Pengertian G to G Korea Selatan

Pengertian G to G Korea Selatan, Gaji Tinggi Banyak Diminati

Apa itu pengertian G to G Korea Selatan? Program ini terlihat sangat menarik karena bisa pergi ke Korea Selatan.

Program kerja ini menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang tertarik untuk bekerja di luar negeri. Salah satu yang banyak diminati adalah Korea Selatan.

Tidak ada syarat yang ribet dalam kegiatan maupun proses ini. Hanya saja, dibutuhkan setidaknya penguasaan bahasa Korea yang dibuktikan dalam sertifikasi EPS-TOPIK (Employment Permit System -Test of Proficiency in Korean).

Lantas, bagaimana mengenai pengertian G to G Korea Selatan? Seperti apa mekanisme atau alurnya sehingga bisa bekerja di Korea Selatan?

Pengertian G to G Korea Selatan

Kerja di Korea Selatan

Sebelum mengerti pengertiannya secara detail, kamu perlu ketahui konsep dari G to G itu sendiri.

G to G secara umum artinya Government to Government. Berarti, ini merupakan program kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan luar negeri. Salah satu yang terlibat adalah Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Korea Selatan.

Sehingga, dapat diartikan bahwa G to G Korea Selatan adalah program resmi antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Korea Selatan dalam rangka pengiriman tenaga kerja profesional melalui skema penempatan kerja sama.

Sebelum kamu berangkat dan memilih Korea Selatan sebagai tempat berkarier, kamu perlu ketahui tentang Korea Selatan terlebih dahulu.

Ibu kotaSeoul
Bahasa resmiKorea
PresidenYoon Suk-yeol
Mata uangWon (₩) / KRW
Jumlah penduduk51,7 juta orang (2023)

🤔 Tahukah kamu?
Implementasi program G to G untuk penempatan ke luar negeri hanya difasilitasi oleh pemerintah, bukan dari lembaga swasta.

Program G to G ini atas dasar kerja sama pemerintah dengan perjanjian secara tertulis dengan negara pengguna Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Sebagai upaya melindungi tenaga kerja, program G to G tidak mengizinkan pihak swasta dalam menempatkan TKI ke negara yang sudah melakukan kesepakatan.

Beberapa keunggulan G to G yang sangat terasa adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk proses perizinan menjadi lebih murah, tempat pelatihan nyaman, hingga waktu keberangkatan cepat.

Keuntungan lain dari program G to G Korea Selatan ini adalah penawaran standar gaji yang terbilang tinggi. Bukan hanya di Korea Selatan, melainkan juga Jepang dan Jjerman.

Syarat Umum untuk Mendaftar G to G Korea Selatan

Bahasa Korea

Sebagai program terpadu satu pintu Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), ada syarat yang tentu harus dipenuhi sebelum menjajal daftar program G to G Korea Selatan.

Syarat ini bisa dikatakan sebagai syarat mutlak untuk dapat bekerja di Korea Selatan. Apalagi, terkait dengan keseharian pekerja tersebut dengan rekan kerja, maupun perusahaan.

Beberapa syarat umumnya, seperti:

  1. Pria / wanita
  2. Pendidikan minimal SMP
  3. Berusia antara 18 hingga 39 tahun
  4. Tidak sedang dicekal untuk bepergian ke luar negeri
  5. Sehat jasmani, rohani, dan tidak buta warna
  6. Lulus seleksi ujian kompetensi Bahasa Korea (EPS-TOPIK)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, peminat G to G Korea Selatan terbilang tinggi. Per tahunnya mencapai hingga puluhan ribu peminat.

Salah satu alasannya adalah gaji yang tinggi. Berbeda drastis dengan di Indonesia. Gaji di Korea Selatan setidaknya minimal mencapai Rp 20 juta.

Mengerti mengenai definisi G to G Korea Selatan adalah program pemerintah Indonesia dan Korea Selatan di atas, kamu harus lengkapi syarat yang terakhir.

Syarat terakhir yang terpenting bisa berbahasa Korea. Dibuktikan dengan lulus ujian sertifikasi EPS-TOPIK, sebagai salah satu pengakuan kemampuan atas bahasa Korea.

Ikuti Ujian EPS-TOPIK sebagai Syarat G to G Korea Selatan

Ujian TOPIK

EPS-TOPIK merupakan singkatan dari Employment Permit System – Test of Proficiency in Korean bagi non-penutur asli bahasa Korea untuk mengukur tingkat kemampuan atau kemahiran berbahasa Korea.

Bisa dikatakan, EPS-TOPIK itu sejenis ujian TOEFL / IELTS, tetapi untuk bahasa Korea. Jadi, masing-masing bahasa ada sertifikasi ujiannya sendiri.

Dilansir dari website resmi EPS-TOPIK, untuk pelaksanaan tes ini di-manage oleh Institut Nasional Pendidikan Internasional di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan.

Sertifikasi EPS-TOPIK terdiri atas 2 macam tes:

  • Tes EPS-TOPIK I, ditujukan bagi pemula / novice yang terbagi atas 2 level, yakni level 1 dan level 2.
  • Tes EPS-TOPIK II, ditujukan bagi yang memiliki kemampuan menengah hingga mahir / intermediate – advanced, yang terbagi atas 4 level dari level 3 hingga level 6

Peserta dari tes ini bagi penutur asing atau non-Korea, seperti pelajar asing, siswa internasional, hingga orang yang berminat bekerja di perusahaan Korea.

Baca juga:

Persiapkan Semuanya dan yang Terpenting adalah Sertifikasi EPS-TOPIK!

Mengetahui mengenai apa itu pengertian G to G Korea Selatan di atas, ada begitu banyak hal yang harus disiapkan dari sekarang.

Salah satu yang terpenting adalah sertifikasi EPS-TOPIK. Hal ini penting, karena saat berada di Korea Selatan, kamu akan full berbahasa Korea Selatan.

Sementara itu, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara bisa melatih kemampuanmu berbahasa Korea untuk persiapan EPS-TOPIK. Kamu bahkan bisa private!

Klaim Diskon Belajar Bahasa Korea Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu mendapatkan klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk mengikuti belajar bahasa Korea. Lebih dari 18.000 lulusan (data per 2023) bahagia bergabung dengan OTCA. Amankan seat, terbatas tiap bulannya!

benefit istimewa yang kamu raih saat ikut kursus kelas belajar bahasa Korea online bersertifikat di OTCA:

  1. Sebagai persiapan ujian sertifikasi EPS-TOPIK maupun TOPIK
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis video learning Korea (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier bersama Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Korea Selatan)
  8. Bisa konsultasi tentang beasiswa, G to G Korea Selatan, ujian EPS-TOPIK, dan banyak lainnya
  9. Jadwal fleksibel secara online

Dipublikasikan pada 31 Juli 2023 dan telah di-review oleh Kirana Ssaem (Korean Lead Tutor OTCA). OTCA sebagai perusahaan bahasa asing online bersertifikat terbesar di Asia Tenggara dengan 17.800+ lulusan, siap membantumu belajar, studi, dan berkarier ke China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!