6 Jenis Rumah Tradisional Cina yang Unik dan Bikin Penasaran

Cina merupakan negara yang kaya akan sejarah dan budayanya. Negara tersebut memiliki warisan arsitektur yang menakjubkan, termasuk berbagai macam rumah tradisional yang unik.

Dari kota-kota megah hingga pedesaan yang asri, setiap daerah di Cina memiliki rumah tradisional yang mencerminkan karakteristik budaya dan lingkungannya.

Terdapat 56 suku lokal yang ada di Cina. Membuktikan bahwa setiap suku mempunyai gaya rumah tradisional masing-masing yang sangat khas.

Bahan baku yang digunakan beragam ada yang dari kayu, batu, lumpur, dan sejenisnya. Di bawah ini beberapa rumah tradisional Cina yang kamu harus tahu.

1. Siheyuan

Siheyuan

Siheyuan adalah jenis rumah tradisional Cina Utara yang terkenal, terutama di Beijing. Siheyuan memiliki tatanan ruang yang terdiri dari satu halaman tengah yang dikelilingi oleh empat bangunan samping.

Biasanya, Siheyuan memiliki pintu gerbang besar yang menghadap ke jalan dan dikelilingi oleh dinding pembatas. Rumah-rumah ini sering diatur dalam pola empat persegi panjang, menciptakan suasana yang tenang dan privasi di dalamnya.

2. Tulou

Tulou

Tulou adalah rumah tradisional unik yang dapat ditemukan di provinsi Fujian, di wilayah tenggara Cina. Tulou adalah bangunan bundar atau persegi panjang dengan dinding tebal yang terbuat dari tanah liat dan batu.

Bangunan ini dirancang untuk melindungi penduduk dari serangan dan bencana alam. Tulou biasanya memiliki beberapa lantai dengan aula pusat yang digunakan untuk kegiatan sosial dan ritual keluarga.

3. Hakka Wei’guan

Hakka Wei'guan

Hakka Wei’guan adalah rumah tradisional Cina selanjutnya yang dibangun oleh suku Hakka, yang terutama mendiami daerah selatan Cina seperti provinsi Guangdong dan Fujian.

Rumah Hakka Wei’guan adalah struktur berbentuk bundar atau persegi panjang dengan dinding batu dan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau genteng.

Rumah ini dirancang untuk melindungi dari serangan dan mempertahankan kehangatan di musim dingin.

4. Diaolou

Diaolou

Diaolou adalah menara pertahanan yang terletak di provinsi Guangdong, di selatan Cina. Diaolou adalah bangunan tinggi dengan lantai berjumlah banyak, yang digunakan sebagai tempat tinggal dan pertahanan untuk komunitas lokal.

Bangunan rumah adat Cina ini biasanya terbuat dari batu bata dan memiliki gaya arsitektur campuran, dengan pengaruh Tiongkok, Barat, dan Timur Tengah.

Diaolou menjadi simbol kekayaan dan status sosial bagi keluarga yang membangunnya.

5. Ganlan-style

Ganlan-style

Ganlan-style adalah jenis rumah tradisional Cina yang ditemukan di suku minoritas Dai di provinsi Yunnan, di barat daya Cina.

Rumah-rumah ini dibangun di atas tiang kayu yang tinggi, dengan atap yang curam dan membentang ke bawah hingga hampir menyentuh tanah.

Gaya arsitekturnya memiliki ruang tamu terbuka di bawah atap, yang digunakan untuk kegiatan sosial dan ritual.

6. Bamboo House of Wa Ethnic

Bamboo House of Wa Ethnic

Salah satu jenis rumah adat Cina yang terakhir berasal dari suku minoritas Wa di daerah perbatasan Cina, Myanmar, dan Thailand.

Rumah-rumah ini dibangun dengan menggunakan bambu sebagai bahan utama konstruksi. Memiliki karakteristik yang khas.

Pada umumnya berbentuk panggung, dengan tiang-tiang bambu yang kuat sebagai dasar yang ditanam ke dalam tanah. Lantai rumah terbuat dari bambu yang disusun secara rapat dan diikat erat.

Dinding rumah terbuat dari anyaman bambu yang kuat, sementara atapnya menggunakan daun-daun kelapa kering atau jerami sebagai penutup.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!