12 Fakta dan Sejarah Menara Eiffel yang Perlu Diketahui

OTCA.CO.ID – Menara Eiffel atau yang biasa disebut oleh orang Prancis dengan nama La Tour Eiffel merupakan salah satu bangunan yang paling terkenal di seluruh dunia. Maka tidak heran jika menara ini menjadi ikon dan simbol kota Paris.

Ternyata, dibalik menara megah nan menjulang ini ada 12 fakta dan sejarah yang menarik. Berikut adalah 12 fakta dan sejarah singkat tentang monumen terkenal ini yang mungkin kamu tidak tahu.

1. Waktu Pengerjaan 2 Tahun

Dua tahun, dua bulan, dan lima hari adalah lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun Menara Eiffel, pembangunan awal dimulai pada 1887.

2. Dapat bertumbuh dan menyusut

6 inci adalah total pertumbuhan menara di bawah sinar matahari. Ya, Menara Eiffel tumbuh ketika panas dan menyusut saat dingin. Meskipun hal ini cukup sulit untuk dilihat dengan mata telanjang.

 

Tinggi Menara Eiffel bisa tumbuh sekitar 15 cm saat musim panas karena dipengaruhi oleh matahari. Tentu ini tidak mengejutkan karena menara ini seluruhnya terdiri dari metal. Selain itu, puncaknya juga bisa bergeser dari matahari hingga 18 cm karena ekspansi termal pada sisi yang menghadap matahari.

3. Memerlukan biaya yang fantastis

7.799.401,31 adalah biaya yang dihitung dalam mata uang Prancis, Franc untuk membangun monumen tersebut. Kami tidak yakin soal jumlahnya dalam euro, tapi kedengarannya banyak untuk jumlah di tahun 1880-an.
Seharusnya Hanya Berdiri Selama 20 Tahun

4. Seharusnya Hanya Berdiri Selama 20 Tahun

Menara Eiffel dirancang dan dibangun oleh perusahaan milik Gustave Eiffel, Compagnie des Établissements Eiffel. Dibangun untuk menjadi pusat perhatian saat event 1889 World’s Fair di Paris.

Eiffle  seharusnya dirubuhkan pada tahun 1909 atau 20 tahun setelah berdiri. Tetapi karena menara ini memiliki antena radio yang berguna, pemerintah Paris mengurungkan niatnya untuk membongkar Menara Eiffel.

5. Pernah “Dijual” oleh Penipu

Menara ini sempat “dijual” oleh penipu bernama Victor Lustig kepada dealer besi tua. Setelah membaca artikel tentang biaya pemeliharaan menara Eiffel yang terlalu tinggi, Lustig pun membuat dokumen palsu dan menipu dealer besi tua untuk memberikannya uang dalam jumlah banyak.

—–

Baca Juga : Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP), Yang Wajib Kamu Coba

—–

6. Sempat Menjadi Bangunan Tertinggi di Dunia

Dengan ketinggian mencapai 300 meter, Menara Eiffel sempat memegang gelar bangunan tertingi di dunia selama empat dekade. Rekornya ini kemudian dipatahkan oleh Chrysler Building di New York yang pembangunannya selesai pada tahun 1930.

7. “Sepupu” dari Patung Liberty

Ketika perancang interior Patung Liberty meninggal secara tiba-tiba pada tahun 1879, Gustave Eiffel pun dipekerjakan sebagai penggantinya. Ia kemudian merancang sistem rangka penopang Patung Liberty.

8. Dibenci oleh Seniman Prancis

Walaupun saat ini merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat Paris, Menara Eiffel awalnya sempat dibenci oleh seniman-seniman di Paris. Pada tahun 1887, 300 seniman menandatangani petisi yang mendeskripsikan Menara Eiffel sebagai “tidak berguna dan mengerikan”.

9. Memiliki Laboratorium Tersembunyi

Gustave Eiffel membangun laboratorium meteorologi tersembunyi di lantai tiga Menara Eiffel di mana ia dan beberapa ilmuwan Prancis lainnya melakukan berbagai percobaan fisika, aerodinamika, bahkan membangun terowongan angin.

—–

Baca juga: Pesona Kota Menawan di Prancis

—–

10. Menggunakan 20.000 Lampu di Malam Hari

Menara Eiffel memang terlihat lebih menakjubkan di malam hari. Hal ini karena berdasarkan statistik resmi, Menara Eiffel menggunakan sekitar 20.000 lampu untuk menghiasi langit malam.

Selain itu, tidak sembarang orang bisa menerbitkan foto Menara Eiffel saat semua lampunya dinyalakan, karena menurut undang-undang Uni Eropa desain pencahayaan ini merupakan karya seni. Fotografer harus mendapatkan izin dari Société Nouvelle d’Exploitation de la Tour Eiffel terlebih dahulu.

11. Hendak Dihancurkan Hitler

Ketika Jerman menduduki Prancis saat Perang Dunia Kedua, Adolf Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz untuk menghancurkan Menara Eiffel dan bagian kota Paris lainnya. Untungnya von Choltitz menolak perintah tersebut.

12. Dinikahi Seorang Wanita

Pada tahun 2007, seorang wanita bernama Erika La Tour Eiffel menikahi Menara Eiffel. Ia mengaku sebagai seseorang yang memiliki ketertarikan seksual dengan benda mati dan hatinya telah dicuri oleh Menara Eiffel.

 

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Prancis kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Prancis dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.