Cara Kerja di Jerman

Cara Kerja di Jerman

Cara Kerja di Jerman

Bekerja di luar negeri adalah impian bagi banyak orang. Salah satunya adalah kerja di Jerman. Dengan bekerja di luar negeri seperti Jerman. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari tambahnya pengalaman, penghasilan yang lebih besar, hingga bisa kerja sekaligus liburan.

Lalu, bagaimana sih cara kerja di Jerman? Apakah itu mungkin? Berikut ini tips yang bisa kami bagikan:

Cara Bekerja di Jerman sebagai Pekerja Profesional

Untuk bekerja sebagai seorang profesional alias sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian yang kamu miliki, maka kamu harus memiliki visa kerja. Kamu juga harus lulus S1 (Bisa di Indonesia atau di luar negeri), serta memiliki kemampuan Bahasa Jerman level B2.

Selain itu, untuk lulusan Indonesia sendiri. Pendidikan dan keahlian yang kamu miliki harus setara dengan pendidikan dan keahlian di Jerman. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan penyetaraan profesi (Anerkennung).

Setelah semua persyaratan tersebut lengkap dan terpenuhi, kamu bisa mulai melamar kerja di perusahaan Jerman impianmu. Sesuai dengan background pendidikan dan keahlian yang kamu miliki. Kamu juga bisa lho bekerja di perusahaan yang memiliki cabang kantor di Jerman. Ketika ada program mutasi, kamu mungkin bisa mengajukan diri untuk pindah kerja di Jerman. Dalam ini, tentunya kamu juga harus memiliki skill yang mumpuni.

Kerja di Jerman dengan Program Aupair

Dalam Aupair ini, kamu harus tinggal dengan keluarga asuh atau keluarga angkat di Jerman. Aupair ini sendiri cocok untukmu yang ingin mengenal dan mempelajari budaya negara lain dengan pergi ke negara tersebut dan tinggal selama beberapa waktu (1 tahun).

Dalam masa ini, kamu akan terikat kontrak dan tentunya akan menerima uang saku tiap bulannya. Nah, dalam program ini kamu juga harus melakukan beberapa aktivitas yang disebutkan dalam kontrak dan mengerjakan pekerjaan “anak” sebagai bagian dari keluarga angkat.

Meskipun bukan termasuk dalam kategori pekerjaan profesional seperti poin 1 diatas, namun program ini adalah batu loncatan untuk bisa kerja ke Jerman. Banyak pula orang yang menjalani aupair yang akhirnya bisa kerja ke jerman lewat jalur FSJ atau Ausbildung ketika masa tinggal mereka berakhir.

Syarat Aupair 

  • Usia 18-26 tahun

  • Belum menikah dan belum punya anak

  • Menguasai Bahasa Jerman setidaknya di tingkat dasar (A1)

  • Memiliki paspor dan visa khusus Aupair yang masih berlaku

Setelah semua syarat terpenuhi, cobalah untuk mengunjungi situs resmi Aupair di aupair.com. isian biodata lengkap dan daftarkan dirimu.

Kerja di Jerman dengan Program Ausbildung

Kerja di Jerman dengan Program Ausbildung

Merupakan gabungan antara pelatihan dan kerja magang agar dapat menghasilkan tenaga kerja dengan kemampuan dan pengalaman yang mumpuni. Karena merupakan pelatihan, kamu juga harus menghadapi berbagai ujian untuk lulus dari program ini.

Lama pelatihan dan kontrak kerjanya sendiri tergantung pada jurusanmu. Rata-rata pelatihannya sekitar 2 – 3,5 tahun.

Kerja di Jerman dengan Program FSJ dan BFD

Freiwilliges Soziales Jahr dan Bundesfreiwilligendienst adalah program kerja sebagai sukarelawan di Jerman. Meskipun sifatnya sukarela, kamu tetap akan mendapatkan gaji dan tunjangan oleh pemerintah. Kamu juga akan mendapatkan tempat tinggal dan transportasi menuju tempat kerjamu.

Setelah menyelesaikan program (6-18 bulan) kamu juga akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut berupa Bescheinigung (sertifikat partisipasi) dan Zeugnis (sertifikat kualifikasi). Sertifikat ini akan sangat berguna untuk melamar pekerjaan yang selanjutnya.

Dalam program ini, kamu bisa bekerja di institusi sosial (seperti panti jompo atau tempat orang berkebutuhan khusus), institusi pendidikan (guru olahraga atau pengurus taman kanak-kanak), dan lain sebagainya.

 

 

 

Yuk Persiapkan Bahasa Jermanmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jerman Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.