Featured Image Cara Kerja di Jerman

Cara Kerja di Jerman Itu Mudah. Pelajari di Sini!

Berdasarkan data Produk Domestik Brutonya (PDB), Jerman menduduki peringkat ke – 3 sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Dilansir dari KPMG.com pada tahun 2023, PDB Jerman bahkan mencapai angka 4,121 Miliar Euro!

Dengan tingkat ekonomi yang tinggi seperti ini, Jerman pun menawarkan gaji yang sangat menggiurkan dan tentunya kesejahteraan bagi para pekerjanya. FYI, sejak Februari 2024, Jerman bahkan menerapkan uji coba 4 hari kerja dalam sepekan tanpa mengurangi bayaran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan para pekerja sehingga mereka bisa lebih produktif.

Nah, kalau kamu tertarik bekerja di Jerman, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah menguasai bahasa. Hal ini karena mayoritas masyarakat Jerman menggunakan bahasa Jerman ketika beraktivitas. 

Kalau kamu belum menguasai bahasa Jerman, kamu sebaiknya mengikuti kursus bahasa Jerman yang diselenggarakan oleh OTCA. Hal ini akan memberikanmu bekal yang cukup untuk bekerja di Jerman.

Sekarang kita masuk ke pokok pembahasan tentang cara kerja di Jerman. Yuk simak artikel ini sampai tuntas!

3 Cara Agar Bisa Bekerja di Jerman

Begini Cara Kerja di Jerman

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan jika ingin bekerja di Jerman. Tapi di sini Minca akan fokus kepada 3 program resmi dari pemerintah Jerman yang bisa memberikanmu kesempatan bekerja di Jerman.

1. Ausbildung

Ausbildung adalah program resmi pemerintah Jerman berupa sekolah vokasi, dimana para pesertanya akan mendapatkan gaji kurang lebih sebesar 15 – 25 juta rupiah per bulan. Program ausbildung berlangsung selama 3 tahun dan mengombinasikan 30% teori serta 70% praktik. Beberapa jurusan yang tersedia di program ini adalah perhotelan, restoran, koki, dan mekatronika. Fokus program ausbildung adalah melatih para pesertanya untuk menjadi pekerja profesional di Jerman setelah lulus program. Karena jika berhasil lulus dari program ini, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi yang bisa digunakan untuk menjadi pekerja profesional di Jerman atau bahkan di Eropa.

2. FSJ dan BFD

Program selanjutnya adalah FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr) dan BFD (Bundesfreiwilligendienst). Kedua program ini merupakan program kerja sosial di Jerman, dimana para pesertanya akan mendapatkan uang saku kurang lebih sebesar 6 juta rupiah per bulan.

Program FSJ dan BFD berlangsung selama 6 hingga 18 bulan. Adapun untuk pilihan bidangnya sangat beragam. Kamu bisa bekerja di bidang pendidikan (menjadi guru), kesehatan atau keperawatan (bekerja di rumah sakit), panti jompo, panti asuhan, hingga di bidang layanan sosial lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan kedua program ini sebagai batu loncatan untuk mengikuti program Ausbildung. Pengalaman sebagai lulusan FSJ dan BFD seharusnya bisa membuatmu lebih mudah untuk mengikuti program ausbildung.

3. Au Pair

Program terakhir yang bisa kamu ikuti agar bisa bekerja di Jerman adalah au pair. Ini adalah pertukaran budaya ke Jerman, dimana kamu sebagai peserta akan tinggal bersama keluarga yang merupakan orang Jerman selama 1 tahun. Jika mengikuti program ini, kamu akan berperan sebagai kakak asuh di keluarga Jerman tersebut. 

Melalui program au pair, kamu juga akan mendapatkan uang saku kurang lebih sebesar 4,7 juta rupiah per bulan. Sama seperti FSJ dan BFD, kamu juga bisa menggunakan program au pair sebagai batu loncatan untuk mengikuti program ausbildung.

Kesimpulan

Nah, itulah 3 cara kerja di Jerman melalui 3 program resmi dari pemerintah Jerman.

Dari 3 program di atas, Minca sangat sangat merekomendasikan program ausbildung jika kamu benar – benar serius ingin bekerja di Jerman. Karena program ini memang ditujukan untuk orang – orang yang ingin menjadi pekerja profesional di Jerman. Kalau kamu tertarik mengikuti program ini, kamu sebaiknya menyiapkan diri dengan mengikuti Bimbingan Ausbildung OTCA, lembaga bimbingan studi & karier ke Jerman yang memberikan jaminan sampai berangkat. Sekarang pilihannya ada di kamu.

5/5 - (1 vote)
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!