Syarat G to G Korea Selatan

5 Syarat G to G Korea Selatan yang Wajib Dipenuhi

Apakah kamu tertarik dengan program G to G Korea Selatan? Sudah tahu apa saja syarat G to G Korea Selatan?

Jika belum, mari simak dan ketahui bersama, agar pemberkasan dari awal sampai akhir tidak mengalami kendala.

Program ini terbilang cukup bonafide. Karena, kerja sama langsung antara pemerintah sebagai hubungan bilateral, dan bukan dari kalangan swasta.

Terlebih, banyak peminatnya untuk Korea Selatan. Salah satu yang menjadi alasan adalah gaji yang tinggi. Lantas, apa saja syarat G to G Korea Selatan tersebut?

Syarat G to G Korea Selatan

Bekerja di Korea Selatan

Sebelum memulai mendaftar, tentu kamu harus tahu mengenai persyaratan G to G Korea Selatan. Hal ini dilakukan agar tidak ada berkas yang kurang.

Program ini tidak memerlukan persyaratan yang berbelit. Hanya saja, tentu butuh niat dan tekad yang kuat agar segera bisa bekerja di Korea Selatan.

Dihimpun dari berbagai macam informasi valid dan resmi, terutama dari Kirana Ssaem (Korean Tutor Lead OTCA), berikut syarat yang harus disiapkan.

1. Berusia 18 – 39 Tahun saat Mendaftar

Syarat G to G Korea Selatan yang pertama tentu adalah usia produktif. Usia yang ditentukan antara 18 hingga 39 tahun untuk bisa mendaftar.

Syarat tersebut mutlak. Karena, syarat itu merupakan usia produktif seseorang yang masih sehat dan sanggup untuk bekerja dengan maksimal.

Ibaratnya, masih tahan banting dan memiliki daya juang yang tinggi. Sehingga, tidak akan membebani perusahaan tempat G to G Korea Selatan.

2. Pendidikan Minimal SMP / Sederajat

Persyaratan lain yang istimewa pada program ini adalah jenjang pendidikan tidak terlalu tinggi. Bahkan, lulusan SMP juga bisa ikut mendaftar.

Namun, memang yang tetap diutamakan adalah lulusan SMA / SMK / Sederajat, karena dinilai lebih matang.

Karena pendidikan minimal adalah SMP, maka bukan tidak mungkin juga lulusan jenjang perguruan tinggi bisa mendaftarnya. Seperti, jenjang D3, D4, maupun S1.

3. Sehat Jasmani dan Rohani

Sehat jasmani dan rohani dalam persyaratan G to G Korea Selatan bisa terbilang cukup banyak. Hal ini yang perlu di-notice. Poinnya, seperti:

  • Tidak buta warna parsial maupun total (dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter)
  • Tidak mempunyai cacat jari maupun amputasi
  • Tidak memiliki riwayat penyakit TBC, Hepatitis, dan Syphilis

Hal tersebut seperti yang tertuang dari laman resmi pemerintah melalui BP2MI.

4. Tidak sedang Dicekal Bepergian ke Luar Negeri

Selain sehat jasmani dan rohani, aktivitas bepergian juga menjadi perhatian. Peserta harus tidak bermasalah dengan proses imigrasinya.

Beberapa syarat yang harus dipastikan, seperti:

  • Tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri
  • Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat
  • Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah Korea Selatan

5. Memiliki Sertifikasi Ujian EPS-TOPIK

Yang terakhir, persyaratan G to G Korea Selatan yang terpenting adalah lulus sertifikasi bahasa yang diakui, yakni EPS-TOPIK.

EPS-TOPIK ini singkatan dari Employment Permit SystemTest of Proficiency in Korea, yang berarti kemampuan kamu dalam mengerti dan memahami bahasa Korea.

Mengapa penting? Karena keseharian kamu di sana akan berinteraksi dan berkomunikasi dalam bahasa Korea secara full, bukan bahasa Indonesia.

Untuk meraih sertifikasi ini bukan hal yang main-main, butuh persiapan yang matang. Jika di kota atau tempat kamu tidak ada lembaga kursus kelas bahasa Korea, kamu bisa coba melalui OTCA.

OTCA memiliki tawaran khusus bagi kamu untuk persiapan ujian sertifikasi EPS-TOPIK. Di OTCA, kamu akan mendapatkan kursus kelas belajar bahasa Korea online bersertifikat, sebagai persiapan untuk menghadapi ujian EPS-TOPIK.

OTCA (One Third Consulting and Abroad) berbadan hukum PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara yang telah meluluskan 18.000+ siswa kelas bahasa asing (data per tahun 2023).

