Featured Image Cara Kuliah di Jerman

Ingin Kuliah di Jerman? Ini 3 Cara yang Bisa Kamu Pilih!

Banyak pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, sehingga bisa berkarier di level internasional. Selain itu, bisa kuliah ke luar negeri juga menjadi prestasi yang sangat membanggakan.

Bagi para pelajar (dari seluruh dunia) yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, Jerman termasuk pilihan populer.

Alasannya, Jerman membebaskan biaya pendidikan bagi para pelajar yang kuliah di sana, sehingga mereka hanya perlu membayar biaya administrasi saja. Hal ini tentunya sangat meringankan para pelajar. 

Faktor pendukung lainnya, Jerman memberikan peluang yang cukup besar bagi para pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di sana.

Nah, di artikel kali ini, Minca akan memberikan informasi penting untuk kamu yang ingin kuliah di Jerman, tapi bingung bagaimana caranya. 

Langsung saja, yuk baca artikel berikut ini hingga selesai!

3 Cara Kuliah di Jerman yang Bisa Kamu Pilih

Cara Kuliah di Jerman

1. Menggunakan Biaya Sendiri

Cara kuliah di Jerman yang pertama adalah dengan menggunakan biaya sendiri. 

Jika kamu memiliki dana yang cukup, kuliah di Jerman dengan biaya sendiri merupakan opsi terbaik. Apalagi biaya pendidikan dan hidup di Jerman relatif lebih murah jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. 

Selama tinggal di Jerman, standarnya kamu hanya akan menghabiskan biaya sebesar €860 atau sekitar 15 juta rupiah per bulan saja.

Untuk meringankan beban finansialmu ini, kamu bisa kuliah sambil bekerja di Jerman. 

FYI, upah minimum di Jerman juga cukup tinggi, yakni mencapai €12,41 atau sekitar 21 ribu rupiah per jam!

Keunggulan menggunakan biaya sendiri, kamu bisa lebih leluasa dalam menjalani pendidikan di Jerman tanpa terikat syarat dan kualifikasi tertentu, seperti yang sering diminta oleh lembaga pemberi beasiswa.

2. Menggunakan Beasiswa

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah mengikuti program beasiswa.

Cara ini adalah opsi terbaik jika kamu ingin kuliah di Jerman dengan biaya yang relatif lebih murah, dan siap untuk bersaing dengan pemburu beasiswa lainnya.

Karena sudah bukan rahasia lagi jika beasiswa kuliah ke luar negeri (termasuk ke Jerman) selalu memiliki banyak peminat, dan membutuhkan syarat, kualifikasi, serta proses seleksi yang sangat ketat. 

Jika memilih opsi ini, ada beberapa program beasiswa yang bisa kamu pilih, seperti DAAD, Erasmus Mundus, Deutschland Stipendium, Heinrich Böll Scholarships, dan masih banyak lagi.

Selain itu, setelah lulus kuliah melalui program beasiswa, kamu juga akan dipandang berprestasi oleh recruiter

3. Mengikuti Program Studienkolleg

Cara kuliah ke Jerman terakhir yang bisa kamu pilih adalah dengan mengikuti program Studienkolleg. 

Studienkolleg merupakan program resmi dari pemerintah Jerman berupa penyetaraan pendidikan selama 2 semester (1 tahun). Program ini ditujukan bagi pelajar dari luar Jerman yang ingin melanjutkan pendidikan S1 di Jerman.

Untuk mengikuti Studienkolleg, kamu harus memenuhi syarat – syarat tertentu seperti sertifikat bahasa Jerman level B2, fotokopi ijazah SMA dan SKHUN yang sudah dilegalisir serta diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman, hingga motivation letter.

Kesimpulan

Intinya, jika kamu ingin kuliah ke Jerman, ada banyak cara yang bisa kamu pilih. Tapi, kalau boleh memberikan kesimpulan, program Studienkolleg merupakan opsi yang lebih baik ketimbang menggunakan biaya sendiri dan beasiswa.

Karena dari segi biaya, program ini relatif lebih murah ketimbang menggunakan biaya sendiri. Sedangkan dari segi waktu, prosesnya jauh lebih cepat ketimbang menggunakan beasiswa.

Nah, kabar baiknya, jika kamu ingin mengikuti program Studienkolleg dan ingin memperbesar peluang diterima sebagai peserta, kamu bisa mengikuti program Bimbingan Studienkolleg OTCA.

Atau kalau kamu masih ragu, silakan melakukan konsultasi gratis bersama tim kami.

Sudah Siap Untuk Melanjutkan Studi & Karier ke Jerman?

Hubungi Tim Kami untuk Melakukan Konsultasi Gratis.

5/5 - (1 vote)
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!