Hari Raya Chuseok di Korea Selatan

Mengenal Hari Raya Chuseok di Korea Selatan, Hangat Banget!

Halo Sobat OTCA! Pernah dengar budaya Korea yang satu ini nggak? Chuseok (추석) atau mungkin bahasa lebih kunonya Hangawi (한가위)?

Perayaan satu ini dilakukan dengan merayakan hari raya panen dari negara Korea sendiri setiap tahunnya.

Hari raya ini diadakan dengan hari libur nasional selama tiga hari di Korea Selatan pada hari ke-15 bulan ke-8 kalender lunar. Berikut ini ada 5 fakta menarik tentang hari raya Chuseok!

Sejarah

Sejarah Chuseok

Perayaan hari raya panen di sini lebih merayakan pesta makan dalam rangka mengucapkan terimakasih untuk keberhasilan panen.

Hari raya ini sudah dikenal sejak dari Kerajaan Silla atau sekitar 57 SM dalam bentuk acara perlombaan menenun antara 2 tim.

Hari terakhir kompetisi antar tim disebut Gabae dan tim yang telah menenun lebih banyak akan disuguhi oleh tim lain ke pesta besar.

Baca juga: Mengenal Sistem Pendidikan di Korea Selatan yang Perlu Dicontoh

Persembahan

Persembahan Chuseok

Tradisi yang seringkali dilakukan masyarakat Korea dalam hari libur memperingati Festival atau Hari Raya Chuseok sendiri adalah pulang ke kampung halaman untuk mengunjungi altar leluhur dan melakukan penghormatan.

Hal ini dilakukan untuk juga sekaligus berterima kasih kepada para leluhur yang senantiasa memberkati panen mereka.

Istilah Charye dikenal dengan pengadaan upacara peringatan leluhur yang berlangsung pada pagi hari di hari Chuseok berupa pemberian persembahan makanan hasil panen, sedangkan istilah Beolcho dikenal dengan melakukan kunjungan makam leluhur dan mencabut rumput liar yang mungkin tumbuh di sekitar mereka.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman saat Chuseok

Adapun makanan khas yang selalu ada dalam perayaan Chuseok adalah kue Songpyeon yang dibuat dari tepung beras yang diisi dengan isian kacang atau wijen.

Ada juga kepercayaan bahwa para masyarakat yang belum memiliki pasangan akan mendapatkan pasangan yang cantik maupun tampan jika dapat membuat bentuk songpyeon sebagus mungkin.

Selain kue songpyeon, terdapat juga beberapa makanan khas Korea lainnya yang juga dihidangkan sebagai makanan berat seperti Jeon, Japchae, Bibimbab, Bulgogi, dan Kimchi.

Selain itu, alkohol juga sebagai minuman keras merupakan elemen penting yang harus ada dari perayaan hari Chuseok.

Baca juga: Sungai Han di Korea Selatan Indah, Tetapi Menyimpan Misteri

Pakaian

Pakaian Chuseok

Selain makanan, pakaian khas Korea, yaitu Hanbok juga dikenakan saat merayakan hari raya Chuseok. Hanbok sendiri dikenal sebagai pakaian tradisional Korea yang terinspirasi dari Hanfu (pakaian tradisional China).

Maka dari itu, untuk memeriahkan hari raya Chuseok yang merupakan hari raya penting bagi masyarakat Korea Selatan, pakaian tradisional Hanbok pun ikut dikenakan.

Jika Sobat OTCA notice nih, banyak banget juga artis-artis Korea yang ikut meramaikan hari raya besar ini dengan menggunakan hanbok dan tampil pada acara-acara TV seperti BTS, NCT, Enhypen, dan lainnya.

Kegiatan

Kegiatan saat Chuseok

Beberapa jenis permainan juga dilakukan dalam memeriahkan dan mengakrabkan saat keluarga-keluarga kumpul saat hari raya Chuseok seperti ganggangsullae atau tarian melingkar dimana ini merupakan tarian tradisional asal negara Korea Selatan yang dilakukan oleh wanita dengan saling berpegangan tangan dan membentuk suatu lingkaran sambil bernyanyi.

Tarian ini dilakukan sebagai doa agar panen berbuah. Selain itu, juga dilakukan suatu kegiatan khas Korea yaitu ssireum atau bergulat. Ini merupakan olahraga gulat tradisional asal Korea selama Dinasti Joseon.

Permainan ini dilakukan dengan melibatkan dua orang yang saling bergulat sambil memegang sabuk lawan dengan siapa yang terlebih dahulu menjatuhkan lawan akan menang.

Baca juga: Fakta Unik Bahasa Korea Sebelum Kamu Pelajari

Belajar Bahasa Korea Hanya di OTCA

One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan kelas kursus bahasa asing online bersertifikat terbaik di Indonesia.

Bahasa asing yang tersedia seperti bahasa Jepang, Jerman, Korea, Mandarin, dan Prancis. Di lain sisi, kamu bisa konsultasi studi, karier, hingga program ke luar negeri.

Sebagai lembaga bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara, per 2023, sudah 17.900+ lulusan bergabung bersama OTCA. Didukung oleh 200+ tutor berpengalaman dan pernah studi dan berkarier di luar negeri juga, salah satunya Korea Selatan.

Apa yang kamu butuhkan? OTCA punya semuanya!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!