Syarat Ausbildung Jerman

Syarat Ausbildung Jerman, Perlu Sertifikat B1 Goethe!

Kamu tertarik pergi ke jerman dan sudah tahu belum apa saja syarat Ausbildung Jerman itu sendiri?

Seperti yang kita ketahui, Ausbildung menjadi salah satu program pengembangan karier. Program tersebut mencakup studi dan bekerja.

Nantinya, hasil yang didapat dari Ausbildung tersebut adalah Pendidikan Vokasi. Jika di Indonesia, mirip seperti jenjang pendidikan D3 (Ahli Madya).

Tidak banyak syarat Ausbildung Jerman tersebut. Namun, kamu harus tetap fokus untuk menguasainya, salah satunya sertifikasi Goethe.

1. Lulusan Minimal SMA / SMK / Sederajat

Lulusan SMA / SMK / Sederajat

Syarat Ausbildung Jerman yang pertama tentu harus lulus sekolah jenjang menengah terlebih dahulu. Hal ini dibuktikan dengan:

  • Ijazah
  • Transkrip nilai / rapor

Syarat ini merupakan syarat mutlak, karena kamu nantinya akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Tepatnya, pendidikan vokasi.

Bukan hanya dari lulusan SMA / SMK / Sederajat saja, melainkan dari Diploma / Sarjana juga bisa ikut mendaftar.

Sebenarnya bisa untuk semua jurusan. Namun, lebih ditonjolkan lagi bagi yang memiliki pengalaman / kompetensi keahlian di bidang Perhotelan, Tata Boga, dan Keperawatan.

Syarat pendidikan ini setidaknya juga sudah mencukupi sebagai syarat usia. Syarat usia yang dimaksud adalah minimal 18 tahun yang nantinya bisa mengurus berkas-berkas.

2. Berusia 18 – 35 Tahun

Usia minimal 18 tahun

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Ausbildung terbuka bagi seseorang dengan minimal usia 18 tahun.

Di lain sisi, ada pula maksimal usia yang dibatasi, yakni 35 tahun. Usia tersebut adalah usia yang kamu berhak memperoleh proses legal action.

Secara singkatnya, legal action berupa kemampuan seseorang dalam memahami suatu perjanjian maupun peraturan hukum lain disesuaikan dengan kepentingan klien.

Bahkan, di usia 18 tahun ini juga kamu baru memiliki hak untuk mendapatkan:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Intinya, kamu memiliki hak atas dirimu sendiri, tanpa harus ada ikut serta atau campur tangan dari pihak lain. Kamu bertanggung jawab atas dirimu sendiri.

3. Mempunyai Motivasi yang Tinggi

Motivasi yang tinggi

Proses maupun masa berlangsungnya Ausbildung Jerman akan berlangsung lama. Bisa berbulan-bulan lamanya.

Bahkan, jika memang kamu sudah diterima untuk mengikuti Ausbildung di Jerman, kamu akan terikat kontrak. Setidaknya, selama 3,5 tahun lamanya untuk bisa tinggal di Jerman.

Maka dari itu, syarat Ausbildung yang ketiga ini adalah memiliki niat dan motivasi yang tinggi. Kamu harus benar-benar ada niat dari dalam diri dan tidak ada keraguan di dalamnya.

Di lain sisi, motivasi juga harus dibentuk. Hal-hal apa saja yang sekiranya memotivasi diri kamu untuk ikut serta tergabung dalam program Ausbildung tersebut.

Mengapa harus memiliki niat atau motivasi yang tinggi? Setidaknya, beberapa alasan berikut bisa kamu maklumi:

  • Mengurus berkas dan persiapan yang bisa terbilang cukup lama. Ada berkas yang harus disiapkan dan kamu bisa lihat di poin ke-5. Berkas tersebut belum meliputi berkas imigrasi.
  • Terikat kontrak untuk berada di Jerman setidaknya 3 tahun lamanya. Nantinya, proses Ausbildung itu sendiri akan memakan waktu. Di sana, kamu akan belajar secara teori dan praktik langsung. Sehingga, kamu akan menjalaninya selama periode kurang lebih 3 tahun lamanya berada di Jerman.
  • Butuh kemampuan dan biaya yang tidak sedikit. Kamu harus memiliki kemauan dan tekad yang keras untuk berangkat Ausbildung Jerman. Ada proses dan biaya dan kamu jangan sampai berputar arah saat sudah di tengah jalan. Kamu juga harus tersertifikasi bahasa Jerman minimal level tingkatan B1.
  • Jauh dari orang tua dan akan bersosialisasi dengan warga Jerman pada umumnya. Risiko yang terakhir kamu akan jauh dari orang tua dan teman-teman. Kamu akan memulai hidup baru dan bersosialisasi dengan orang asing di Jerman. Kamu harus memiliki persiapan dan mental yang kuat.

