Fakta unik panda

7 Fakta Unik Panda, Hewan Imut nan Menggemaskan

Hewan menggemaskan asal China ini ternyata sudah memikat hati banyak manusia di penjuru bumi.

Bahkan kabarnya hewan yang menjadi icon utama dalam film Kung-fu Panda sempat mengalami kepunahan atau krisis habitat sebelum tahun 2016.

Habitat asli panda adalah hutan bambu yang terletak di pegunungan China tengah. Mereka sangat tergantung pada keberadaan hutan bambu untuk kehidupan dan makanannya.

Namun, habitat alami mereka semakin terancam akibat deforestasi, perubahan iklim, dan konversi lahan menjadi perkebunan atau pemukiman manusia.

Untuk melindungi populasi panda, berbagai upaya konservasi telah dilakukan. Salah satu upaya tersebut adalah pendirian taman-taman nasional di daerah pegunungan China, seperti Taman Nasional Wolong.

Taman-taman ini dilengkapi dengan fasilitas untuk pemulihan, pengembangbiakan, dan perlindungan panda.

Pemerintah China juga telah memperketat hukum dan mengambil tindakan tegas terhadap perburuan dan perdagangan panda secara ilegal. Selain itu, kampanye kesadaran telah diluncurkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perlindungan panda dan habitat alaminya.

Dibalik fakta yang cukup memilukan ada hal-hal unik seputar hewan mamalia yang berasal dari China tersebut. Berikut beberapa fakta unik panda yang harus kamu tahu.

1. Sistem Pencernaan Karnivora

Panda karnivora

Fakta unik panda yang pertama walaupun memakan tumbuhan, panda mempunyai sistem pencernaan seperti hewan karnivora. Disebabkan dirinya masih satu keluarga dengan beruang yang membuat panda mampu memakan sebanyak 38 kg bambu per harinya.

2. Panda Tidak Pernah Meraung

Panda tidak pernah meraung

Hanya panda yang tidak meraung sama sekali, semua kerabatnya yaitu beruang meraung. Panda menghasilkan sekitar 13 suara seperti: menggonggong, mengklakson, menggeram dan masih banyak lainnya kecuali menggeram.

3. Cakar Panda Jumlahnya Ganjil

Cakaran panda

Jemari panda biasanya berjumlah 5 dengan cakar kuat untuk mencengkeram makanannya yang berupa bambu. Selain bambu panda juga memakan serangga serta telur.

4. Dapat Menyerang Manusia

Panda bisa menyerang manusia

Pada hakikatnya panda tetaplah hewan buas yang memiliki insting berburu dan agresif. Sebagai hewan mereka tidak suka diganggu dan merasa terancam jika ada manusia yang senang mengusili mereka.

Meskipun terlihat baik, lugu dan menggemaskan panda tetaplah hewan pemilik taring yang perlu diwaspadai ketika ingin berinteraksi dengannya.

5. Tumbuh Hingga Bobot 150 Kg

Panda yang besar

Dalam bahasa Inggris panda dijuluki sebagai “Giant”. Pasalnya mereka dapat terus membesar hingga bobot 150 kg dan tinggi 150 cm. Apalagi pejantan akan lebih berat massa tubuhnya dibandingkan dengan betina.

6. Kelopak Mata yang Unik

Kelopak mata panda

Fakta unik panda selanjutnya memiliki kelopak mata yang khusus dan unik yang dapat disegel sepenuhnya untuk melindungi mata mereka dari serpihan bambu saat mereka makan.

Hal ini karena bambu memiliki serat yang keras dan tajam yang dapat merusak mata panda jika terkena secara langsung. Selama proses mengunyah ini, serpihan bambu bisa saja terlepas dan terlempar ke arah mata panda.

Namun, kelopak mata panda yang fleksibel dan berbentuk cekung memungkinkan mereka untuk menutup mata mereka secara penuh.

7. Panda Sempat Hampir Punah

Panda sempat hampir punah

Fakta unik panda yang terakhir, panda sempat mengalami kepunahan pada tahun 2016. Dengan permasalahan yang sempat membuat khalayak ramai khawatir pemerintah China langsung mengambil tindakan cepat untuk menanggulangi persoalan tersebut.

Ternyata apa yang dilakukan oleh pemerintah China membuahkan hasil yang memuaskan. Meskipun tidak dapat dilakukan dalam kurun waktu dekat, populasi panda cukup meningkat secara signifikan semenjak tahun 2017 hingga saat ini.

Fakta unik panda menjadi alasan mengapa mereka begitu diminati oleh banyak orang.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!