Budaya Korea Selatan

OTCA.CO.ID – Korea Selatan kini mulai menampakkan tajinya. Negara di Asia Timur ini sekarang mulai dikenal di mata dunia. Mulai dari k-pop, fashion, film, hingga kulinernya mencuri perhatian. Bahkan, banyak dari kita yang tersihir dan mulai tergila-gila dengan budaya negeri Ginseng.

Korea Selatan sempat menjadi jajahan Jepang selama 35 tahun dan pada akhirnya merdeka pada 15 Agustus 1945, hanya selang 2 hari dari kemerdekaan negara kita. Lalu, gimanasih gaya hidup masyarakat di sana ? simak disini yuk

1. Suka bawang putih

Budaya aneh yang pertama adalah masyarakat Korea suka sekali dengan bawang putih, bawang putih yang dimakan pun mentah loh.. karena bawang putih menurut mereka bisa menjaga kesehatan tubuh dan menetralkan darah .

2. Tidak ada ujian penentu kelulusan

Berbeda dengan di Indonesia, setelah menempuh 3 tahun pendidikan di SMA, para siswa di Korea akan otomatis dinyatakan lulus. Meski enggak menghadapi Ujian Akhir Sekolah, siswa SMA di Korea Selatan harus menghadapi ujian masuk perguruan tinggi yang terbilang sangat sulit, yang disebut dengan Suneung.

3. Suka makan mie langsung dari panci

Kebiasaan orang Korea memang memakan ramyun langsung dari pancinya, sehingga dapat tetap panas. Di Korea, ada mitos kalau bisa makan makanan panas-panas, istrinya bakal cantik dan suaminya ganteng. Ada-ada saja ya

4. Banyak melakukan operasi plastik

Terhitung mencapai angka 76% wanita di Korea Selatan yang berumur 20-30 tahun telah melakukan operasi plastik, tidak hanya itu sekitar 25% emak-emak disana sudah menyuruh anaknya yang masih berumus 12-16 untuk operasi plastik juga. Buktinya, ada 1200 ahi bedah plastik disana.

5. Pohon pinus pohon cinta

Pada masyarakat Korea, pohon pinus memiliki arti yang spesial dan penting. Bagi sebagian besar masyarakatnya, pohon pinus diartikan sebagai lambang umur panjang dan kebajikan. Bagi kaum mudanya, pohon pinus juga merupakan simbol cinta yang kekal.

6. Jujur

Jujur juga salah satu nilai yang dimiliki oleh semua orang Korea Selatan. Budaya kejujuran yang dimiliki mereka membuat negara ini relatif aman bagi masyarakatnya dan bagi wisatawan. Contoh kecilnya saja tas dan dompet seorang wisatawan tetap aman meski ditinggal pergi ke toilet. Bahkan, mobil yang ditinggal dengan keadaan mesin menyala dan kaca terbuka juga tetap aman dan tidak ada barang yang hilang dicuri.

7. Pekerja Keras

Warga Korea Selatan juga tipikal orang yang pekerja keras. Sumber daya alam yang terbatas membuat masyarakat negeri Ginseng itu tekun dan pantang menyerah.

8. Disiplin dan Teratur

Masyarakat Korea Selatan tergolong orang yang disiplin dan tertib. Mereka terbiasa tertib dan membudayakan antri. Bahkan, di transportasi umum seperti kereta dan bis mereka bakal mendahulukan penumpang yang duduk di kursi prioritas (wanita hamil, orang tua, dan kaum difabel). Bahkan, kursi prioritas juga akan dikosongkan apabila tak ada yang menempati.

9. Tolong menolong selalu diutamakan

Selain ramah, dan terbiasa mengucapkan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’, masyarakat Korea juga mengutamakan untuk selalu menolong sesama. Bahkan, mereka tak segan untuk menolong dan mengantar wisatawan yang menanyakan arah.

10. Mencintai produk lokal

Ini adalah poin penting yang harus dimiliki setiap masyarakat yang ingin maju negaranya. Masyarakat Korea sangat mengutamakan produk lokal. Dari mulai produk makanan, kain, barang elektronik hingga mobil. Mereka lebih memilih produk Korea daripada produk luar seperti Amerika.



Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Korea kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Korea dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *