Kepo dengan Universitas Heidelberg Jerman? Ini 4 Fakta Menariknya

Siapa sih yang nggak ingin kuliah di Jerman? Negara ini telah lama menjadi impian para mahasiswa internasional sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan.

Bagaimana tidak, Jerman dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan yang tinggi, berkualitas, dan terpandang. Bahkan, alumni mahasiswa yang berkuliah di negara Industri ini sudah banyak terkenal akan kesuksesannya di dunia karier.

Tak diragukan lagi akan kepopulerannya, hampir sebagian universitas di Jerman bahkan merupakan mahasiswa internasional dari berbagai negara.

Maka dari itu, sebelum melanjutkan pendidikan di negara Jerman, kamu harus tau universitas satu ini, yakni Universitas Heidelberg, universitas tertua dan salah satu universitas terbaik di Jerman. Mau tau info menarik dan unik universitas ini?

Dibangun pada Tahun 1386 oleh Para Raja Pfalz

Universitas Heidelberg Jerman

Universitas Heidelberg atau Universitas Ruprecht Karl Heidelberg adalah universitas yang terletak di Heidelberg, Jerman.

Universitas ini merupakan universitas tertua di Jerman yang dibangun pada tahun 1386 oleh para Raja Pfalz. Pada awalnya, hanya terdapat 4 fakultas di universitas ini, yaitu Teologi, Hukum, Kedokteran, dan Filsafat.

Kemudian terus berkembang hingga kini memiliki 16 fakultas. Universitas Heidelberg juga dikenal sebagai universitas riset, karena telah menghasilkan penelitian-penelitian di berbagai bidang.

Sebagai universitas tertua, universitas ini menawarkan keindahan arsitektur bangunan tua Eropa yang megah dan menawan.

Tak Hanya di Jepang, Bunga Sakura Juga Ada di Universitas Heidelberg

Bunga sakura di Universitas Heidelberg

Apabila mendengar kata bunga sakura, mungkin kita akan langsung teringat oleh negara Jepang. Siapa sangka, ternyata di Universitas Heidelberg juga ada bunga sakura!

Kamu dapat menemukan bunga sakura ini tepatnya di halaman Fakultas Psikologi dan Astronomi. Di musim semi, bunga sakura ini akan bermekaran dan meyuguhkan pemandangan yang indah.

Cocok banget buat mahasiswa yang ingin bersantai-santai duduk di atas rumput sekitar pohon bunga sakura, baik sekedar untuk menikmati pemandangan alam, ataupun sambil mengerjakan tugas dan berbincang dengan teman.

Baca juga: 5 Akomodasi Pelajar di Jerman, Ada yang 2 Juta Sebulan!

Memiliki Gedung Orkestra, Rasa Menonton di Abad Pertengahan

Orkestra di Universitas Heidelberg

Kamu pecinta musik? Atau ingin merasakan suasana menonton orkestra di abad pertengahan?

Nggak usah jauh-jauh, di Universitas Heidelberg Jerman, ada gedung orkestra yang masih mempertahankan bangunan tua terdahulu lho.

Gedung orkestra ini terletak di Jurusan Seni Musik Universitas Heidelberg. Bak memasuki film-film lama, atau bernostalgia ke abad pertengahan, kamu dapat merasakan suasana di mana orang-orang berdatangan hanya untuk menikmati musik orkestra, jauh sebelum adanya perkembangan teknologi.

Oh iya, untuk kamu yang tertarik kuliah seni atau musik, Universitas Heidelberg juga dapat menjadi pilihan kamu ya.

Memiliki Museum Unik, Yakni Bekas Penjara Mahasiswa (Studentenkarzer)

Studentenkarzer

Nah bangunan satu ini dijamin jarang dan tidak ada ditemukan di universitas lain, di mana Universitas Heidelberg memiliki penjara mahasiswa.

Berdasarkan sejarahnya, penjara ini bukan berasal dari pihak kampus, apalagi untuk menghukum mahasiswanya. Menariknya, penjara mahasiswa ini justru muncul dari mahasiswa itu sendiri, yang bisa dibilang sebagai lokasi bullying senior terhadap junior.

Meski bullying dianggap negatif, namun rata-rata mahasiswa yang masuk ke dalam penjara ini hanyalah mahasiswa yang melanggar aturan, seperti mahasiswa yang mabuk atau berkelahi.

Itupun hanya beberapa hari dan diperbolehkan keluar untuk mengikuti kegiatan perkuliahan. Namun kini, penjara mahasiswa tersebut telah menjadi museum, dan sebagai sarana mahasiswa untuk menyalurkan hobi membuat graffiti.

Jika kamu berkuliah disini, maka kamu wajib mengunjungi museum ini.

Baca juga: Intip Megahnya 4 Situs Warisan UNESCO di Jerman

Wujudkan Mimpimu Jadi Bagian dari Universitas Heidelberg!

Sudah tertarik untuk berkuliah di universitas tertua dan salah satu universitas top di Jerman ini? Buruan persiapkan kemampuan bahasa Jerman kamu sebagai persyaratan untuk melanjutkan studi di sini.

Ragu dengan belajar secara otodidak, kamu bisa banget belajar bahasa Jerman dengan OTCA. Selain dapat mempelajari bahasa Jerman, kamu juga bakal dapat banyak benefit lainnya. Salah satunya sertifikat, modul-modul belajar yang bisa dan gratis diakses di manapun kamu berada.

Yang nggak kalah penting, kamu bisa dapat konsultasi gratis untuk kuliah di Jerman loh!

Dijamin sampai kamu lulus program atau kuliah disana. Dimana lagi kamu bisa dapat benefit selengkap ini. So, jangan sia-siakan kesempatanmu dan buruan daftar kelas di OTCA!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!