Rahasia awet muda orang China

7 Rahasia Awet Muda Orang China yang Patut Kamu Tiru

Umur hanyalah angka, tetapi menjaga penampilan agar awet muda adalah suatu hal yang ingin dilakukan setiap orang.

Meskipun umur bertambah dengan berjalannya waktu, keriput di wajah akan bertambah, noda hitam hingga tanda penuaan lainnya ikut bermunculan menyebabkan orang-orang berusaha sangat keras untuk terlihat awet muda.

Langkah utama yang paling penting dengan menjaga kesehatan. Jika kondisi psikis sehat maka organ fisik ikut mendukung daya stimulus yang dikirimkan dari otak untuk terus bugar dan awet muda.

Melihat orang China mempunyai kulit yang mulus, bersih, dan terjaga tidak lepas dari jenis makanan dan minuman apa saja yang mereka konsumsi.

Mengatur pola makan serta memperhatikan berbagai macam produk yang dipakai adalah satu di antara sekian cara yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa rahasia awet muda orang China.

1. Refleksi Wajah

Refleksi wajah

Refleksi wajah menjadi rahasia awet muda orang China yang pertama. Pijat wajah dapat menjadi bagian yang menyenangkan dalam rutinitas perawatan kulit.

Meskipun tidak secara langsung dapat mengubah kekencangan kulit, tetapi pijatan dapat membantu merangsang sirkulasi darah, meningkatkan aliran nutrisi ke kulit, dan meredakan ketegangan otot wajah.

Ini dapat memberikan manfaat dalam jangka pendek, seperti memberikan kulit wajah yang lebih bercahaya dan sehat, serta memberikan relaksasi yang menyenangkan.

Teknik ini biasa dilakukan oleh wanita-wanita di China agar menggunakan roller wajah ataupun alat pemijat wajah lainnya.

2. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Konsumsi makanan yang sehat

Atur pola makan sedemikian rupa untuk merawat kulit mudamu, disebabkan makanan zaman sekarang banyak mengandung bahan kimia yang tidak sehat seperti pewarna, pemanis buatan, minyak curah yang sudah digunakan berkali-kali dan lainnya.

Kulit membutuhkan asupan nutrisi yang beragam mulai dari sayuran, buah-buahan, mineral, serta kacang-kacangan. Berikut macam-macam makanan yang dapat membantu menunda penuaan.

  • Buah-buahan: Buah-buahan seperti beri, jeruk, kiwi, dan anggur kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat. Antioksidan membantu melawan kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, sedangkan vitamin C mempromosikan produksi kolagen untuk menjaga kekencangan kulit.
  • Sayuran hijau gelap: Bayam, kale, brokoli, dan kangkung mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, E, dan mineral seperti zat besi. Nutrisi ini membantu menjaga kelembaban kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan merangsang produksi kolagen.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian: Almond, kenari, biji labu, dan biji chia mengandung vitamin E, selenium, dan antioksidan lainnya. Vitamin E membantu menjaga kulit tetap lembab dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

3. Aktivitas Olahraga

Rutin berolahraga

Rahasia awet muda orang China berikutnya adalah rajin berolahraga. Bagaimana kadar otot orang yang tidak pernah berolahraga?

Kebanyakan orang yang tidak senang beraktivitas fisik tubuh mereka akan kekurangan masa otot, hasilnya banyak bagian seperti betis, lengan atas, dan paha mengalami kekenduran.

Faktor tersebut bukan karena memiliki berat badan yang lebih tetapi karena kurangnya berolahraga sehingga banyak lemak menumpuk di area tertentu.

Para lansia masa kini banyak yang senang berolahraga ringan, seperti bersepeda, senam dan yoga, mereka tetap fit walaupun usia tak muda lagi. Melakukan peregangan ringan akan berdampak pada kekencangan kulit jika diteruskan secara continue.

4. Minum Air Yang Cukup

Minum air putih

Menurut kesehatan, tubuh manusia dalam sehari menampung setidaknya 8 gelas air mineral agar tidak dehidrasi serta menjaga keseimbangan tubuh.

Kita tidak sama dengan hewan unta yang mampu minum hingga berliter-liter air kemudian menampungnya dalam tubuh dengan maksud berjaga-jaga ketika haus.

Manfaat air bagi metabolisme tubuh serta awet muda adalah:

  • Elastisitas kulit: Air membantu menjaga elastisitas kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung lebih kenyal dan kencang. Ketika kulit kehilangan banyak air, elastisitasnya berkurang, dan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan kehilangan kekencangan mungkin lebih terlihat.
  • Pembuangan racun: Air membantu membuang racun dan limbah dari dalam tubuh melalui proses metabolisme dan sistem ekskresi. Ketika racun terakumulasi dalam tubuh, itu dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan peradangan serta masalah kulit lainnya.

5. Gunakan Bahan Herbal

Bahan herbal di China

Terkenal akan herbalnya negara China banyak menemukan temuan alami yang begitu berperan di dunia kesehatan, salep, resep, ramuan, masakan yang dirancang oleh spesialis herbal China sudah terkenal ke berbagai manca negara.

Faktanya ramuan herbal dijaga turun temurun dari dinasti zaman kuno.

Maka dari itu herbal kecantikan di China juga sering dipakai oleh masyarakatnya sendiri, selain karena sehat dan alami, manfaat yang terkandung dalam herba tidak dapat diragukan lagi, banyak zat alamiah yang diambil untuk produk kecantikan maupun penuaan.

6. Minum Teh

Teh

Minum teh yang dimaksud pada langkah berikutnya bukan semata hanya teh kemasan.

Tetapi, beberapa jenis teh diantaranya, teh hijau, teh melati, dan teh merah dengan goji menjadi pilihan wanita China. Biasanya mereka tidak menggunakan gula ketika menyeduhnya.

7. Atur Istirahat

Istirahat yang cukup

Rahasia awet muda orang China yang terakhir ialah pandai-pandai dalam mengatur waktu atau jam istirahat.

Kebiasaan buruk kita yang menyebabkan tidak awet muda adalah waktu tidur yang cukup berantakan. Orang dewasa memakan waktu dalam sehari sekitar 6 hingga 7 jam untuk istirahat dengan tenang.

Semakin membiasakan diri dengan tidur yang teratur saat malam hari dan bangu pada pagi harinya kondisi tubuh akan bugar, sehat, dan mengurangi kelelahan yang berlebihan.

Sudahkah Kamu Meniru Trik di Atas agar Tetap Awet Muda Ala Orang China?

Rahasia awet muda orang China di atas bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjaga kulit agar kencang dan memiliki tingkat kelembaban yang pas merupakan salah satu bentuk agar kita bisa menghargai tubuh kita.

Rahasia awet muda khas orang China seperti minum teh tanpa gula, konsumsi makanan bergizi, memijat wajah, hingga menggunakan produk herbal akan membantu apabila dilakukan secara terus menerus.

Di China terdapat macam-macam herbal dan jenis teh yang bisa kamu pelajari komposisinya dan mencari tahu alasan mengapa kebanyakan orang China sering awet muda padahal usia mereka diatas 50 tahun.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!