4 alasan di atas setidaknya harus diyakini bahwasannya kamu “mantap” untuk melangsungkan proses Ausbildung. Tentu, di setiap langkah yang diambil, tentu ada risiko yang harus dipertaruhkan.

4. Kemampuan Berbahasa Jerman Minimal Level B1

Sertifikasi Goethe B1

Prosedur syarat Ausbildung Jerman yang selanjutnya ini tidak boleh kamu sepelekan begitu saja.

Bisa dikatakan, kemampuan berbahasa Jerman minimal level tingkatan B1 adalah hal yang wajib. Apalagi, harus dibuktikan dengan tes atau ujian sertifikasi Goethe.

Setidaknya, ada 6 level tingkatan Goethe yang perlu kamu pahami:

  • Level A1 – Kompetensi Dasar, kemampuan memahami dan menggunakan kalimat sederhana.
  • Level A2 – Kompetensi Dasar, kemampuan memahami kalimat yang berkaitas langsung dengan pokok bahasan, misalkan pekerjaan, kebiasaan berbelanja, lingkungan, dan lainnya.
  • Level B1 – Kompetensi Lanjutan, kemampuan menggunakan bahasa Jerman standar yang mudah untuk dimengerti.
  • Level B2 – Kompetensi Lanjutan, kemampuann memahami teks secara rumit dan bisa berkomunikasi spontan dengan native speaker.
  • Level C1 – Kompetensi Tinggi, kemampuan menangkap makna dari teks yang rumit dan menggunakan bahasa Jerman secara fleksibel.
  • Level C2 – Kompetensi Tinggi, kemampuan merangkum informasi secara lisan maupun tertulis dengan menyampaikan sesuatu secara tepat, spontan, dan lancar.

Untuk mempersiapkan level tingkatan B1, kamu bisa belajar bahasa Jepang bersama dengan One Third Consulting and Abroad (OTCA).

OTCA akan membantu dan membimbing kamu agar bisa memperoleh sertifikasi B1. Karena, sertifikasi B1 itu butuh persiapan dan pemahaman yang benar-benar matang.

Di OTCA, kamu bisa private. Bahkan, bisa konsultasi langsung dengan tutor berpengalaman yang sudah pernah studi dan berkarier ke Jerman secara langsung.

5. Menyiapkan Berkas atau Dokumen Lengkap

Curriculum Vitae (CV)

Syarat Ausbildung Jerman yang terakhir tentu tidak lain adalah mempersiapkan berkas atau dokumen secara lengkap.

Setelah semua proses dan step-by-step terlewati dengan maksimal, langkah terakhir adalah menyiapkan berkas atau dokumen yang memang dibutuhkan.

Berikut ini gambaran umum berkas apa saja yang dibutuhkan untuk pergi dalam program Ausbildung Jerman:

  1. Surat lamaran
  2. Motivation letter
  3. Curriculum Vitae (CV)
  4. Ijazah pendidikan terakhir
  5. Transkrip nilai
  6. Sertifikat bahasa Jerman tingkat B1

Perlu di make sure kembali, bahwa sertifikasi bahasa Jerman tingkat B1 penting. Karena, kamu akan berkomunikasi di sana dengan bahasa Jerman, bukan bahasa Inggris.

Jika memang semuanya sudah lengkap, maka tahapan selanjutnya proses mendaftarkan diri. Dengan segala benefit yang ada, kamu berhak mendaftar dan menjadi bagian dari Ausbildung Jerman.

Baca juga:

Sudah Prepare Sertifikasi Bahasa Jerman Minimal Level B1?

Sebagai syarat Ausbildung Jerman di atas, dibutuhkan sertifikasi. Sertifikasi minimal level tingkatan B1 oleh lembaga resmi Goethe.

Lebih baik lagi malah level tingkatan B2. Karena, keseharian kamu di sana akan secara penuh berbahasa Jerman.

Menariknya, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional bisa membantumu belajar bahasa Jerman untuk meraih sertifikasi B1 dengan mudah. Kamu bisa private!

Klaim Diskon Belajar Bahasa Jerman Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu berhak klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk belajar bahasa Jerman. Lebih dari 17.800 lulusan (data per 2023) telah bergabung bersama dengan OTCA. Amankan seat, karena terbatas!

super benefit yang kamu dapat saat belajar bahasa Jerman di OTCA:

  1. Bisa untuk persiapan ujian sertifikasi Goethe
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis selamanya video learning Jerman (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis selamanya modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis selamanya rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis selamanya webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier oleh Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Jerman)
  8. Jadwal fleksibel secara online
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!