7 Keuntungan Kuliah di Jerman

Featured Image Keuntungan Kuliah di Jerman

Banyak mahasiswa yang ingin melanjutkan studi keluar negeri baik di jenjang pendidikan S1, S2 hingga S3. Negara-negara di Eropa pun menjadi negara tujuan studi yang populer. Diantara negara Eropa, Jerman lah yang menjadi negara ter-favorit incaran calon mahasiswa internasional.

Terlebih, pemerintah Jerman juga sangat mendukung mahasiswa internasional untuk berkuliah di Jerman. Bahkan berdasarkan data statistik, terdapat lebih dari 450 ribu mahasiswa internasional yang berkuliah di Jerman. Ini pun menjadikan Jerman menduduki peringkat tiga teratas negara di dunia dengan jumlah mahasiswa internasional terbanyak.

Jika Kawan OTCA masih ragu dan bimbang memilih negara tujuan studi, maka Jerman wajib masuk dalam daftar keinginan Kawan OTCA. Hal ini karena Jerman menawarkan banyak keuntungan dibandingkan negara lainnya. Melalui artikel ini, Kawan OTCA akan mendapatkan informasi 7 keuntungan kuliah di Jerman.

Inilah 7 Keuntungan Kuliah di Jerman

Keuntungan Kuliah di Jerman

1. Biaya Kuliah yang Murah

Sudah bukan rahasia, Jerman menjadi negara di Eropa dengan biaya kuliah termurah. Biaya kuliah yang perlu dibayar mahasiswa per semester dikenal sebagai biaya kontribusi. Biaya kontribusi tersebut telah mencakup biaya administrasi, layanan dukungan mahasiswa, serta semesterticket atau tiket transportasi selama satu semester. Adapun rata-rata biaya kuliah di Jerman per semester berkisar €100 – €380 atau sekitar 1,6 juta – 6 juta. Tidak hanya itu, biaya studi S3 pun dapat gratis, jika Kawan OTCA lulus S1 dan S2 di Jerman.

2. Lulusan Universitas Jerman Itu Diakui Dunia

Dengan kualitas pendidikan yang tinggi dan unggul secara global, maka mahasiswa lulusan universitas Jerman pun diakui dunia. Terlebih ada banyak sekali universitas di Jerman yang masuk peringkat kampus top dunia. Belum lagi terdapat persaingan yang ketat untuk dapat berhasil studi di Negeri Panzer. Hal ini karena sebelum menempuh studi di Jerman, mahasiswa asing wajib terlebih dahulu mengikuti Studienkolleg, atau sekolah penyetaraan bahasa selama setahun. 

3. Biaya Hidup yang Terjangkau

Biaya hidup di Jerman juga terjangkau dan cukup ramah kantong bagi mahasiswa. Meski ada beberapa kota besar dengan biaya hidup mahal, namun rata-rata biaya hidup di Jerman lumayan murah dibandingkan negara Eropa lainnya. Dengan bijak memilih daerah, Kawan OTCA dapat hidup tanpa mengeluarkan banyak uang. Biasanya, mahasiswa dapat mengeluarkan biaya hidup sekitar €860 per bulan atau sekitar 13 juta. Ini sudah termasuk dengan biaya tempat tinggal seperti asrama, biaya makan, dan lainnya.

4. Kesempatan Mendapatkan Karier Global Tinggi

Setelah lulus dari universitas Jerman, tidak perlu diragukan, Kawan OTCA berkesempatan mendapatkan peluang karier global yang luas. Sebagai negara Industri dan dengan ekonomi tinggi, Kawan OTCA dapat bekerja di Jerman ataupun negara Eropa lainnya. Bahkan tidak jarang, banyak perusahaan di negara asing yang mengincar mahasiswa lulusan asal Jerman. Apalagi pemerintah juga membuka lebar pintu masuk mahasiswa asing untuk dapat bekerja secara permanen di Jerman.

5. Bisa Memilih Jurusan Kuliah Terbaik di Dunia 

Jerman memiliki banyak jurusan kuliah berkualitas, bahkan bereputasi tinggi di tingkat global. Maka Kawan OTCA pun memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan studi di bidang yang diminati. Beberapa jurusan kuliah terbaik yang ada di Jerman adalah di bidang Teknik, Kedokteran, Fisika, Kimia, Biologi, Bisnis dan Manajemen, Hukum, Kesenian, hingga Sastra dan Bahasa. 

6. Berkesempatan Mendapatkan Beasiswa 

Di Jerman juga terdapat banyak peluang beasiswa, khususnya yang dibuka untuk mahasiswa internasional. Biasanya beasiswa yang ditawarkan berupa pendanaan penuh biaya kuliah bahkan memberikan uang saku per bulannya. Beasiswa tersebut diantaranya The Deutschlandstipendium, Beasiswa DAAD, dan Beasiswa Erasmus+. Selain beasiswa, banyak pula universitas dan organisasi swasta yang menawarkan bantuan keuangan untuk mahasiswa.

7. Bisa Travelling ke Negara Eropa dengan Lebih Mudah

Sebagai negara yang terletak strategis di jantung Eropa, maka Kawan OTCA juga dapat mudah bepergian ke negara-negara Eropa lainnya. Bahkan dapat hanya dengan menggunakan kereta. Dengan demikian tidak hanya mudah namun Kawan OTCA juga dapat keliling negara Eropa dengan lebih murah. Negara-negara Eropa yang dapat Kawan OTCA kunjungi diantaranya Austria, Prancis, Swiss, Spanyol, Italia, Belgia, Ceko, Denmark, Polandia, Belanda, dan negara Eropa lainnya.

Kesimpulan

Dengan 7 keuntungan kuliah di Jerman yang sudah OTCA jelaskan diatas, maka Kawan OTCA kini tidak perlu ragu untuk memilih Jerman sebagai negara tujuan studi. Dengan berbagai keuntungan yang dapat Kawan OTCA raih, kuliah di Jerman pun menjadi sangat worth it dan tidak boleh dilewatkan!

5/5 - (1 vote)
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!