus menyertakan surat keterangan dari lembaga sosial, kamu juga harus melampirkan foto-foto dokumentasi ketika kamu melaksanakan kegiatan tersebut. Misalnya saat kamu berinteraksi dengan anak-anak SLB, usahakan wajahmu kelihatan ya.

6. Paspor

Persyaratan yang selanjutnya, otomatis harus kamu penuhi jika ingin berpergian ke luar negeri. Usahakan masa aktif paspormu di atas 6 bulan ya. Jika masa aktif paspormu hanya tinggal beberapa bulan saja, lebih baik kamu perbarui dulu paspormu agar tidak ribet nantinya.

7. CV (Daftar Riwayat Hidup)

Usahakan untuk membuat CV kamu dalam bahasa Jerman sesuai level yang kamu kuasai ya guys. Karena jika nantinya kamu sok-sokan memakai bahasa Jerman level tinggi agar terlihat bagus, dan ternyata ketika interview Bahasa Jermanmu tidak sesuai ekspektasi itu justru dapat menjatuhkanmu.

8. Surat Motivasi

Sama hal nya dengan surat motivasi, sebaiknya saat membuat surat motivasi, usahakan motivasi kamu mengikuti program FSJ dengan logis dan jangan terlalu mengada-ada dan yang harus diingat gunakan bahasa sesuai level kamu.

9. Ijazah terkahir yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Jerman

Untuk menerjemahkan ijazah kamu ke Bahasa Jerman kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah yang terpecaya, agar ijazah terjemahan kalian diakui. Daftar Penerjemah Tersumpah ini bisa kamu cek di website milik Kedutaan Jerman.

10. Formulir dari Träger Jerman

Formulir ini adalah Formulir yang tidak bisa sembarangan kamu dapatkan. Karena Formulir ini biasanya hanya diperoleh bagi lembaga yang telah bekerja sama dengannya. Tapi jangan khawatir masih ada beberapa Träger yang bisa bebas memberikan Formulirnya kepada siapa saja yang ingin mendaftar. Tetapi kesulitannya tidak semua Träger itu menerima Auslander (orang asing), hanya bisa dihitung jari para Träger yang mau menerima Auslander.

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Jerman kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Jerman dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.