Bidang G to G Korea Selatan

2 Bidang G to G Korea Selatan yang Banyak Diminati

Tertarik untuk ikut program G to G Korea Selatan? Jika tertarik, apakah kamu sudah tahu dengan sektor bidang G to G Korea Selatan?

Ada banyak sektor bidang G to G Korea Selatan yang bisa kamu jalani. Bahkan, banyak di antaranya nanti bisa jadi disalurkan ke pabrik atau perusahaan.

Di sisi lain, G to G juga semakin diminati. Bukan hanya di Korea Selatan saja, melainkan juga tujuan negara yang lain di Asia, Australia, hingga Eropa.

Berikut ini daftar sektor bidang G to G Korea Selatan yang harus kalian pahami lebih dahulu. Pastikan kalian memiliki keterampilan, agar pada skill test bisa jauh lebih lancar mengikutinya.

1. Manufaktur

Manufaktur di Korea Selatan

Bidang G to G Korea Selatan yang pertama adalah manufaktur. Secara sederhana, manufaktur menurut dari KBBI adalah membuat atau menghasilkan dengan tangan atau mesin.

Manufaktur secara mudahnya dapat diartikan sebagai proses mengubah bahan mentah menjadi barang yang dapat digunakan ataupun dikonsumsi oleh manusia.

Dikutip dari TWI Global, manufaktur sendiri dibedakan menjadi 3 macam jenis:

  • Make-to-Stock (MTS), sistem ini biasanya suatu pabrik memproduksi barang-barang yang disimpan di toko maupun showroom.
  • Make-to-Order (MTO), sistem ini memungkinkan produsen dalam menunggu pesanan yang diterima sebelum proses produksi dimulai.
  • Make-to-Assemble (MTA), pabrik akan memproduksi part komponen dalam rangka pesanan rakitan.

Mengenai perusahaan manufaktur di Korea Selatan, salah satu HRD di Korea Selatan mengutarakan bahwa mereka membutuhkan banyak pekerja manufaktur dari negara asing.

Hal ini dikarenakan, warga asal Korea Selatan lulusan pendidikan tinggi. Sehingga, minat mereka sebagai warga lokal untuk bekerja di industri manufaktur menjadi sedikit jumlahnya.

Dikatakan bahwasannya ada 16 negara yang melakukan pekerjaan tersebut. Indonesia sendiri menjadi negara di peringkat ke-2 yang mengisi sebagai karyawan di bidang manufaktur.

Apalagi, di bidang manufaktur ini, biasanya akan memperoleh upah minimum Korea Selatan, sekitar Rp 21 juta per bulannya.

Ditambah, dengan fasilitas yang akan diberikan, seperti:

  • Jaminan tempat tinggal selama masa kontrak
  • Makan sebanyak 3 kali dalam sehari
  • Asuransi kesehatan dan kecelakaan kerja

Sektor manufaktur di Korea Selatan, seperti:

  1. Pembuatan makanan dan minuman
  2. Pengolahan tekstil
  3. Pengolahan bahan kimia
  4. Pembuatan mesin industri
  5. Pembuatan peralatan listrik

2. Perikanan

Perikanan di Korea Selatan

Sektor G to G Korea Selanjutnya adalah perikanan. Perikanan menurut dari KBBI adalah biologi terapan perikanan dalam kaitannya dengan biologi hewan (ikan), misalnya hubungan panjang dan berat, kematangan telur, dan pola makan.

Di Indonesia sendiri, yang menjadi salah satu komoditas ekspor di bidang perikanan adalah udang. Selain Indonesia, beberapa negara lain yang juga fokus dalam bidang perikanan, seperti Jepang, Amerika Serikat, Cina, dan Belanda.

Secara umum, jenis perikanan dan persebarannya biasanya dibedakan menjadi sebanyak 3 macam:

  • Perikanan pantai, daerah yang mencakup kurang dari 60 mil dari bibir pantai yang biasanya dilakukan oleh para nelayan tradisional.
  • Perikanan laut dalam, penangkapan ikan yang dilakukan di samudra atau laut lepas yang biasanya berbasiskan perusahaan menggunakan peralatan canggih.
  • Perikanan darat, salah satu jenis perikanan yang dapat dilakukan di air tawar dan air payau.

Dilansir dari berbagai macam sumber, hingga tahun 1960-an, pertanian dan perikanan menjadi industri yang dominan di ekonomi Korea Selatan.

Produksi perikanan Korea Selatan tiap tahunnya bisa menyentuh hingga 3.000-an ton.

Korea Selatan sendiri membutuhkan banyak pekerja imigran, seiring dengan penurunan jumlah peminat mereka dalam sektor pertanian atau perikanan.

