Daftar 5 Universitas Terbaik di Prancis Versi QS World University

Apakah kamu sudah merencanakan untuk melanjutkan studi di negeri pemilik 1001 pesona megah Prancis, baik untuk program sarjana, master, maupun doktor?

Kali ini, akan digali 5 universitas terbaik di Prancis berdasarkan peringkat QS World University 2023.

Pasalnya, kelima universitas tersebut tidak hanya berkaitan dengan kualitasnya yang sudah terjamin, tetapi juga kedudukannya telah berpengaruh dalam kemajuan lembaga pendidikan dan penelitian dunia.

1. Université PSL

Université PSL

Paris Sciences et Letters atau dikenal dengan sebutan Université PSL merupakan salah satu universitas terbaik dan terkemuka di Prancis hingga dunia.

Dilansir melalui QS World Rankings 2023, universitas yang terletak di Paris, Île-de-France, Prancis itu berhasil menduduki peringkat ke-26.

Universitas yang baru saja didirikan pada 2010 dari penggabungan 11 perusahaan, kini menjadi universitas yang mampu memimpin dunia dalam bidang sains, teknik dan teknologi, administrasi, linguistik, seni, filsafat, hingga humaniora dan sosial.

Tidak hanya itu, PSL juga telah menggaet 28 Hadiah Nobel dan 10 Medali Fields sehingga layak dinyatakan sebagai lembaga pengajaran dan penelitian paling bergengsi tinggi di dunia.

PSL dikenal sebagai universitas yang memiliki tujuan utama untuk memberikan kesempatan belajar di lingkungan yang dinamis dan terbuka dengan pendekatan multidisiplin yang mendorong kolaborasi dan kreativitas.

Saat ini, PSL memiliki beberapa fakultas dan lembaga terkemuka, seperti École Normale Supérieure, Collège de France, dan Conservatoire National Supérieur d’Art Dramatique.

Hingga kini, PSL telah memiliki koneksi kuat dengan industri dan institusi penelitian internasional sehingga mampu meningkatkan keterlibatan mahasiswanya dalam proses penelitian yang inovatif dan berdampak tinggi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dunia.

Baca juga: Kenalan dengan 5 Dialek Bahasa Prancis

2. Institut Polytechnique de Paris

Institut Polytechnique de Paris

Institut Polytechnique de Paris merupakan universitas kedua dari Prancis yang masuk dalam peringkat kedua teratas setelah Universita PSL dalam QS World University Ranking 2023.

Hal itu karena universitas ini berhasil menduduki urutan ke-48. IPP didirikan pada 2019 dan terdiri dari lima sekolah teknik terkemuka, seperti École Polytechnique, ENSTA Paris, ENSAE Paris, Télécom Paris, dan Télécom SudParis.

Lokasinya yang berada di Palaiseau, Prancis, mampu menjadi salah satu universita penelitian terbaik, baik secara nasional maupun internasional.

IPP memiliki tujuan utama untuk mengunggulkan kolaborasi dan sinergi antara institusi-institusi besar dan berkontribusi pada kemajuan teknologi dan sosial, khususnya untuk mencapai penyediaan pendidikan berkualitas tinggi dan pelayanan penelitian lintas disiplin.

Saat ini, IPP sedang menjalankan proyek Paris-Saclay bersama Universitas Paris-Saclay untuk mengembangkan klaster kampus akademik penelitian intensif dan manajemen. Proyek ini telah mengintegrasikan beberapa sekolah teknik dan pusat penelitian yang merupakan bagian dari organisasi penelitian terbaik dunia.

3. Sorbonne University

Sorbonne University

Sorbonne University merupakan universitas gabungan dari Universitas Paris-Sorbonne (Paris IV) dan Universitas Pierre-et-Marie-Curie yang didirikan pada 2018 (Paris VI).

