Program-Program Pertukaran Pelajar ke Korea, Gratis!

Sebuah pepatah mengatakan, “Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri China.” Namun, ada satu kalimat baru yang bermakna mirip, yakni “Kejarlah ilmu ke Negeri Korea.” Kedua kalimat tersebut sebenarnya mengandung arti yang sama. Artinya, kamu harus menuntut ilmu setinggi dan sejauh mungkin. Dengan ilmu, kamu akan mempunyai wawasan dan pengetahuan lebih luas.

Omong-omong, memangnya ada apa dengan Korea? Kamu pasti tahu bahwa Korea merupakan  negara yang memiliki sistem pendidikan unggul di antara banyaknya negara di dunia. Fakta tersebut tentunya memikat setiap pelajar untuk menuntut ilmu di negeri pemilik Pulau Jeju ini. Terlebih beberapa sekolah di Korea menjadi buronan bagi pelajar-pelajar di seluruh dunia.

10-sekolah-internasional-terbaik-di-korea

Di Indonesia sendiri, ramai pelajar yang berebut tiket belajar ke Korea, lho. Sebagian dari mereka bahkan berasal dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Jika kamu menyukai tantangan, maka artikel ini wajib kamu baca sampai tuntas. Artikel ini akan memberikanmu rekomendasi beasiswa pertukaran pelajar kelas SMA ke Korea. Cekidot!

  • Beasiswa ASEAN-Korea Youth Network Workshop

Beasiswa ini diperuntukkan bagi para pelajar SMA dari negara-negara ASEAN untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ke Korea. Peserta pada beasiswa ini akan mempelajari tentang budaya serta bahasa Korea. Kesempatan belajar tersebut diperoleh peserta dalam kurun waktu dua minggu.

Kegiatan pada workshop ini mencakup pelatihan budaya dan bahasa, exchange student dengan siswa Korea, kunjungan ke beberapa tempat wisata, dan diskusi kelompok. Penerima beasiswa ini akan mendapat benefit biaya transportasi, akomodasi, uang makan, dan biaya lainnya yang berhubungan dengan program.

  • Beasiswa Korea Foundation Global E-School Program

Beasiswa ini diberikan oleh Korea Foundation bagi seluruh siswa dari luar Korea. Program ini dilaksanakan secara online melalui kursus gratis yang disediakan oleh universitas di Korea Selatan. 

Meskipun pembelajaran berbasis online, kamu tetap berkesempatan mempelajari tentang budaya, sejarah, bahasa, ekonomi, serta ilmu pengetahuan Korea. Selain itu, kamu dapat berinteraksi dengan para siswa dari berbagai negara. Keuntungan terbaiknya, kamu juga bisa diajar oleh profesor dari seluruh dunia.

  • Beasiswa AFS Exchange Program

Beasiswa ini ditawarkan oleh AFS bagi seluruh pelajar SMA dari seluruh dunia. AFS sendiri merupakan organisasi nirlaba yang menyodorkan program pertukaran pelajar selama beberapa bulan.

Dalam kurun waktu tersebut, para peserta program akan tinggal bersama keluarga asuh Korea Selatan.  Tak jauh dari program beasiswa lainnya, peserta pada program ini juga akan diajarkan mengenai budaya dan bahasa Korea. Peserta diarahkan untuk memperluas pemahaman tentang perspektif global di sekolah setempat. 

  • Beasiswa Rotary Youth Exchange Program

Beasiswa ini disediakan oleh Rotary Internasional kepada siswa-siswa di seluruh negara. Mirip dengan beasiswa AFS, peserta di program ini juga akan tinggal bersama keluarga asuh. 

Selain belajar budaya dan bahasa Korea, peserta juga akan diajak memperlebar wawasan mengenai dunia. Kemudian mereka juga akan dibimbing untuk membangun keterampilan leadership dan interkultural. 

Secara umum, fasilitas dari program ini meliputi biaya transportasi, akomodasi, makanan, dan biaya lainnya yang berkaitan program.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi beasiswa pertukaran pelajar SMA ke Korea. Tentunya akan menjadi pengalaman berharga ketika kamu menjadi salah satu orang yang memperoleh salah satu beasiswa di atas. 

Kamu perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menggait menuntut ilmu gratis ke Korea. Sebab kamu akan melewati beberapa tahapan ujian untuk mendapat kursi beasiswa tersebut.

Selain persiapan untuk ujian, kamu juga setidaknya butuh penguasaan dasar bahasa Korea. Hal itu akan memudahkan kamu untuk berinteraksi di Negeri Ginseng sana. 

Kamu tidak perlu jauh-jauh untuk kursus bahasa Korea. Kelas bahasa di OTCA bisa kamu ikuti menggunakan platform digital. Ayo, raih beasiswa kamu sambil ikut kelas di OTCA!

 

 

Yuk Persiapkan Bahasa Koreamu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Korea Klik Link Dibawah

Loading...
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!