Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Korea, Ada Apa Saja Sih?

Halo semua! Siapa disini yang masih SMA? Waahh, sekarang waktunya untuk mempersiapkan ke jenjang berikutnya nih ya. Pastinya bakal banyak jenis ujian yang bakal kalian lewati sesuai tujuan kalian nih temen temen. Nah, untuk kalian yang ingin mengenal ujian untuk masuk perguruan tinggi di Korea, yuk, kita simak yang di bawah ini ya!

Di Korea Selatan, terdapat beberapa jenis ujian masuk universitas yang digunakan oleh berbagai perguruan tinggi, di antaranya:

College Scholastic Ability Test (CSAT) 
Pasti ujian yang satu ini kita pernah denger dari beberapa media niih ya. Nah, jadi CSAT merupakan jenis ujian masuk universitas yang paling umum di Korea Selatan. Ujian ini diselenggarakan setiap tahun pada bulan November, dan berisi tes untuk mata pelajaran seperti matematika, bahasa Inggris, bahasa Korea, dan ilmu sosial.

Specialized Ability Test (SAT) 
Selanjutnya, terdapat SAT. SAT adalah jenis ujian masuk universitas yang diadakan oleh beberapa perguruan tinggi yang menawarkan program pendidikan khusus, seperti seni atau olahraga. Ujian ini mengevaluasi kemampuan khusus calon mahasiswa yang berhubungan dengan program studi tertentu.

Korean Language Proficiency Test (KLPT) 
KLPT adalah jenis ujian yang menguji kemampuan bahasa Korea bagi calon mahasiswa internasional yang ingin belajar di Korea Selatan. Ujian ini terdiri dari tes keterampilan bahasa Korea dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. 

Graduate Record Examination (GRE) 
GRE adalah jenis ujian masuk universitas yang umumnya digunakan untuk program pascasarjana. Ujian ini mengevaluasi kemampuan akademik secara umum, termasuk kemampuan verbal, kuantitatif, dan analitik.

Graduate Management Admission Test (GMAT) 
GMAT adalah jenis ujian masuk universitas yang umumnya digunakan untuk program pascasarjana bisnis dan manajemen. Ujian ini mengevaluasi kemampuan akademik dan keterampilan berpikir dalam mengelola bisnis dan manajemen.

Nah, setiap perguruan tinggi mungkin memiliki persyaratan dan jenis ujian masuk yang berbeda-beda, jadi sebaiknya kalian, calon mahasiswa melakukan pengecekan pada perguruan tinggi yang dituju untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jenis ujian masuk yang diperlukan ya.

Buat kamu yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di Korea tapi masih terhambat dalam bahasa, jangan panik ya. Disini ada OTCA yang siap membantu kamu nih temen temen. Kamu bakal diajarin oleh tutor yang berpengalaman dan pastinya seru loh! Jadi, tunggu apalagi? Yuk, gabung di kelas Bahasa Korea OTCA sekarang!

Yuk Persiapkan Bahasa Koreamu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Korea Klik Link Dibawah

Loading...
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!