Cara Mudah Belajar Bahasa Korea

Bahasa Korea merupakan bahasa tertinggi ke 13 yang paling banyak digunakan di seluruh dunia saat ini. Berdasarkan data, terdapat sekitar lebih dari tujuh puluh juta penutur asli baik di Korea Utara, Korea Selatan, Cina, dan juga beberapa daerah yang ada di negara Jepang dan juga Rusia.

Berkembangnya tren K-Pop maupun K-Drama yang menjadi salah satu kegemaran para pecinta Korea membuat banyak orang non-Korea semakin tertarik untuk mempelajari bahasa satu ini.

Nah buat kamu yang tertarik dengan budaya atau apapun tentang korea berikut ada beberapa tips cara mudah belajar Bahasa Korea

1. Pelajari Hangeul atau Huruf

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah dengan mempelajari bagaimana cara menulis dan mengucapkan hurufnya terlebih dahulu yang disebut dengan Hangeul. Dengan menguasai hangeul terlebih dahulu kamu akan dapat lebih mudah mempelajari bagaimana cara mengerti kosa kata bahasa tersebut.

Bahasa yang dibuat oleh Raja Sejong yang Agung ini, diciptakan dan dibuat dengan tujuan untuk mempermudah serta menyederhanakan bahasa sebisa mungkin agar para warga masyarakatnya dapat digunakan.

Alfabet yang ada pada bahasa Korea tidak serumit dengan alfabet yang digunakan pada bahasa di negara Asia lainnya. Selain itu, berbeda dengan bahasa lain yang berevolusi dari piktogram, bahasa Korea tidak mengalami hal tersebut.

Pada saat bahasa Korea dan hangeul belum dibuat oleh Raja Sejong yang Agung, warga negara Korea menggunakan karakter Cina. Hangeul yang ada pada bahasa Korea terdiri akan 24 huruf yang terbagi menjadi 14 konsonan dan 10 vokal.

Namun, jika kamu menambahkannya dengan 16 diftong dan konsonan ganda, maka hangeul secara keseluruhan memiliki 40 huruf. Bentuk konsonan pada hangeul didasari pada bentuk yang diambil dari saat mengucapkan kata menggunakan mulut. Sedangkan bentuk vokal terdiri akan berbagai garis vertikal maupun garis horizontal.

Selain itu, kelebihan lain dari mempelajari hangeul sendiri adalah hangeul merupakan bahasa yang sepenuhnya fonetik yang memiliki arti bahwa setiap huruf yang terdengar akan hampir sama dengan yang tertulis. Namun, ada beberapa pengecualian aturan pelafalan yang dapat dengan mudah kamu pelajari.

Maksud dari hal tersebut adalah, bagaimana jika kita melihat salah satu bahasa universal yang paling sering digunakan yaitu bahasa Inggris berisikan berbagai huruf yang seringkali tidak dibaca seperti island, daughter, dan masih banyak lagi. Jika kita membandingkannya dengan bahasa Korea, hangeul akan dapat dengan mudah dikuasai.

2. Pelajari Cara Mengembangkan Kosakata

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah dengan mempelajari bagaimana cara mengembangkan kosakata yang ada. Setelah kamu mempelajari dan menguasai huruf atau hangeul, kamu dapat memulai membentuknya menjadi sebuah kosakata.

Salah satu langkah yang dapat kamu lakukan adalah dengan mempelajari kosakata angka terlebih dahulu dan jika sudah menguasainya, kamu dapat melanjutkannya dengan hari dalam satu minggu, dan juga berbagai kata yang lebih sederhana.

Dalam berhitung menggunakan bahasa Korea terdapat dua kelompok bilangan pokok yang berbeda disesuaikan dengan situasi, yaitu Korea dan Sino-Korea.

A. Angka Dalam Bahasa Korea

Bentuk pertama, yaitu Korea Asli digunakan biasanya untuk menghitung angka dari suatu benda dan juga usia. Berikut angka yang digunakan :

  1. (hana) yang memiliki arti satu.
  2. (dool) yang memiliki arti dua.
  3. (set) yang memiliki arti tiga.
  4. (net) yang memiliki arti empat.
  5. (da-seot) yang memiliki arti lima.
  6. (yeoh-seot) yang memilki arti enam.
  7. (il-gop) yang memiliki arti tujuh.
  8. (yeoh-deohlb) yang memiliki arti delapan.
  9. (ahop) yang memiliki arti sembilan.
  10. (yeohl) yang memiliki arti sepuluh.

B. Angka Di Atas 100 Dalam Bahasa Korea

Bentuk kedua, yaitu Sino-Korea digunakan biasanya untuk tanggal, alamat, uang, dan juga angka di atas 100. Berikut angka yang digunakan.

  1. (il) yang memiliki arti satu.
  2. (ee) yang memiliki arti dua.
  3. (sam) yang memiliki arti tiga.
  4. (sa) yang memiliki arti empat.
  5. (oh) yang memiliki arti lima.
  6. (yuk) yang memiliki arti enam.
  7. (chil) yang memiliki arti tujuh.
  8. (pal) yang memiliki arti delapan.
  9. (goo) yang memiliki arti sembilan.
  10. (ship) yang memiliki arti sepuluh.

Setelah kamu menguasai kosakata dasar tersebut, kamu dapat melanjutkan dengan berbagai kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga dapat menggabungkan kata-kata yang sudah kamu pelajari untuk membuat sebuah kalimat, seperti bagaimana menanyakan arah ketika di jalan, mengendarai kendaraan umum, dan masih banyak lagi disesuaikan dengan keperluan anda.

Selain belajar mengucapkannya, kamu juga harus menulis kosakata yang telah kamu pelajari tersebut, agar selain dapat digunakan dalam sebuah percakapan, kosakata tersebut dapat kamu tulis untuk keperluan tertentu. Selain itu, dengan menulis kamu juga dapat mengingat kata tersebut dengan lebih mudah.

