Masjid di Jerman

5 Masjid di Jerman yang Megah dan Menawan

Agama Islam merupakan agama terbesar kedua di negara Jerman setelah agama Kristen. Hampir sekitar 5,3 juta penduduk yang berarti 6,4% dari jumlah populasi negara Jerman beragama islam.

Seluruh umat muslim di Jerman tersebar di berbagai wilayah. Namun, populasi umat muslim terbanyak berada di beberapa daerah seperti Berlin, Hamburg, North Rhine-Westphalia dan Baden-Württemberg.

Dengan banyaknya populasi muslim di daerah-daerah tersebut, pemerintah memastikan agar umat muslim tetap dapat menjalankan ibadah dengan mendirikan masjid di masing-masing daerah.

Meskipun agama Islam merupakan agama terbesar kedua di Jerman, budaya yang diterapkan di Jerman tentunya berbeda dengan budaya di negara yang mayoritas penduduknya muslim seperti di Indonesia.

Salah satu perbedaan budaya yang paling mencolok adalah tidak rutinnya azan dikumandangkan. Hal ini disebabkan praktik azan yang tidak begitu diterima oleh masyarakat.

Dari sekitar 2.000 masjid, hanya 30 masjid saja yang rutin mengumandangkan azan. Selain itu, di Jerman setiap tahun pada tanggal 3 Oktober diadakan Open Mosque Day yang diperuntukkan bagi kaum muslim dan non-muslim.

Hari Open Mosque Day biasanya diisi dengan tur yang dipandu, ceramah, pameran, meja buku, cerita rakyat, informasi, dan kesempatan untuk bersilaturahmi.

Seperti arsitektur bangunan di Jerman yang terkenal sangat unik dan bagus, arsitektur masjid di sana pun tidak kalah megah dan modern. Yuk intip 5 masjid di Jerman yang terbesar berikut ini.

1. Masjid Agung Cologne, Cologne

Masjid Agung Cologne

Terletak di Cologne, masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Eropa dan menonjol dengan menara tingginya. Dibuka pada tahun 2017, masjid ini memiliki desain arsitektur yang indah dan menarik pengunjung dari seluruh dunia.

Masjid megah ini berada di dekat destinasi wisata setempat seperti bioskop dan taman Distrik Ehrenfeld yang dapat dijangkau sejauh 2 km dari Stasiun Utama Cologne.

Pembangunan masjid ini dipercayakan kepada arsitek Gottfried Bohm dan putranya yang biasa membangun gereja.

2. Masjid Baitul Jame, Offenbach

Masjid Baitul Jame

Masjid Baitul-Jame di Offenbach am Main adalah salah satu masjid terbesar di Jerman, terletak di Boschweg di Offenbach am Main. Masjid ini dirancang oleh Mubashra Ilyas dan dikelola oleh Jemaat Muslim Ahmadiyah.

3. Masjid Ahmadiyah Berlin

Masjid Ahmadiyah Berlin

Berdiri di Brienner Straße, masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Jerman. Dibangun pada tahun 1924-1928, masjid ini memiliki arsitektur yang khas dengan kombinasi unsur-unsur Timur Tengah dan Jerman.

Masjid ini juga memiliki sebuah perpustakaan Islam yang kaya dengan koleksi buku dan manuskrip. Masjid ini memiliki menara setinggi 32 meter yang rusak parah akibat Perang Dunia II.

4. Masjid Yavuz Sultan Selim, Mannheim

Masjid Yavuz Sultan Selim

Diangkat dari nama raja Ottoman Selim I, masjid Yavuz Sultan Selim terletak di Kota Mannheim. Hingga tahun 2008, masjid ini menjadi masjid terbesar di Jerman.

Masjid ini dikunjungi kurang lebih oleh 3.000 pengunjung setiap minggunya. Masjid ini resmi dibuka pada tahun 1995, dan menjadi pusat komunitas umat muslim di Mannheim.

5. Masjid Imam Ali, Hamburg

Masjid Imam Ali

Masjid biru ini terletak di Außenalster, masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Jerman utara.

Dengan arsitektur yang mencolok dan desain yang elegan, masjid ini menawarkan ruang yang luas untuk kegiatan ibadah dan juga menyelenggarakan berbagai acara budaya dan pendidikan.

Masjid ini adalah masjid tertua keempat di Jerman setelah dibangun pada tahun 1960-1965. Pada tahap awal pembangunannya, masjid ini didanai oleh para pedagang Iran yang berdomisili di Hamburg.

Penawaran menarik dari OTCA:

Belajar Bahasa Jerman Hanya di OTCA!

Hingga per tahun 2023, sudah memiliki 18.400+ lulusan, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional menjadi lembaga bahasa asing online bersertifikat terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kamu bisa belajar bahasa asing di OTCA, seperti bahasa Jerman, Jepang, Korea, Mandarin, dan Prancis.

Dengan mengikuti kelas bahasa Jerman di OTCA, kamu akan memperoleh special benefit:

#1 Belajar bahasa Jerman dari dasar bisa untuk pemula
#2 Akses private dan kemudahan konsultasi dengan Frau di luar jam belajar
#3 Akses FREE rekaman belajar, modul, dan sertifikat
#4 Tak perlu bingung sedang sekolah / kuliah / bekerja, jam belajar fleksibel
#5 Bisa untuk persiapan sertifikasi Goethe
#6 Bisa untuk persiapan Ausbildung, Au Pair, BFD, FSJ, dan lainnya

Apa yang kamu butuhkan? OTCA punya semuanya!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!