Sementara itu, bidang perikanan biasanya dibedakan menjadi 2 jenis di Korea Selatan, yakni budidaya perikanan (sea farming) dan penangkapan ikan (in and off-shore fishery)

Apalagi, dalam sejarah, Indonesia dan Korea Selatan selalu memberikan kesan yang baik dalam kerja sama di bidang maritim dan perikanan, termasuk di dalamnya mencakup perdagangan ikan.

Sektor perikanan di Korea Selatan meliputi:

  1. Budidaya ikan, rumput laun, dan kerang
  2. Kapal ikan lokal Korea
  3. Pembuatan garam

Rangkaian Tes G to G Korea Selatan

Rangkaian tes G to G Korea Selatan

Mengetahui sektor G to G Korea Selatan di atas yang terdiri atas manufaktur dan perikanan, tentu kamu harus bisa menyelesaikan skill test agar bisa lulus dan bekerja ke Korea Selatan.

Tidak mudah memang. Namun, dengan memahami bidang G to G Korea Selatan di atas, kamu kemungkinan besar bisa lulus dalam rangkaian tes yang dilakukan.

Mengingat program G to G Korea Selatan ini adalah program hubungan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan, maka mau tidak mau kamu harus mengikuti aturan yang berlaku.

Aturan tersebut salah satunya adalah dengan mengikuti setiap tahapan tes dengan sistem gugur. Rangkaian tes G to G Korea Selatan yang harus kamu ketahui:

  1. Pelatihan bahasa Korea. Harus bisa berbahasa Korea Selatan, karena nantinya keseharian akan berinteraksi dengan bahasa Korea sebagai salah satu syarat utama dan mutlak.
  2. Mengikuti ujian EPS-TOPIK dan skill test. 2 sistem ujian ini menggunakan sistem gugur. Jika gagal dalam EPS-TOPIK, tidak bisa lanjut ke skill test.
  3. Sending data lamaran. Setelah dinyatakan lulus, maka masuk dalam Sending Public Agency System (SPAS) HRD Korea Selatan dan menunggu dipilih oleh user atau perusahaan Korea Selatan.
  4. Prelyminary education. Setelah user tertarik dan memilih, akan memperoleh kontrak kerja dan mengikuti prelyminary education yang diselenggarakan oleh BP2MI.
  5. Berangkat ke Korea Selatan. Setelah dikiranya berhasil, nantinya akan diurus dokumen keberangkatan ke Korea Selatan.

Rangkaian yang paling susah dan utama dibandingkan dengan rangkaian lain adalah ujian EPS-TOPIK dan skill test.

Apalagi, skema EPS-TOPIK menggunakan sistem gugur. Jika kamu tidak ingin terkendala dan mengulang lagi di tahun depan, kamu bisa melakukan kursus bahasa Korea online bersertifikat dengan mudah di OTCA.

OTCA sendiri sebagai One Third Consulting and Abroad / PT Sepertiga Bahasa Internasional yang memungkinkan melatih kamu dan mendampingi dalam proses pelatihan belajar bahasa Korea online bersertifikat.

Bahkan, kamu bisa mengikuti kelas private di OTCA untuk coaching mempersiapkan EPS-TOPIK agar meraih nilai dengan maksimal.

Ini merupakan tawaran khusus saja dari halaman ini. Jika memang kamu benar-benar tertarik, segera hubungi Academic Advisor kami di tombol bagian bawah artikel. Karena, peserta terbatas setiap bulannya.

Baca juga:

Persiapkan Semuanya dan yang Terpenting adalah Sertifikasi EPS-TOPIK!

Mengetahui mengenai bidang sektor G to G Korea Selatan di atas, ada begitu banyak hal yang harus disiapkan dari sekarang.

Salah satu yang terpenting adalah sertifikasi EPS-TOPIK. Hal ini penting, karena saat berada di Korea Selatan, kamu akan full berbahasa Korea Selatan.

Sementara itu, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara bisa melatih kemampuanmu berbahasa Korea untuk persiapan EPS-TOPIK. Kamu bahkan bisa private!

Klaim Diskon Belajar Bahasa Korea Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu mendapatkan klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk mengikuti belajar bahasa Korea. Lebih dari 18.000 lulusan (data per 2023) bahagia bergabung dengan OTCA. Amankan seat, terbatas tiap bulannya!

benefit istimewa yang kamu raih saat ikut kursus kelas belajar bahasa Korea online bersertifikat di OTCA:

  1. Sebagai persiapan ujian sertifikasi EPS-TOPIK
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis video learning Korea (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier bersama Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Korea Selatan)
  8. Bisa konsultasi tentang beasiswa, G to G Korea Selatan, ujian EPS-TOPIK, dan banyak lainnya
  9. Jadwal fleksibel secara online

Dipublikasikan pada 7 Agustus 2023 dan telah di-review oleh Kirana Ssaem (Korean Lead Tutor OTCA). OTCA sebagai perusahaan bahasa asing online bersertifikat terbesar di Asia Tenggara dengan 17.800+ lulusan, siap membantumu belajar, studi, dan berkarier ke China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!