budaya jerman

Budaya Jerman yang Mencerminkan Kebiasaan Hidup Masyarakatnya

budaya jerman

Jerman atau yang dikenal secara resmi sebagai Republik Federal Jerman adalah salah satu negara berbentuk federasi yang ada di Benua Eropa. Jerman ini juga memiliki berbagai budaya yang unik lho. Budaya Jerman sendiri dalam sejarahnya dibentuk oleh kaum intelektual Eropa.

Selain itu, Jerman sendiri merupakan salah satu negara terbersih di dunia (Peringkat 10). Kamu mungkin tidak akan menemukan sampah yang berserakan di kota-kota di Jerman. Sistem pembuangan sampahnya pun sudah sangat teratur. Lalu, apa saja sih Budaya Jerman yang unik dan menarik? Yuk, simak pembahasannya berikut ini ya!

Baca juga : Program Beasiswa S2 dan S3 di Jerman

Budaya Jerman yang Terlihat dari Kebiasaan Hidup Masyarakatnya

Budaya Jerman yang Terlihat dari Kebiasaan Hidup Masyarakatnya

Budaya dapat terbentuk oleh kebiasaan hidup masyarakat dalam suatu negara. Masyarakat Jerman sendiri memiliki banyak sekali kebiasaan hidup yang unik, hal ini menjadikan Jerman cukup berbeda dengan negara-negara lainnya. Kamu yang baru pertama kali pergi ke Jerman mungkin akan mengalami “Culture Shock” ketika berada disana. Tapi, jangan khawatir. Hal ini adalah hal yang biasa kok. Bahkan, kamu bisa menjadikannya sebagai pengetahuan tambahan dan pengalaman yang menarik.

Baca juga : Ausbildung Program Magang Profesi di Jerman

Berikut ini budaya Jerman yang tercermin melalui kebiasaan hidup masyarakatnya :

  • Banyak orang Jerman yang suka berjalan kaki. Di Indonesia sendiri kita terbiasa menggunakan sepeda motor dan berbagai kendaraan pribadi lainnya untuk pergi ke suatu tempat, bahkan yang jaraknya dekat sekalipun. Di Jerman, masyarakatnya lebih suka berjalan kaki ketika berpergian. Berjalan kaki bahkan bukan hal yang asing dan kamu akan menemukan banyak pejalan kaki di setiap sudut kota.
  • Patuh pada peraturan lalu lintas. Masyarakat Jerman juga sangat mematuhi aturan lalu lintas. Contohnya saja, para pejalan kaki di Jerman tidak akan menyeberangi jalan sebelum lampu hijau untuk para pejalan kaki menyala. Ini merupakan salah satu contoh sosial yang sangat harmonis di Jerman.
  • Suka bersepeda. Selain suka berjalan kaki, orang-orang di Jerman ternyata juga sangat menggemari kegiatan bersepeda. Hal ini semakin didukung dengan memadainya fasilitas untuk para pesepeda.
  • Lebih suka sistem pembayaran tunai. Kalau kamu sedang berada di Jerman untuk berlibur ataupun bekerja, kamu harus selalu membawa uang tunai ya. Meskipun teknologinya sudah sangat maju, namun masyarakat Jerman sendiri lebih suka sistem pembayaran tunai atau cash. Bahkan, masih ada banyak sekali restoran di Jerman yang hanya menerima pembayaran tunai.
  • Orang-orang Jerman selalu berbelanja kebutuhan sehari-hari mereka sebelum hari Minggu. Alasannya, karena kebanyakan toko akan tutup di hari Minggu.
  • Orang-orang di Jerman juga cenderung berpikir kritis dan tidak ragu untuk menyampaikan pendapat mereka.
  • Memiliki kebiasaan membaca yang tinggi. Bahkan, sekitar 60% warga di Jerman menjadikan kebiasaan membaca sebagai bagian dari kehidupannya sehari-hari.

Baca juga : Jerman Sebagai poros Teknologi Dunia

Budaya Jerman yang Unik

Budaya Jerman yang Unik

Selain itu, masih ada banyak sekali kebudayaan unik lainnya yang ada di Jerman. Selain berdasarkan kebiasaan masyarakat sekitarnya. Budaya Jerman juga dipengaruhi oleh warisan turun-temurun dari generasi sebelumnya.

Jerman juga memiliki bahasa nasionalnya sendiri, arsitektur bangunan yang unik, berbagai jenis karya seni yang melambangkan kebudayaannya, pakain tradisional, tradisi-tradisi unik khas negaranya, hingga ke berbagai perayaan/festival budaya yang kerap digelar.

Nah, buatmu yang ingin melihat berbagai ajang pementasan dan pertunjukan Budaya Jerman. Kamu bisa mengunjungi Jerman ketika tengah ada festival budaya khusus. Seperti, Oktoberfest, Karneval Cologne, Asparagus and Onion Festival, Berlinale Fest Berlin, hingga Wave Gotik Treffen.

Baca juga : 6 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Perlu Teofl dan IELTS, Buruan Daftar !!

 

 

 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.