Diabetes di China

Kasus Diabetes di China Makin Meningkat, Posisi 1 Penderita Terbanyak di Dunia

Menurut American Diabetes Association (ADA), diabetes mellitus adalah kelompok penyakit metabolisme yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi (hiperglikemia) akibat ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin secara efektif.

Gejala awal penderita diabetes bisa ditandai dengan frekuensi buang air kecil meningkat dan rasa haus yang berlebihan. Tanda-tanda tersebut sering kali ditemukan oleh orang yang mengidap diabetes.

Terlebih jika sudah mempunyai bibit penyakit sedari dini seperti keturunan. Perlu diwaspadai ketika ingin mengkonsumsi makanan maupun minuman.

Kasus Diabetes di China Sudah Begitu Marak

Kasus diabetes di China

Di seluruh dunia kasus diabetes sangat marak apalagi pecinta makanan manis dan junkfood, produk minuman seperti soda juga banyak mengandung gula.

Negara China menempati posisi pertama penderita diabetes di seluruh dunia. Kasusnya mencapai 140,9 juta pada tahun 2021.

Para pakar China setuju bahwa gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat menyebabkan tingginya angka diabetes. Hampir dua pertiga pasien diabetes di negara China tidak menyadari bahwa mereka sudah terkena diabetes.

Efeknya pengobatan terhambat mengakibatkan timbul komplikasi penyakit lain yang lebih kronis.

Pemerintah China memunculkan suatu kebijakan baru untuk memangkas setidaknya 70 persen pengidap diabetes dengan cara merilis cetak biru China 2030 di tahun 2016.

Tujuan dokumen tersebut untuk mengatasi penyakit diabetes serta meningkatkan efektifitas pencegahan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menggunakan produk dan makanan yang mereka konsumsi.

Tips Antisipasi Penyakit Diabetes

Konsumsi makanan yang sehat

Kasus di atas membuktikan bahwa ketidakpedulian kita terhadap diri sendiri hanya akan membawa dampak yang lebih buruk. Adapun artikel di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara mencegah penyakit diabetes:

  1. Pilih pola makan sehat: Konsumsi makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, seperti ikan dan kacang-kacangan. Batasi konsumsi makanan tinggi gula, makanan olahan, dan makanan berlemak jenuh.
  2. Pertahankan berat badan ideal: Usahakan untuk mencapai berat badan yang sehat sesuai dengan tinggi dan usia Anda. Jika berlebih, upayakan untuk mengurangi berat badan dengan kombinasi pola makan sehat dan olahraga teratur.
  3. Rutin berolahraga: Lakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau latihan lainnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik ringan hingga sedang dalam seminggu.
  4. Hindari merokok: Merokok dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan juga meningkatkan risiko penyakit lain seperti penyakit jantung dan kanker.
  5. Batasi konsumsi alkohol: Cara terakhir berikutnya kurangi minum alkohol, lakukan dengan benar dan dalam batas yang direkomendasikan. Pria sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 2 minuman alkohol dalam sehari, sedangkan wanita sebaiknya tidak lebih dari 1 minuman alkohol dalam sehari.

Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa, pada era masa kini banyak remaja yang sudah terkena diabetes sekalipun mereka masih pelajar. Makanan seperti junk food, soda, jajanan pinggir jalan dan barang-barang yang dipakai tubuh tidak jelas kandungan komposisinya sebaiknya dihindari.

Penyakit kronis menyerang tidak pandang usia, salah satunya diabetes. Di China sebab awal menempati posisi pertama penderita diabetes di seluruh dunia karena masyarakatnya yang tidak terlalu memperhatikan kesehatan dan makanan yang dikonsumsi.

Alhasil sebanyak 140,9 kasus diperoleh oleh negara China pada tahun 2021.

Pencegahan pun dilakukan oleh para pakar, dengan meluncurkan cetak biru China tahun 2030. Tujuannya jelas agar angka yang tadinya melambung tinggi dapat berkurang hingga 70 persen.

Sebagai generasi masa kini penyakit kronis seperti penjelasan di atas tidak boleh membuat kita lengah akan kesehatan diri. Aktivitas yang seharusnya bisa dilakukan oleh kawula muda malah terhambat akibat penyakit diabetes.

Kamu bisa terus beraktivitas seperti biasa dengan terus memperhatikan kesehatan, makanan, minuman, serta pola hidup. Informasi tentang China juga dapat kamu akses di OTCA.

Terus lakukan kegiatan positif seperti membaca untuk kehidupanmu yang lebih sehat.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!