Universitas ini terdiri dari tiga fakultas, yaitu Ia Faculté des Lettres (Fakultas Ilmu Budaya), Fakultas Sains (Ia Faculté des Sciences et Ingénierie (Fakultas Sains) dan la Faculté de Médecine (Fakultas Kedokteran). Universitas ini terletak di Paris, Prancis.

Pada 2023, Sorbonne University berhasil menduduki peringkat ke-60 berdasarkan QS World University. Selain sebagai salah satu universita terbaik di Prancis, universitas ini juga memiliki kaitan erat dengan sejarah pendirian lembaga pendidikan Sorbonne sebelumnya yang telah berusia ratusan tahun.

Konon, Sorbonne adalah salah satu pusat pendidikan dan pemikir terkemuka di Eropa. Berkaitan dengan hal itu, tidak heran apabila kedudukannya sebagai universitas berkualitas terus ditingkatkan.

Hal itu karena sudah menjadi tradisi akademik dan reputasi yang sudah diwarisi oleh lembaga-lembaga pendahulunya. Oleh sebab itu, sejarah universitas Prancis, nama Sorbonne akan terus harum sebagai simbol keunggulan akademik.

Baca juga: Sakral dan Bersejarah! Ini Makna Warna Bendera Prancis

4. Université Paris-Saclay

Université Paris-Saclay

Université Paris-Saclay merupakan salah satu universitas penelitian terbaik dari Prancis. Dilansir QS World University, universitas ini menduduki peringkat ke-69 pada 2023.

Saat ini, Universitas Paris-Saclay menjadi bagian dari proyek Paris-Saclay. Proyek tersebut dilakukan untuk pengembangan kampus penelitian intensif dan klaster bisnis di Plateau de Saclay dekat Paris, yang juga merupakan pusat utama untuk penelitian hingga pelatihan dalam klaster teknologi Paris-Saclay.

Universitas Paris-Saclay membawahi beberapa institusi terkemuka, seperti Ecole Polytechnique, Universitas Paris-Sud, Institusi Pertanian Prancis, hingga pusat penelitian yang menjadi bagian dari organisasi penelitian terbaik dunia.

Tujuannya untuk menciptakan hasil penelitian berkualitas, penuh inovasi, dan meningkatkan kompetitivitas tingkat internasional dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan, mulai dari sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, humaniora, dan ekonomi.

5. École Normale Supérieure de Lyon

École Normale Supérieure de Lyon

École Normale Supérieure de Lyon atau dikenal dengan sebutan ENS Lyon, ENSL atau Normale Sup’ Lyon, merupakan salah satu grande école –institusi-institusi pendidikan tinggi di Prancis yang berada di luar kerangka sistem universitas publik–terbaik di Prancis.

Letaknya berada tepat di kota Lyon, Prancis. ENS Lyon merupakan salah satu anggota dari Réseau des Écoles normales supérieures, yang juga termasuk École Normale Supérieure dan École Normale Supérieure yang didirikan pada 1880.

ENS Lyon juga terkenal sebagai universitas yang memiliki sistem akademik berkualitas dan bergengsi dengan sistem seleksi yang sangat ketat dan selektif di Prancis. Berdasarkan QS World University Ranking itu sendiri, pada 2023, universitas ini berhasil menududuki peringkat ke-111.

Baca juga: Adat Pernikahan Prancis, Tanpa Bridesmaid!

Belajar Bahasa Prancis Hanya di OTCA

One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai lembaga kelas kursus bahasa asing online bersertifikat terbaik di Indonesia.

Bahasa asing yang ada yakni, bahasa Jepang, Jerman, Korea, Mandarin, dan Prancis. Apalagi, kamu juga bisa konsultasi studi, karier, hingga program ke luar negeri.

Sebagai lembaga bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara, per 2023, sebanyak 17.900+ lulusan telah bergabung bersama OTCA. Diberdayai oleh 200+ tutor berpengalaman dan pernah studi dan berkarier di luar negeri juga, salah satunya Prancis.

Apa yang kamu butuhkan? OTCA punya semuanya!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!