Dialek bahasa Prancis

Kenalan dengan 5 Dialek Bahasa Prancis

Tahukah Sobat OTCA, bahwa Prancis memiliki 75 lebih bahasa yang berbeda dan 28 dialek yang berbeda di setiap kawasan di Prancis?

Prancis merupakan negara yang kaya akan sejarah, cerita, dan karya seni yang unik. Terutama beragam bahasa dan dialek yang digunakan di Prancis.

Setiap dialek dan bahasa di Prancis memiliki kisah yang berbeda-beda. Bahkan, ada bahasa yang sudah ada sebelum bahasa Prancis, loh! Kira-kira, seperti apa sih, bahasa dan dialek di Prancis?

Perbedaan Bahasa dan Dialek

Perbedaan bahasa dan dialek

Sebelum mencari tahu lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal perbedaan dulu antara bahasa dan dialek nih, Sobat OTCA.

Bahasa atau language adalah sebuah simbol dan makna abstrak yang diatur dalam aturan gramatikal, seperti kata-kata, kalimat, dan frase dalam bahasa apapun, baik itu lisan maupun tulisan.

Sedangkan, dialek adalah bahasa yang digunakan di wilayah geografis tertentu atau sekelompok orang.

Dialek dikatakan sebagai variasi lingkungan sosial di suatu kawasan yang dibedakan berdasarkan tata bahasa, pengucapan, dan kosakata. Tidak seperti bahasa atau language, dialek sering berbeda dari versi bahasa yang sudah ditetapkan.

Jadi, apa saja sih, bahasa dan dialek bahasa Prancis? Yuk, kita simak pembahasannya!

Baca juga: Roti Khas Prancis Yang Paling Digemari

Occitan

Occitan

Bahasa Occitan adalah salah satu bahasa yang digunakan di Prancis Selatan, seperti daerah Marseille, Cannes, atau Nice. Bahasa ini juga dikenal sebagai Provençal, yang memiliki 9 macam dialek lainnya, contohnya seperti Gascon, Languedoc, dan Auvergnat.

Bahasa ini juga digunakan di beberapa negara eropa lainnya, seperti Italia dan Spanyol. Bahasa Occitan biasanya juga digunakan untuk karya sastra, seperti puisi dan lirik lagu. Bahasa ini memiliki cara pengucapan dan kosakata yang berbeda, serta sudah digunakan lebih dari 1,5 juta orang.

Alsatian

Alastian

Bahasa Alsatian merupakan jenis bahasa gabungan dari bahasa perancis dan bahasa jerman. Bahasa ini ada karena terdapat sejarah Alsace, sebuah kawasan bersejarah di Prancis yang pada waktu itu juga menjadi milik Jerman pada tahun 1681.

Namun, sekarang sudah menjadi milik Prancis. Bahasa Alsatian termasuk sebagai bahasa daerah kedua yang paling banyak digunakan di Prancis. Contoh kata-kata dari bahasa Alsatian seperti:

  • S’gilt artinya bersorak-sorai
  • Ça geht’s yang artinya apa kabar

Breton

Breton

Bahasa Breton merupakan salah satu bahasa Celtic, yaitu cabang dari bahasa Indo – Eropa yang terjadi saat zaman Romawi kuno di Kepulauan Britania dan semenanjung Brittany di Prancis Barat laut.

Berdasarkan survei tahun 2018, sebanyak 73% masyarakat remaja dan sekolah-sekolah di Prancis menggunakan bahasa Breton untuk belajar dan percakapan sehari-hari.

Breton termasuk bahasa tertua di Prancis, bahkan bahasa ini ada sebelum bahasa Prancis, loh! Berdasarkan sejarah, bahasa Breton tercatat di salah satu teks tertua yang bernama Leiden Book, catatan medis, dan Oaths of Strasbourg, bahwa bahasa Breton sudah ada sejak akhir abad ke-5 dan di tahun 842.

Wah, lama sekali ya, Sobat OTCA. Contoh-contoh bahasa Breton diantaranya seperti:

  • Bijou yang berarti permata
  • Goeland yang berarti camar
  • Bara yang berarti roti

Baca juga: Tempat Bersejarah di Prancis

Corsican

Corsican

Bahasa Corsican merupakan dialek yang juga digunakan di Prancis. Namun, bahasa ini awalnya adalah dialek Italia.

Bahasa Corsican dikatakan bahasa bilingual, disebabkan gabungan dari bahasa Italia, bahasa asli Korsika (pulau di Prancis), dan bahasa Prancis sendiri.

Awalnya, bahasa ini berdiri sendiri. Namun saat ini, bahasa Corsican sudah diterapkan di sekolah dan universitas di Prancis. Sehingga, bahasa ini sudah bisa digunakan oleh semua masyarakat Prancis.

Contoh kata dari bahasa Corsican adalah “monsieur”, “madame”, “mademoiselle” untuk menyapa orang-orang di sekitarnya.

Tahitian

Tahitian

Bahasa Tahiti merupakan salah satu bahasa Prancis regional yang memiliki rumpun Austronesia, yang juga bersama dengan bahasa Malagasi dan bahasa Indonesia.

Bahasa Tahiti selalu digunakan untuk komunikasi dengan penduduk di pulau, khususnya tempat wisata di Prancis yang bernama Tahiti dan Bora-Bora, yaitu sebuah pulau di Kepulauan Society, Polinesia Prancis.

Bahasa ini sering digunakan di sekolah-sekolah daerah Tahiti, untuk kepentingan bisnis, hingga keperluan wisata. Contoh-contoh kata dari bahasa Tahitian diantaranya seperti:

  • Ia Orana (dibaca yo-rah-nah) yang berarti Hai
  • Maeva (dibaca mah-yeh-vah) yang berarti Selamat datang
  • Maururu (mah-roo-roo) yang berarti Terima kasih

Nah, itu dia beberapa bahasa dan dialek bahasa Prancis yang bisa Sobat OTCA ketahui. Sebenarnya, masih banyak loh, bahasa dan dialek yang belum disebutkan. Kira-kira, Sobat OTCA suka dialek dan bahasa yang mana, nih?

Baca juga: Rekomendasi Website Belajar Bahasa Prancis

Belajar Banyak Tentang Bahasa Prancis

Supaya nggak kebingungan terus, yuk coba belajar bahasa Prancis di OTCA!

Di program ini, Sobat OTCA akan diajarkan dari level basic sampai advance, loh! Jadi, bisa latihan terus sampai bisa bahasa Prancis, apalagi dibimbing sama Tutor Bahasa Prancis secara langsung.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!