Kuota G to G Korea Selatan, Ada Tren Kenaikan!

Berapa banyak sih kuota G to G Korea Selatan yang bisa diisi setiap tahunnya? Jangan bingung, MinCA sajikan by data!

G to G menjadi program resmi pemerintah antara 2 negara, salah satunya Indonesia dengan Korea Selatan. Bukan hanya itu, ada juga dengan Australia, Jepang, Jerman, dan lainnya.

Namun, program G to G Korea Selatan menjadi paling banyak diminati. Hal ini karena kuotanya terbilang tinggi dengan penghasilan bulanan yang tinggi.

Lantas, yang jadi pertanyaan, berapa kuota program G to G Korea Selatan? Apakah kemungkinannya besar untuk bisa mengikuti program tersebut?

Berapa Kuota Program G to G Korea Selatan?

Kuota program G to G Korea Selatan

Perlu untuk diketahui bahwasannya kuota G to G Korea Selatan bisa berubah-ubah atau berbeda setiap tahunnya. Sementara itu, kuota untuk 2023 maupun 2024 nantinya bisa jadi mengalami kenaikan.

Berikut ini kuota G to G Korea Selatan tiap tahunnya yang dapat dirinci secara umum:

TahunKuota
2021Target 24.000 kuota
202312.000 kuota
20198.800 kuota

Mohon maaf, MinCA sudah cari tahu untuk referensi kuota G to G Korea Selatan pada tahun 2020, 2021, dan 2022 masih belum ditemukan.

Namun, dari tabel kuota tahunan G to G Korea Selatan di atas, menunjukkan adanya tren kenaikan kuota. Ini tentu menjadi sebuah kesempatan besar untuk bisa menjadi bagian dari Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Jika dilihat dari sisi yang lain, kamu juga perlu berusaha lebih keras. Hal ini adanya kemungkinan peserta atau pendaftar yang juga meningkat, bahkan membludak.

Kamu harus ketahui 2 seleksi yang penting untuk dijalani. 2 seleksi tersebut adalah:

  • Ujian EPS-TOPIK. Ujian ini untuk mengukur tingkat kemampuan berbahasa Korea Selatan. Nilai atau skor minimal adalah 110. Jika di bawah 110, kamu tidak akan bisa lanjut ke babak atau seleksi yang kedua.
  • Skill test. Selain pengetahuan bahasa, di sini juga akan diuji mengenai kemampuan secara hard-skill langsung. Persiapkan dengan matang.

Hanya ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi pada tes kali ini. Jika lulus pada ujian EPS-TOPIK, maka lanjut ke skill test. Jika tidak lulus, maka pulang lebih cepat alias gagal di tahap yang pertama.

G to G Korea Selatan Ampuh Tekan Pengangguran di Indonesia

Pengangguran di Indonesia

Mengetahui kuota G to G Korea Selatan yang tiap tahunnya naik, tentu ini menjadi kabar baik bagi masyarakat di Indonesia. Secara tidak langsung, bisa menekan angka pengangguran di Indonesia.

Jika memang mental kamu atau mindset yang kamu miliki adalah bekerja, maka ini adalah passion kamu. Kamu bisa bekerja bukan hanya di Indonesia, melainkan juga ada kesempatan di luar negeri.

Angka pengangguran di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dan penurunan.

Diungkap dari Databoks milik Katadata, angka jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,99 juta orang.

Dijelaskan lebih lanjut, pengangguran tersebut dibedakan dalam 4 macam atau jenis:

  • Penduduk yang tidak memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan
  • Penduduk yang tidak memiliki pekerjaan dan sedang mempersiapkan bisnis atau usaha
  • Penduduk yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak mencari pekerjaan, karena merasa tidak mungkin untuk memperoleh kerja
  • Penduduk yang sudah memiliki pekerjaan, tetapi belum mulai bekerja

Dalam wujud dukungan yang sama, pemerintah bahkan sangat mendukung program G to G yang tidak hanya ke Korea Selatan ini. Bukan hanya secara nasional, melainkan pemerintah kota maupun kabupaten juga memberikan dukungannya.

