Budaya Perancis

Budaya Perancis yang Harus Kamu Ketahui!

Budaya Perancis

Perancis atau Republik Perancis adalah negara yang teritori metropolitannya berada di Eropa Barat. Perancis juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lainnya.

Baca juga : Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia, Jerman dan Prancis

Bicara mengenai Perancis tentunya tak lepas dari budaya Perancis yang unik dan menarik untuk kita bahas. Budaya Perancis sendiri terbentuk oleh beberapa hal. Seperti kondisi geografis, sejarah, dan adanya pengaruh dari berbagai kelompok di dalam dan luar negeri. Perancis, terutama ibukotanya (Paris) juga telah memegang peran yang sangat penting sebagai pusat kebudayaan dan seni sejak abad ke-17. Pada akhir abad ke-19 pun Perancis juga memegang peran penting dalam seni modern, film, fashion, dan kuliner.

Baca juga : Pesona Masjid Agung di Prancis

Budaya Perancis

Budaya Perancis

  • Orang-orang di Perancis sangat menyukai roti baguette, mereka bahkan tak ragu untuk mengakuinya. Kamu mungkin akan sering menemukan orang-orang  Perancis yang menenteng roti banquet di tangannya ketika kamu ada disana. Mereka biasanya akan memakan roti tersebut dengan cara menyobeknya sebagian menggunakan tangan dan melahapnya.

Baca juga : Tempat Les Bahasa Perancis Terbaik di Jogja

  • Nilai kesopanan yang tinggi. Budaya Perancis selanjutnya adalah gaya hidup yang cukup sopan. Ada banyak sekali tata krama dan nilai kesopanan yang ada di Perancis. Mulai dari tata krama ketika memasuki toko, ketika berada di restoran, ketika menelpon, ketika ada yang berulang tahun, ketika tengah bertemu seseorang, menerima undangan makan, mengucapkan selamat hari raya, dan juga berbagai kebiasaan-kebiasaan lainnya. Menerapkan norma-norma kesopanan di Perancis adalah hal yang cukup penting. Kamu mungkin akan dianggap tidak sopan jika melanggar norma kesopanan yang ada di sana. Oh iya, norma yang ada di Perancis ini mungkin akan berbeda makna jika kamu melakukannya di negara lainnya lantaran tiap negara pastinya memiliki kebiasaan yang berbeda.

Baca juga : Mengenal lebih dekat, Croissant kuliner Iconic Prancis

  • Cipika-cipiki. Cipika-cipiki merupakan salah satu budaya Perancis yang cukup umum. Orang-orang Perancis akan saling mencium pipi kiri dan kanan orang yang mereka temui sebagai ucapan salam. Hal ini sendiri bukan merupakan kebiasaan umum di negara-negara lain lho, jadi sebelum cipika-cipiki pastikan dulu kamu berada di negara mana.
  • Rasa solidaritas yang cukup tinggi.

Baca juga : Tips, Lancar Wawancara Beasiswa Luar Negeri

Selain hal-hal di atas, masih ada banyak sekali budaya Perancis lainnya yang menjadi kebiasaan hidup warga Perancis. Kamu mungkin akan menemukan lebih banyak lagi, ketika kamu sudah lama tinggal di sana.

Keunikan Negara Perancis

Keunikan Negara Perancis

Kamu juga bisa melihat budaya-budaya yang ada di perancis melalui beberapa aspek lainnya selain melalui kebiasaan hidup masyarakatnya. Contohnya melalui :

  • Kuliner. Ada banyak sekali hidangan khas perancis yang bisa kamu coba ketika berkunjung disana. Contohnya saja ada, Ratatouille, Boeuf Bourguignon, Coq au vin, Cassoulet, Bouillabaisse, Baguette, Croque monsieur, Quiche au fromage, Meunière, hingga Clafoutis.
  • Dari segi arsitekturnya sendiri, Arsitektur Perancis/French  Architecture/Arsitektur Gotik juga memiliki banyak keunikan tersendiri. Sebagian besar bangunan yang ada di perancis juga memiliki gaya Gothik.

Baca juga : 12 Fakta dan Sejarah Menara Eiffel yang Perlu Diketahui

  • Festival budaya Perancis. Untuk mengetahui budaya perancis lebih lanjut lagi, kamu dapat menghadiri beberapa festival budaya khusus yang ada di Perancis. Contohnya saja, Parade Dunkirk, Keramaian Bayonne, Festival Lorient Antar- Celtic, Festival Lemon, Dax Feria, Acara Santo Louis, Parade Nice, Festival Avignon, Festival Saint- Loup, Festival of Lights, Festival Provin Era Pertengahan, Lavender Corso, Mardi Gras Annecy Venetian Carnival, Festival Joan Of Arc, Festival Kostum, Festival Musik (Fête De La Musique), Fête De Tuileries, Festival d’Avignon, dan lain sebagainya.

Baca juga : PROGRAM AU-PAIR PRANCIS

 

Yuk Persiapkan Bahasa Jermanmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jerman Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.