5 Alasan Kuliah di Korea Selatan, Mungkin Kamu Bakal Tertarik

Ingin melanjutkan studi di luar negeri, tapi masih bingung ke negara mana? Mending ke Korea Selatan.

Ada berbagai alasan kuliah di Korea Selatan yang bisa kamu pertimbangkan. Apa saja itu?

Korea Selatan, sebuah negara yang menjadi pusat perhatian dunia karena perkembangan pesat di berbagai aspek dari negara tersebut.

Mulai dari maraknya sebagai Korean Wave melalui musik boygroup dan girlgroup atau yang lebih dikenal sebagai Kpop sampai ke bidang ekonomi, sosial, serta pendidikannya.

Karena ketenaran ini, Korea Selatan menjadi tujuan banyak turis untuk travelling karena banyak spot indah di Korea Selatan. Terlebih lagi mengenai kehidupan sosial dan budaya yang ada di negeri ginseng tersebut.

Bukan bertujuan agar bisa bertemu dengan artis Korea, tetapi memang ada beberapa alasan kuliah di Korea Selatan.

1. Banyak Universitas yang Termasuk Universitas Terbaik di Dunia

Kuliah di Korea Selatan

Alasan kuliah di Korea Selatan yang pertama adalah karena penilaian kualitas kampusnya yang ternyata banyak menjadi kampus terbaik di dunia.

Adapun penilaian menurut QS World University Ranking telah mengeluarkan data universitas terbaik di dunia pada tahun 2023 dan ada 41 kampus yang berhasil masuk ke daftar.

Yang memimpin adalah Seoul National University yang ada di peringkat 29 di dunia, disusul KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology) di urutan 42 dunia, serta Pohang University of Science and Technology (POSTECH) yang menempati posisi 71 di dunia.

Nama-nama kampus seperti Yonsei University, Korea University dan Sungkyunkwan University (SKKU) juga masuk ke dalam daftar 100 universitas terbaik di dunia.

Baca juga: Fakta Unik Bahasa Korea Sebelum Kamu Pelajari

2. Ada Tingkatan Pendidikan yang Berbeda

Tingkatan pendidikan di Korea Selatan

Alasan kuliah di Korea Selatan selanjutnya adalah karena adanya tingkatan dalam pendidikan tinggi. Yakni Junior Colleges yang ditempuh selama 2-3 tahun. Universities ditempuh selama 4-6 tahun dan pascasarjana.

Hal yang menarik dari pendidikan tinggi di Korea Selatan adalah adanya Cyber University, sebuah universitas yang berbasis digital dan teknologi dalam seluruh aktivitasnya.

Bertujuan untuk menjadikan universitas dengan kelas dunia serta menerapkan teknologi informasi.

Dengan adanya Cyber University di Korea Selatan, ini menunjukkan jika teknologi di Korea Selatan sudah sangat maju. Bagi kamu yang tertarik seputar teknologi, cocok untuk berkuliah di Korea Selatan dan menjadi mahasiswa Cyber University di sana.

3. Bertemu Banyak Pelajar Internasional

Banyak pelajar internasional

Selanjutnya, yang dapat menjadi alasan kuliah di Korea Selatan adalah banyaknya mahasiswa internasional berkuliah di sana juga.

Menurut data Kementrian Pendidikan Korea, terdapat 166.869 mahasiswa internasional yang terdaftar di universitas dan perguruan tinggi dalam negeri di tahun 2022.

Dari jumlah yang cukup banyak ini, kamu bisa meningkatkan relasi di berbagai negara. Tidak kalah seru, kamu juga bisa saling membagikan pengetahuan tentang negara masing-masing.

Baca juga: Mengenal Hari Raya Chuseok di Korea Selatan, Hangat Banget!

4. Banyak Beasiswa untuk Pelajar Internasional

Beasiswa di Korea Selatan

Alasan kuliah di Korea Selatan kamu tidak perlu khawatir terkait biaya. Banyak sekali beasiswa yang disediakan oleh pemerintah setempat dan kampus yang kamu tuju sendiri.

Contoh beasiswa yang sering dikenal adalah GKS (Global Korea Scholarship), program beasiswa penuh yang dikelola oleh NIIED (National Institute for International Education), lembaga eksekutif di bawah kementerian pendidikan Korea Selatan.

5. Bisa Part Time dengan Gaji Besar

Part-time

Banyak kerjaan part time dengan gaji besar, itu adalah alasan kuliah di Korea Selatan.

Bentuk kerjaannya bisa part time di restoran, menjaga toko, desain grafis, sampai penulis. Dan perlu kamu ketahui, gaji part time di Korea Selatan bisa mencapai KRW 10,000 atau sekitar Rp 127 ribu per jamnya.

Baca juga: Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Sungai Han

Belajar Bahasa Korea Hanya di OTCA

One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan kelas kursus bahasa asing online bersertifikat terbaik di Indonesia.

Bahasa asing yang tersedia seperti bahasa Jepang, Jerman, Korea, Mandarin, dan Prancis. Di lain sisi, kamu bisa konsultasi studi, karier, hingga program ke luar negeri.

Sebagai lembaga bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara, per 2023, sudah 17.900+ lulusan bergabung bersama OTCA. Didukung oleh 200+ tutor berpengalaman dan pernah studi dan berkarier di luar negeri juga, salah satunya Korea Selatan.

Apa yang kamu butuhkan? OTCA punya semuanya!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!