Kota Terlarang di Beijing China

5 Fakta Unik Kota Terlarang di Beijing China yang Kerap Dikenal Angker

Halo Sobat OTCA, kita berjumpa lagi ya! Ada yang sudah pernah mendengar bangunan bersejarah di Cina yaitu “Forbidden City

Kalau belum, yuk mari kita simak keunikan bangunan ini! Forbidden City atau yang dikenal dengan sebutan kota terlarang adalah sebuah bangunan bersejarah yang ada di Cina tepatnya di Beijing.

Beijing merupakan salah satu kota terpadat di dunia ini. Kota ini adalah pusat politik, budaya, pendidikan, dan militer.

Saat merujuk ke kota kuno Beijing, gambaran Kota Terlarang akan muncul di benak kita adalah Forbidden City. Forbidden City bukan merupakan sebuah kota tetapi kawasan yang berukuran besar dengan dilengkapi dinding merah dan genteng berlapis kuning.

1. Istana Sekaligus Museum Terluas

Istana sebagai museum terluas

Fakta unik Kota Terlarang di Beijing China ini selama 500 tahun mulai tahun 1420, Kota Terlarang digunakan oleh keluarga dan pejabat kekaisaran.

Area ini adalah sebuah kompleks istana peninggalan kekaisaran Tiongkok selama periode Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Kota Terlarang adalah terjemahan dari kata lokal “Zijincheng” yang berarti “Kota Terlarang Ungu”.

2. Dinobatkan Sebagai Istana Terbesar di Dunia

Istana terbesar di dunia

Situs ini adalah museum raksasa yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota Terlarang di Beijing China dibangun pada tahun 1406.

Guinness Book of World Records mencatat Forbidden City sebagai “istana terbesar di dunia”, dengan luas lantai 150.001 m2 (1.614.600 kaki persegi) dan sekitar 9.000 kamar.

3. Asal-muasal Disebut Kota Terlarang di Beijing China

Asal-muasal Kota Terlarang

Pembangunan istana ini memang ditujukan untuk keluarga bangsawan seperti permaisuri, kaisar, selir, dan penghuni istana pada masa dinasti tertentu.

Masyarakat biasa tidak diperkenankan memasuki wilayah tersebut bahkan dilarang keras untuk masyarakat umum.

4. Bangunan yang Arsitektur Berseni Tinggi

Kota Terlarang dengan nilai seni arsitektur tinggi

Setiap bangunan-bangunan bersejarah tentunya memiliki keunikan masing-masing seperti jika di Indonesia ada Candi Borobudur yang memiliki ukiran-ukiran peninggalan kerajaan bercorak agama Buddha.

Begitu juga dengan Forbidden City yang memiliki banyak corak bahkan ukiran yang meggambarkan budaya masyarakat Cina seperti adanya tiang-tiang warna emas yang melambangkan kejayaan.

Ukiran naga yang menggambarkan jiwa yang pemberani, dan burung Phoenix yang menggambarkan Phoenix yang tidak diperkenankan ikut campur dalam urusan kerajaan.

5. Menjadi Tempat Wisata yang Cukup Banyak Dikunjungi

Kota Terlarang sebagai destinasi wisata

Yang terakhir mengenai fakta unik Kota Terlarang di Beijing China dengan banyaknya sejarah dan keistimewaan dari Forbidden City ini menyebabkan bangunan ini menjadi salah satu tempat wisata yakni museum yang sangat ingin dikunjungi oleh siapa saja bahkan bukan untuk orang-orang Cina bahkan memikat minat turis mancanegara.

Museum atau Istana ini dibuka setiap hari kecuali hari senin dan hari libur nasional di Cina dengan jumlah pengunjung yang dibatasi dan tiket berkunjung ke Forbidden City tidak dijual di tempat dan kamu harus membeli secara online.

Untuk menghindari keramaian, kamu dapat mengunjungi saat pagi hari ataupun selama musim dingin.

Tertarik Kepoin Lebih Jauh dengan Forbidden City?

Gimana? Apakah kamu sudah tertarik untuk berwisata ke Forbidden City? Tentunya, kalau ingin berkunjung ke Kota Terlarang di Beijing CHina, kamu harus mengetahui bahasa Mandarin supaya kamu tidak tersesat dan dapat berkomunikasi dengan masyarakat lokal.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!