Melihat 6 Perpustakaan di Jerman yang Bikin “Kutu Buku” Betah

Selain dikenal sebagai negara Industri, Jerman juga dikenal sebagai negara Pemikir dan Penyair loh!

Hal ini karena Jerman banyak melahirkan tokoh-tokoh filsuf, penyair, musisi, sastrawan, dan ilmuwan yang hebat dan legendaris. Tak ayal julukan ini disematkan pada negara Jerman.

Maka dari itu, di Jerman kita juga dapat menemukan banyak sekali perpustakaan yang mengesankan bahkan memiliki ciri khas arsitekturnya yang unik. Bahkan salah satu perpustakaan terbaik di dunia berada di Jerman.

Ingin tahu apa aja perpustakaan di Jerman yang bisa kamu kunjungi?

1. Perpustakaan Stadtbibliothek Stuttgart

Stadtbibliothek Stuttgart

Perpustakaan yang ada di Jerman pertama ini dinobatkan sebagai salah satu perpustakaan terbaik dan terindah di dunia.

Bagaimana tidak? Perpustakaan Stadtbibliothek Stuttgart merupakan perpustakaan umum di kota Stuttgart yang telah berdiri sejak tahun 2011 dan memiliki konsep desain bangunan yang minimalis dan futuristik.

Museum ini tentunya juga dipercayai sebagai perpustakaan terbaik dan termegah di Jerman. Tak hanya itu, gedung dengan interior putih bersih ini juga ramah lingkungan, karena memiliki panel surya yang terpasang di tengah-tengah gedung, yang berguna untuk pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi.

Perpustakaan ini juga memiliki ratusan ribu koleksi buku, serta menyediakan berbagai musik, film, mainan, komputer dan media digital lainnya. Saat malam hari, perpustakaan 9 tingkat ini akan dipenuhi lampu berwarna yang membuatnya semakin menawan.

2. Perpustakaan Benediktinerabtei Metten Bibliothek

Benediktinerabtei Metten Bibliothek

Benediktinerabtei Metten Bibliothek sebenarnya memiliki banyak nama. Ada yang menyebutnya Biara St. Michael di Metten, Benediktinerabtei Metten, Abtei Metten, atau Kloster Metten.

Didirikan sejak 766 di Bavaria, dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1726, biara yang juga memiliki perpustakaan barok legendaris ini memiliki arsitektur bangunan dan desain interior yang sangat megah.

Memiliki rak buku yang besar bahkan koleksi buku mencapai 35.000 volume, disini kamu juga dapat menikmati keindahan patung figur-figur alegor kebijaksanaan dan agama yang menjulang di lukisan langit-langit atap yang menawan.

Dijamin selain kamu dapat membaca buku, kamu juga akan disuguhkan oleh keindahan dan kemegahan bangunan dan interior di Benediktinerabtei Metten Bibliothek.

Baca juga: Rekomendasi Novel Bahasa Jerman untuk Pemula, Kamu Tertarik yang Mana?

3. Perpustakaan Duchess Anna Amalia

Duchess Anna Amalia

Perpustakaan di Jerman selanjutnya berdasarkan namanya, perpustakaan ini didedikasikan pada seorang Duchess bernama Anna Amalia sejak tahun 1991, karena perannya yang besar dalam mempertahankan perpustakaan ini.

Adapun perpustakaan ini sendiri didirikan pada tahun 1691 oleh Duke Wilhelm Ernst. Terletak di jantung kota Weimar, perpustakaan ini menyimpan berbagai koleksi buku, peta, manuskrip musik dan daftar keluarga kerajaan.

Namun pada 2004 sempat terjadi kebakaran, dan kemudian bangunan kembali direnovasi dan direstorasi hingga akhirnya pada 2007 perpustakaan ini masuk ke dalam daftar warisan budaya UNESCO.

Saat ini, perpustakaan Duchess Anna Amalia telah menjadi perpustakaan untuk penelitian umum mengenai sastra dan sejarah, terutama Jerman dari era Klasik dan Romantis akhir.