Yang paling menarik dari OTCA, kamu bisa belajar online secara fleksibel. Di sisi lain, bisa konsultasi dengan Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier ke Korea Selatan) terkait program G to G Korea Selatan.

Sehingga, pandanganmu jadi jauh lebih terbuka terkait program ini. Bahkan, tahu apa saja hal yang perlu dilakukan dan pertimbangannya secara matang.

Persiapkan Ujian EPS-TOPIK Sebaik Mungkin (Tawaran Khusus dari OTCA)

Ujian TOPIK

Perlu diperhatikan secara lebih lanjut, pelaksanaan ujian untuk G to G Korea Selatan ada 2 macam tahapan, yakni:

Jenis UjianKeterangan
Ujian tahap pertama, yakni EPS-TOPIKSkor minimal 110 poin dan hanya yang lulus ujian ini yang bisa mengikuti tahap ujian kedua
Ujian tahap kedua, yakni Skill TestPemeriksaan tinggi badan, berat badan, dan buta warna

Nantinya, keberhasilan peserta bergantung dari hasil. Hasil yang didapatkan adalah gabungan dari ujian pertama dan ujian kedua dengan tahapan yang dipilih skor tertinggi.

Informasi akan diumumkan melalui laman resmi BP2MI.

Dari proses di atas, bahwasannya penting untuk ujian EPS-TOPIK itu sendiri. Beberapa alasannya, seperti:

  • Ujian EPS-TOPIK adalah tahap paling awal, jika tidak lulus tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya
  • Semua berkas dan persyaratan akan sia-sia, jika tidak mampu berbahasa Korea yang dibuktikan dalam ujian EPS-TOPIK

Jika memang kamu sedang mendesak dan ingin segera bisa belajar bahasa Korea online bersertifikat untuk meraih EPS-TOPIK dengan maksimal, apalagi waktu dan tempat yang terbatas, kamu bisa coba penawaran dari OTCA.

Penawaran dari OTCA ini sebagai bentuk persiapan G to G Korea Selatan untuk belajar bahasa Korea Selatan dari pemula hingga benar-benar mahir.

Jangan pernah sepelekan ujian EPS-TOPIK. Karena, ujian tersebut adalah tahap awal atau yang bisa dikatakan sebagai gerbang untuk proses selanjutnya. Hanya ada 2 kemungkinan dari hasil ujian EPS-TOPIK tersebut:

  • Jika lulus, akan lanjut ke tahapan yang selanjutnya (karena persiapanmu sudah matang mengenai bahasa Korea)
  • Bisa jadi tidak lulus, prosesmu akan sia-sia dan melelahkan tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya (karena persiapanmu kurang matang dan harus menunggu batch yang selanjutnya cukup lama)

Persiapan untuk ujian EPS-TOPIK ini sendiri bisa kamu dapatkan dengan private bersama dengan OTCA.

Kamu sendiri bisa klaim diskon atau promo belajar bahasa Korea di OTCA. Promo terbatas setiap bulannya, agar setiap kelas tidak terlalu banyak peserta. Klaim promo ada di bagian bawah artikel.

Baca juga:

Persiapkan Semuanya dan yang Terpenting adalah Sertifikasi EPS-TOPIK!

Mengetahui mengenai apa itu pengertian G to G Korea Selatan di atas, ada begitu banyak hal yang harus disiapkan dari sekarang.

Salah satu yang terpenting adalah sertifikasi EPS-TOPIK. Hal ini penting, karena saat berada di Korea Selatan, kamu akan full berbahasa Korea Selatan.

Sementara itu, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara bisa melatih kemampuanmu berbahasa Korea untuk persiapan EPS-TOPIK. Kamu bahkan bisa private!

Klaim Diskon Belajar Bahasa Korea Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu mendapatkan klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk mengikuti belajar bahasa Korea. Lebih dari 18.000 lulusan (data per 2023) bahagia bergabung dengan OTCA. Amankan seat, terbatas tiap bulannya!

benefit istimewa yang kamu raih saat ikut kursus kelas belajar bahasa Korea online bersertifikat di OTCA:

  1. Sebagai persiapan ujian sertifikasi EPS-TOPIK maupun TOPIK
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis video learning Korea (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier bersama Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Korea Selatan)
  8. Bisa konsultasi tentang beasiswa, G to G Korea Selatan, ujian EPS-TOPIK, dan banyak lainnya
  9. Jadwal fleksibel secara online

Dipublikasikan pada 1 Agustus 2023 dan telah di-review oleh Kirana Ssaem (Korean Lead Tutor OTCA). OTCA sebagai perusahaan bahasa asing online bersertifikat terbesar di Asia Tenggara dengan 17.800+ lulusan, siap membantumu belajar, studi, dan berkarier ke China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!