3. Pelajari Berbagai Kata Pinjaman atau Konglish

Cara keempat yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah dengan mengelilingi diri dengan bahasa Korea. Yang dimaksud dari hal tersebut adalah dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketika anda berpikir, cobalah secara otomatis dalam bahasa Korea, selain itu ketika melihat suatu benda cobalah mengartikannya dalam bahasa Korea.

Kamu juga bisa mengganti pengaturan di gadget yang kamu miliki menjadi bahasa Korea maupun mencari teman yang dapat diajak berbicara dalam bahasa Korea untuk mengasah kemampuanmu. Maksud dari dikelilingi bukanlah terus-terusan belajar dan duduk di meja membaca buku, tetapi bagaimana kamu bisa menggunakan kehidupan sehari-hari sebagai pelatihan kamu untuk mengasah kemampuan berbahasa Korea.

Berikut beberapa contoh frasa sederhana yang akan kamu sering gunakan ketika berbicara menggunakan bahasa Korea.

  • Halo =   (annyeong) yang memiliki arti yaitu halo yang biasanya digunakan dalam keseharian, dan (annyeong-haseyo) yang digunakan dalam keadaan atau situasi yang lebih formal.
  • Ya = (ne) yang memiliki arti yaitu ya.
  • Tidak = (ani atau aniyo) yang memiliki yaitu arti tidak.
  • Terimakasih = (kamsa-hamnida) yang memiliki arti yaitu terimakasih.
  • Selamat Malam = (annyeonghi jumuseyo) yang memiliki arti yaitu selamat malam.
  • Selamat Tidur = (jal jayo) yang memiliki arti selamat tidur.

5. Tentukan Bagaimana Cara Terbaik Pembelajaran Buat Kamu

Cara kelima yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah dengan menentukan cara terbaik apa yang cocok dengan cara belajar kamu. Hal tersebut karena setiap orang memiliki caranya masing-masing, jadi dengan menentukan jenis pembelajaran apa yang mau kamu gunakan akan sangat berperan. Berikut tiga tipe pembelajar utama yang dapat membantu kamu untuk mempelajari bahasa.

  • Cara belajar menggunakan visual yang biasanya menggunakan tipe ini akan lebih mudah untuk mengingat ke dalam memori dengan baik.
  • Cara belajar menggunakan auditori yang biasanya menggunakan tipe ini akan lebih mudah untuk menyerap dan menyimpan informasi.
  • Cara belajar menggunakan kinetik yang biasanya menggunakan tipe ini akan lebih mudah menghafal bahasa menggunakan gerakan.

6. Tonton K-Drama dan Dendengarkan Lagu K-Pop

Cara keenam yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah dengan secara rutin menonton drama korea maupun mendengarkan lagu dan musik korea.

Dengan sering mendengarkan maupun menonton, secara tidak sadar kamu jadi lebih familiar dengan bahasa yang diucapkan dan kosakata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari lagu dan drama yang kamu tonton, kamu dapat sedikit demi sedikit mengartikan kosakata yang mereka gunakan dengan menemukan kata kunci dan mencari apa arti dari kata tersebut.

Dengan begitu ketika kamu mendengar kata tersebut diulang kembali, baik di drama maupun di sebuah lagu, kamu jadi memiliki gambaran besar mengenai apa arti pesan yang coba mereka sampaikan dan lama kelamaan kamu akan bisa fasih berbahasa Korea.

7. Pelajari Pola Hidup Sosial Orang Korea

Cara ketujuh yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah dengan mempelajari pola kehidupan sosial Korea. Hal yang dimaksud adalah, jika kamu memiliki uang dan waktu lebih, cara terbaik untuk mempelajari bahasa adalah dengan ke tempat tersebut langsung.

Dengan pergi ke negara Korea, kamu dapat dengan mudah mengimplementasikan pembelajaran yang telah kamu terapkan karena setiap hal yang kamu lakukan akan memaksa untuk berbicara maupun membaca dalam bahasa Korea.

Selain itu, jika kamu tidak mengerti sesuatu, kamu bisa selalu untuk membuka gadget dan mencari artinya atau dapat menanyakan ke orang yang ada di sekitar kamu menggunakan bahasa Inggris dimana banyak orang Korea sudah dapat memahami bahasa Inggris dengan baik.

8. Gunakan Aplikasi Penerjemah dan Situs Pembelajaran

Cara kedelapan yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah dengan menggunakan aplikasi penerjemah dan situs pembelajaran untuk membantu kamu menerjemahkan berbagai kosakata yang masih kamu belum mengerti.

Dimana ketika kamu melihat kata yang tidak kamu ketahui artinya, dapat dengan mudah mengambil gadgetmu dan mencari arti kata tersebut. Dengan begitu, kosakata yang kamu miliki menjadi lebih berkembang setiap harinya. Berikut beberapa aplikasi gratis yang dapat kamu unduh dan gunakan untuk mempelajari bahasa Korea.

  • Duolingo
  • Hellotalk
  • Drops
  • Memrise
  • Eggbun
  • Naver Korean Dictionary
  • Quizlet

Sedangkan, untuk situs pembelajaran, kamu bisa menjadikan materi yang ada didalamnya untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam berbahasa Korea, baik dalam segi huruf, kosakata, dan juga cara menyusun kalimat dengan baik. Berikut beberapa situs gratis yang dapat kamu pelajari untuk mengembangkan bahasa Korea.

  • Seoulina.com
  • Korea.go.kr
  • Zkorean.com
  • Learn-korean.net
  • Howtostudykorean.com

Yuk Persiapkan Bahasa Koreamu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Korea Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.