4. Perpustakaan Foster di Freie Universität Berlin

Freie Universität Berlin

Perpustakaan Foster adalah perpustakaan menakjubkan lainnya yang dapat kamu kunjungi di Jerman. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan jurusan filsafat dan ilmu sosial di Freie Universität Berlin.

Yang uniknya dari perpustakaan ini adalah hasil desain arsitektur karya arsitek terkenal Norman Foster yang membuat desain gedung seperti bagian atas kepala tengkorak.

Maka dari itu terkadang perpustakaan ini juga disebut sebagai “The Berlin Brain”. Perpustakaan ini telah dibuka sejak tahun 2005 dan memiliki ratusan ribu koleksi buku dan jurnal yang dapat dibaca oleh pengujung.

Tak hanya itu, perpustakaan ini juga dibangun dengan ventilasi alami dan menggunakan bangunan yang dapat memulihkan panas karena dapat mengurangi penggunaan energi.

Baca juga: Penampakan Kota Nördlingen, Berlapis Berlian di Jerman

5. Perpustakaan Herzog August Bibliothek

Herzog August Bibliothek

Perpustakaan Herzog August Bibliothek merupakan salah satu perpustakaan tertua di dunia yang terletak di Wolfenbüttel.

Berdasarkan penamaannya, perpustakaan ini didirikan oleh Herzog (gelar bangsawan) August yang menjadi kolektor buku semasa hidupnya, sejak 1579 hingga 1666.

Bahkan saat itu, perpustakaan ini menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Eropa dan banyak dikunjungi karena koleksi buku abad pertengahannya.

Kini perpustakaan ini menjadi salah satu pusat penelitian budaya dan sejarah terkemuka di dunia dimana banyak ilmuwan ternama meneliti di perpustakaan ini.

Aktif dan optimis melahirkan ilmuwan dan sastrawan serta ahli bidang lainnya, bahkan perpustakaan ini memiliki program beasiswa yang sudah dijalankan sekitar 30 tahun, dan ditujukan bagi mahasiswa untuk melanjutkan karir studi mereka.

6. Perpustakaan Oberlausitzische Bibliothek der Wissenschaften Görlitz

Oberlausitzische Bibliothek der Wissenschaften Görlitz

Perpustakaan di Jerman yang terakhir, Oberlausitzische Bibliothek der Wissenschaften merupakan perpustakaan ilmiah besar yang memiliki sekitar 150.000 volume.

Perpustakaan yang terletak di dekat Dresden, kota Görlitz ini didirikan oleh sejarawan dan sastrawan Karl Gottlob Anton dan pemilik tanah yang tertarik pada ilmu geografi, Adolph Traugott von Gersdorf demi mendukung kemajuan ilmu dan pengetahuan masyarakat.

Meski awalnya perpustakaan bertujuan hanya dapat diakses oleh masyarakat sekitar, kini perpustakaan dibuka untuk umum dan siapapun dapat mengakses perpustakaan ini.

Memiliki berbagai koleksi dan teks buku dari berbagai ilmu, perpustakaan ini juga menyimpan peta sejarah, arsip dan dokumen sejarah bahkan koleksi arkeologi seperti tembikar kuno.

Baca juga:

Belajar Bahasa Jerman Hanya di OTCA

One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan kelas kursus bahasa asing online bersertifikat terbaik di Indonesia.

Bahasa asing yang diajarkan, mencakup bahasa Jepang, Jerman, Korea, Mandarin, dan Prancis. Kamu bahkan diberi kesempatan untuk konsultasi studi, karier, hingga program ke luar negeri.

Sebagai lembaga bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara, per 2023, sudah 18.000+ lulusan bergabung bersama OTCA. OTCA memiliki 200+ tutor berpengalaman, yang pernah studi dan berkarier di luar negeri, seperti salah satunya ke Jerman.

Apa yang kamu butuhkan? OTCA punya semuanya!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!