Featured Image Gaji Kerja di Jerman

Ingin Tahu Gaji Kerja di Jerman untuk Profesional? Ini Jawabannya!

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Eropa, Jerman terkenal berani memberikan gaji tinggi bagi para pekerja profesionalnya. Dilansir dari sindonews.com, Jerman bahkan masuk ke dalam jajaran negara dengan gaji tertinggi di dunia.

Tidak hanya itu, banyak pula perusahaan di Jerman yang menawarkan berbagai bonus, asuransi, dan tunjangan gratis untuk para karyawannya. Hal ini tentunya sangat menggiurkan bagi para pekerja profesional di Jerman. 

Apalagi, tidak ada penetapan batas usia tertentu untuk bisa bekerja di Jerman. Bahkan Jerman masih sering menerima pekerja dengan rentang usia 35 hingga 40 tahun keatas untuk pekerjaan tertentu.

Nah, bagi sobat OTCA yang tertarik bekerja di Jerman karena tergiur dengan gaji kerja di Jerman yang sangat tinggi, mari simak artikel ini sampai tuntas.

Inilah Gaji Para Pekerja Profesional di Jerman

Gaji Kerja di Jerman.png

1. Pekerja di Bidang Perhotelan

Di Jerman, bekerja di bidang perhotelan bisa memberikan prospek karier yang sangat menjanjikan. Hal ini karena perhotelan di sana terkenal memberikan layanan terbaik serta memiliki standar internasional.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, gaji awal berkarier sebagai pekerja profesional di bidang perhotelan di Jerman berkisar dari €1.900 hingga €2.100 atau sekitar 33 hingga 37 juta rupiah per bulan. 

Setelah beberapa tahun bekerja, para pekerja akan mendapatkan kenaikan gaji berdasarkan lamanya pengalaman. Peningkatan gaji ini bisa berkisar dari €2.500 hingga €2.900 per bulan atau 44 juta hingga 51 juta rupiah.

2. Pekerja di restoran

Bidang restoran juga menjadi banyak incaran bagi para pekerja di Jerman. Alasannya karena lapangan pekerjaannya yang cukup luas dan gajinya juga sangat menjanjikan.

Bahkan sempat viral, Bunda Corla (influencer terkenal) mengungkapkan bahwa ia menerima gaji bersih sebagai pelayan restoran di Jerman sebanyak €1600 atau sekitar 28 juta rupiah. 

Sekadar informasi, mulai tahun 2024, Jerman telah menetapkan upah minimum sebesar €12,41 per jam atau sekitar 218 ribu rupiah per jam.

Nah, jika sobat OTCA bisa berkarier di restoran Jerman, Sobat OTCA akan berkesempatan mendapatkan gaji mulai dari €1.900 hingga €2.900 per bulan, atau sekitar 33 hingga 51 juta rupiah per bulan. 

Jika memiliki gelar pendidikan atau pengalaman yang lebih mumpuni dan bekerja di posisi yang lebih tinggi, sobat OTCA bisa memperoleh gaji hingga €3.100 atau sekitar 54 juta rupiah per bulan.

3. Koki

Menjadi koki profesional di Jerman juga menjadi salah satu pilihan yang dilirik oleh para pekerja. Hal ini karena gaji yang ditawarkan juga tidak main – main.

Di Jerman, gaji rata – rata seorang koki mencapai €50,919 per tahun atau hampir 900 juta rupiah per tahun. Sedangkan jika dihitung berdasarkan jam kerja, rata – rata koki di Jerman mendapatkan bayaran sebesar €24 per jam atau 400 ribu rupiah per jam.

Dilansir dari Economic Research Institute, berikut ini adalah rata – rata gaji yang didapatkan oleh seorang koki di Jerman:

  • Asisten Koki : €51.000/Tahun (899 ratus juta rupiah)
  • Koki Kue : €45.000/Tahun (793 ratus juta rupiah)
  • Koki Katering : €43.000/Tahun (758 ratus juta rupiah)
  • Koki Riset : €53.000 /Tahun (934 ratus juta rupiah)
  • Koki Eksekutif di Hotel & Restoran : €61.000/Tahun (1 milyar rupiah)

4. Pekerja di bidang mekatronika

Sebagai negara industri, bidang Mekatronika di Jerman menjadi pilihan teratas bagi para pekerja. Apalagi saat ini Mekatronika sedang berkembang pesat dan menjadi salah satu sumber pemasukan besar di Jerman. Tidak tanggung – tanggung, bidang ini mampu menghasilkan lebih dari €200 miliar!

Dilansir dari howtoabroad.com, Jerman bahkan membayar seorang spesialis di bidang Mekatronika dengan gaji yang sangat tinggi.

Sekadar informasi, rata – rata penghasilan seorang spesialis di bidang mekatronika adalah sebesar €60.421 per tahun atau sekitar 1 milyar rupiah per tahun.

Jika sobat OTCA baru berkarier di bidang ini, gaji awal yang akan diperoleh adalah sekitar €1.900 – €2.100 atau 33 – 51 juta rupiah per bulan. Angka ini tentunya bisa naik lebih tinggi lagi ketika pengalamanmu semakin bertambah.

Kesimpulan

Itulah rata – rata gaji kerja di Jerman untuk para profesional. Sangat menggiurkan bukan? 

Nah, kabar baiknya, kamu bisa berkarier di salah satu dari keempat bidang pekerjaan di atas. Caranya dengan mengikuti program ausbildung. 

Ausbildung adalah program pendidikan dan pelatihan profesi di Jerman selama 3 tahun. Setelah lulus dari program ini, kamu memiliki peluang besar untuk menjadi pekerja profesional di Jerman. 

Untuk membantumu agar diterima sebagai peserta ausbildung, kamu bisa mengikuti program bimbingan ausbildung yang diselenggarakan oleh OTCA. Untuk informasi selengkapnya, silakan klik gambar di bawah ini.

Ad Banner Program Bimbingan Ausbildung

4.7/5 - (3 votes)
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!