Program ini digadang-gadang sebagai program kerja sama yang sangat strategis antara Indonesia dengan negara tempat tujuan bekerja tersebut. Terbukti, banyak angka tenaga kerja di Indonesia yang berhasil diserap.

Bahkan, jika dibandingkan dengan benefit pada pekerja lokal, tentu pekerja migran ini memperoleh manfaat yang tinggi. Salah satunya adalah upah atau penghasilan hingga puluhan juta rupiah.

Namun, di sisi lain, risikonya adalah ikatan kontrak dan jauh dari keluarga. Sehingga, tentu ada risiko yang harus diambil. Ada pro maupun kontra.

Selalu OTCA Tekankan, Bahwa Persiapan Ujian EPS-TOPIK itu Penting!

Ujian EPS-TOPIK

Apa itu EPS-TOPIK? EPS-TOPIK adalah singkatan dari Employment Permit System – Test of Proficiency in Korean.

Artinya, tes ujian EPS-TOPIK ini menjadi ujian kemampuan bahasa Korea yang ditujukan bagi calon tenaga kerja asing yang ingin bekerja di Korea Selatan.

EPS-TOPIK berbeda dengan TOPIK dengan rincian:

  • EPS-TOPIK ditujukan bagi calon tenaga kerja yang berisikan materi khusus mengenai pekerjaan.
  • TOPIK lebih ke arah ujian kemampuan bahasa Korea secara umum.

Perlu diketahui juga, ujian EPS-TOPIK PBT (berbasiskan tulis) dilaksanakan 1 kali dalam setahun, biasanya pada pertengahan tahun, antara Juni maupun Juli.

Sedangkan untuk ujian EPS-TOPIK CBT dilaksanakan dalam 3 atau 4 bulan sekali dalam setahun.

Untuk saat ini, biaya pendaftaran ujian EPS-TOPIK sekitar US$ 24 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 360.000,-an.

Kamu bisa mempersiapkan ujian EPS-TOPIK mengikuti kelas private dari One Third Consulting and Abroad (OTCA). Tawaran khusus dari OTCA dan ambil promonya jika kamu sudah membaca artikel maupun konten ini.

One Third Consulting and Abroad (OTCA) sebagai perusahaan bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara dengan 18.000+ lulusan hingga per tahun 2023.

Kamu bisa belajar bahasa Korea, mempersiapkan diri ujian EPS-TOPIK, dan sambil konsultasi langsung dengan tutor yang berpengalaman, sudah pernah studi maupun berkarier di Korea Selatan.

Konsultasi dan segera klaim diskonnya sekarang di ujung bawah artikel ini. Kesempatan terbatas setiap bulannya.

Baca juga:

Persiapkan Semuanya dan yang Terpenting adalah Sertifikasi EPS-TOPIK!

Mengetahui mengenai apa itu pengertian G to G Korea Selatan di atas, ada begitu banyak hal yang harus disiapkan dari sekarang.

Salah satu yang terpenting adalah sertifikasi EPS-TOPIK. Hal ini penting, karena saat berada di Korea Selatan, kamu akan full berbahasa Korea Selatan.

Sementara itu, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara bisa melatih kemampuanmu berbahasa Korea untuk persiapan EPS-TOPIK. Kamu bahkan bisa private!

Klaim Diskon Belajar Bahasa Korea Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu mendapatkan klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk mengikuti belajar bahasa Korea. Lebih dari 18.000 lulusan (data per 2023) bahagia bergabung dengan OTCA. Amankan seat, terbatas tiap bulannya!

benefit istimewa yang kamu raih saat ikut kursus kelas belajar bahasa Korea online bersertifikat di OTCA:

  1. Sebagai persiapan ujian sertifikasi EPS-TOPIK
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis video learning Korea (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier bersama Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Korea Selatan)
  8. Bisa konsultasi tentang beasiswa, G to G Korea Selatan, ujian EPS-TOPIK, dan banyak lainnya
  9. Jadwal fleksibel secara online

Dipublikasikan pada 4 Agustus 2023 dan telah di-review oleh Kirana Ssaem (Korean Lead Tutor OTCA). OTCA sebagai perusahaan bahasa asing online bersertifikat terbesar di Asia Tenggara dengan 17.800+ lulusan, siap membantumu belajar, studi, dan berkarier ke China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!