Alasan banyak orang tertarik belajar bahasa Korea

3 Alasan Mengapa Banyak Orang Tertarik Belajar Bahasa Korea

Minat belajar anak muda untuk mempelajari bahasa Korea sekarang semakin meningkat.

Hal ini ditandai dengan banyaknya lembaga-lembaga kursus bahasa asing yang menyediakan kelas untuk bahasa Korea, termasuk OTCA.

Namun, mengapa orang-orang sekarang ini banyak yang tertarik untuk belajar bahasa Korea?

Korean Wave Mulai 2019

Korean Wave

Gelombang korea atau dikenal dengan Korean Wave mulai melonjak pada 2019, hal ini membuat banyak remaja Indonesia bahkan di dunia menjadi kenal dengan korea melalui K-Pop dan K-Drama.

Kedua hal itu yang membawa efek banyak orang yang ingin belajar bahasa Korea karena tertarik dengan budaya, musik, kebiasaan, dan masih banyak hal lainnya yang unik dari korea.

Korean Wave ini semakin meluas ditandai diundangnya beberapa boygroup dan girlgroup ke acara marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan acara penghargaan dari Indonesia. Tentu saja hal ini direspon sangat baik oleh para fans.

Mulai saat itu, banyak orang terutama remaja ingin belajar bahasa Korea. Alasan pertama adalah ingin mengerti apa yang dibicarakan oleh para idol mereka maupun ingin mengerti langsung tanpa melihat subtitle saat nonton K-drama.

Bisa dikatakan bahwa, kebanyakan para Kpopers dan pecinta K-Drama ingin lebih menikmati tontonan mereka dengan belajar bahasa Korea.

Baca juga: Istilah Kebudayaan Sehari-hari Universitas di Korea Selatan

Minat Karier dan Studi ke Korea

Studi di Korea

Banyak orang tertarik untuk belajar bahasa Korea karena ingin meniti karier di perusahaan Korea maupun ingin bekerja di Korea Selatan langsung.

Kita ketahui bahwa bekerja di perusahaan asing, terlebih lagi perusahaan dari negara yang memiliki bahasa mereka sendiri yang bukan bahasa Inggris, tentunya akan lebih mudah jika kita bisa juga menguasai bahasa mereka.

Dalam kasus ini, banyak orang yang tertarik bekerja di perusahaan Korea yang ada di luar Korea ataupun di Korea langsung.

Tentu saja selain bekerja, kita harus bisa bersosialisasi atau melakukan kegiatan lain seperti belanja, liburan, dan lainnya yang mengharuskan kita berbahasa Korea karena tidak semua warga Korea Selatan bisa berbahasa Inggris.

Jadi, jika kamu bisa berbahasa Korea, kamu akan lebih mudah untuk survive di Korea ataupun di tempat kerja kamu yang mengharuskan karyawannya bisa berbahasa Korea.

Selanjutnya, banyak pelajar yang tertarik untuk melanjutkan studinya ke Korea Selatan, termasuk pelajar Indonesia.

Kampus di Korea Selatan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, banyak orang yang tertarik untuk berkuliah di kampus-kampus Korea Selatan karena kualitas dari kampus tersebut.

Kampus seperti KAIST University, Seoul University, dan Yonsei University merupakan kampus incaran pelajar-pelajar di Korea Selatan.

Tentu saja bagi mahasiswa internasional akan menggunakan bahasa Inggris, namun tetap saja mereka akan tetap belajar bahasa Korea untuk bisa survive selama di Korea.

Baca juga: Website Belajar Bahasa Korea Gratis

Ketertarikan Menambah Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan belajar bahasa Korea

Alasan yang terakhir adalah karena tertarik untuk menambah kemampuan berbahasa asing mereka.

Mulai banyak sekolah bahkan universitas yang membuka kelas tambahan untuk kelas bahasa Korea untuk muridnya. Contohnya seperti The University of Edinburgh, University Oxford, Leiden University, University of Cambridge, York St John University.

Adanya program kelas bahasa Korea di universitas yang ada di universitas tersebut menandakan bahwa banyak mahasiswa yang tertarik dengan bahasa Korea sampai ingin mempelajari bahasa mereka.

Kita bisa melihat antusias para pelajar maupun mahasiswa yang tertarik untuk belajar bahasa Korea semenjak Korean Wave ini semakin meluas ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Hal ini yang membuat banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa Korea, bahkan budaya yang ada di Korea Selatan.

Bahasa Korea ini memiliki kemiripan tulisan hurufnya seperti bahasa Jepang dan Mandarin, hal ini ditandai dengan mereka memiliki aksara atau tulisan huruf alfabet mereka sendiri, yang tentunya sangat berbeda dengan bahasa Indonesia.

Keuntungan jika kamu bisa berbahasa Korea, kemungkinan kamu akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa Jepang ataupun Mandarin, walaupun tiap bahasa memiliki kesulitannya sendiri bagi semua orang.

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa menjadi translator ataupun tutor bahasa Korea apalagi jika kamu memiliki sertifikat bahasa korea seperti TOPIK (Test of Proficiency in Korea) yang membuat kamu memiliki kualifikasi yang meyakinkan, melihat banyak masyarakat Indonesia terkhusus para remaja.

Itu dia beberapa alasan kenapa sih banyak orang yang tertarik belajar bahasa Korea? Kalau kamu punya alasan apa nih tertarik belajar bahasa Korea?

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!