Hal yang perlu diperhatikan di China

5 Hal yang Perlu Diperhatikan di China Sebelum Kamu Berkunjung ke Sana

Ketika travelling ke suatu tempat tentu yang menjadi kendala utama adalah bahasanya, apalagi jika bepergian ke kota atau negara yang di mana berbeda dari segi bahasa, budaya, hingga culture.

Kita perlu beradaptasi beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Kalimat culture shock merupakan perumpamaan yang cocok bagi orang yang mengalami kesulitan menyesuaikan diri dalam waktu cepat dengan lingkungan barunya.

Perasaan cemas, takut, bingung, serta tidak nyaman sebenarnya adalah hal yang wajar apabila kita berada di suatu tempat yang asing bersama orang-orang yang bahkan bahasanya pun tidak dapat dipahami secara cepat.

Begitu pula saat mencoba travelling ke negara China, terdapat ragam budaya yang akan memikat mata sekaligus membuat hati merasa tegang karena sebuah ketidaksamaan cara berkomunikasi.

Untuk mengurangi rasa panik, bingung, dan cemas ada beberapa hal perlu diperhatikan di China saat kamu ingin berkunjung ke sana.

1. Mempelajari Bahasa China

Mempelajari bahasa China

Kendala pertama yaitu bahasa, bagi wisatawan yang hendak pergi ke China bahasa merupakan masalah yang cukup serius karena warga lokal banyak yang tidak menguasai bahasa inggris.

Pelajari kosakata sederhana yang sekiranya akan dipakai sebagai alat komunikasi. Seperti, “di mana”, “bagaimana”, “harga”, “arah jalan”.

Perhatikan juga di mana tempatmu menginap, pilihlah hotel yang memiliki staf dengan kemampuan berbahasa Inggris agar bisa membantumu dalam berkomunikasi.

2. Perhatikan Ketika Membeli Sesuatu

Belanja di China

Rutinitas sebagai turis di negeri orang membeli produk khas negara yang kita kunjungi adalah suatu kewajiban sebagai bahan cinderamata saat kembali. Namun, sebagai warga pendatang kita tidak boleh lalai hanya karena barang bagus atau murah.

Cek kembali ketika ingin mengambil barang dengan memastikan kecacatan, garansi, tanggal kadaluarsa jika itu makanan atau minuman, kelengkapan produk, dan ingredients-nya.

Sebagai pendatang kamu harus pandai men-sortir apa saja yang akan dibawa dan dijadikan oleh-oleh, kita tidak tahu bagaimana kebijakan setiap toko di negara China apakah bisa melakukan refund jika barang cacat atau tidak.

3. Makanan

Makanan di China

Jika kamu memiliki alergi maupun pantangan lain yang tidak boleh ada dalam makanan atau minuman mu sebaiknya sebelum pergi ke China lakukan observasi melalui internet terlebih dahulu untuk mencari tahu restoran mana saja yang dapat menyesuaikan dengan tubuhmu.

Masalah harga makanan juga menjadi bahan pertimbangan, tujuannya memotong pengeluaran yang berlebihan apabila ingin tetap berhemat ketika sedang travelling.

Jangan lupa untuk selalu bertanya kepada karyawan di tempat makan yang kamu kunjungi untuk mengkonfirmasi bahan-bahan terkandung pada makanan ataupun minuman.

4. Akses Internet

Internet di China

Nah, tips berikutnya adalah jaringan internet yang aman dan stabil. Untuk menjaga komunikasi dengan sanak saudara, teman, dan orang lain yang berada diluar jangkauan kamu ketika sedang traveling ke China salah satunya adalah dengan via internet.

Di luar negeri akses internet cukup sulit agar dapat disesuaikan dengan kartu perdana yang kita miliki.

Ada dua pilihan yang dapat digunakan untuk mengakses internet, pertama membeli kartu perdana yang dipergunakan oleh masyarakat setempat seperti China Unicom dengan mengaktifkan VPN agar kamu bisa mengakses situs-situs yang diblokir oleh China tetapi tidak di Indonesia.

Kedua, mengubah paket data biasa menjadi roaming sebelum melakukan pemberangkatan ke China. Tarif yang dikenakan pun berbeda-beda tergantung dari provider yang kita gunakan.

5. Cuaca

Cuaca di China

Negara China memiliki empat musim dalam setiap tahunnya, waktu yang tepat ketika ingin berkunjung kesana ialah di musim gugur.

Sebab, ada perayaan menyambut musim semi yang diselenggarakan secara meriah, hal itu akan menguntungkan pendatang karena membawa banyak benefit diantaranya, makanan beragam, pameran budaya yang dapat dinikmati secara langsung, lebih mengenal negara China dan lain sebagainya.

Hindari saat tiba musim dingin dan hujan. Musim tersebut cukup rawan untuk bepergian. Cuaca sulit diprediksi dan berbahaya apalagi jika jalan licin, tertutup salju, serta membuat kondisi tubuh tidak fit.

Banyak destinasi, transportasi, dan tempat wisata lainnya ditutup akibat cuaca buruk. Akhirnya kamu tidak dapat menikmati dengan puas selama liburan berlangsung.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!