Ingin Belajar Bahasa Jerman? Ini 6 Level yang Bisa Kamu Pilih!

Featured Image Level Bahasa Jerman

Memiliki kemampuan bahasa Jerman menjadi syarat wajib jika kamu ingin kuliah atau berkarier di Jerman. Hal ini berguna sebagai bekal ketika kamu tiba di Jerman. Dengan menguasai bahasa Jerman, kamu akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan warga lokal, sehingga mempermudah proses adaptasi di Jerman.

Nah, jika kamu ingin belajar bahasa Jerman, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bahwa bahasa Jerman memiliki beberapa level. Sebagai contoh, kalau kamu ingin kuliah atau berkarier di Jerman, kamu harus menguasai level tertentu.

Di artikel kali ini, Minca akan membahas lebih detail tentang beberapa level bahasa Jerman yang bisa kamu pilih. Langsung saja, yuk baca artikel berikut ini sampai tuntas!

6 Level Bahasa Jerman yang Bisa Kamu Pilih

Mengenal Level Bahasa Jerman.png

1. Level A1

Level bahasa Jerman yang pertama adalah A1 atau level dasar yang ditujukan bagi para pemula. Durasi mempelajari level A1 adalah sekitar 2 – 4 bulan.

Pada level A1 ini, kamu akan belajar memahami kosa kata dasar dan kalimat sederhana. Mulai dari menggunakan kata sapaan, menjawab pertanyaan singkat, hingga memulai percakapan sederhana seperti memperkenalkan diri, menanyakan tempat tinggal, serta percakapan umum lainnya dalam tempo lambat.

2. Level A2

Level selanjutnya adalah A2 yang juga masih tergolong level dasar. Durasi untuk menguasai level A2 ini sama seperti level A1, yakni sekitar 2 – 4 bulan.

Pada level A2 ini, kamu akan belajar untuk memulai percakapan sehari – hari dan bertukar informasi dengan topik yang lebih luas. Kamu juga akan belajar berbicara dan bertanya tentang keluarga, pekerjaan, hobi, hingga rutinitas sehari – hari. Selain itu, kamu juga akan belajar menulis kalimat sederhana atau menjawab pesan singkat.

3. Level B1

Level B1 merupakan level menengah dalam bahasa Jerman. Durasi untuk menguasai level B1 ini adalah sekitar 2 – 4 bulan. Pada level B1 ini, kamu akan mempelajari topik percakapan yang lebih luas. Kamu juga akan mampu memahami bahasa Jerman melalui media seperti artikel, radio, serta film. Selain itu, kamu juga akan mampu mengekspresikan pendapat, menceritakan pengalaman dan kesan dengan kalimat yang lebih terstruktur.

4. Level B2

Selanjutnya adalah level B2. Level ini juga masih tergolong ke dalam level menengah. Jika kamu ingin belajar bahasa Jerman untuk level B2, Minca sangat merekomendasikan agar kamu mengikuti kursus bahasa Jerman OTCA dan mengambil kelas private. 

Di kelas private ini, kamu akan belajar bahasa Jerman secara intensif, dengan durasi waktu selama 60 jam. Pada level B2 ini, kamu akan belajar menguasai banyak kosa kata, menulis dengan benar, dan melakukan percakapan sehari – hari dengan lancar.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah dalam memahami media yang menggunakan bahasa Jerman serta mampu berbicara dengan native speaker dengan lancar.

5. Level C1

Berikutnya ada level C1. Level ini sudah tergolong sebagai level mahir. Sama seperti B2, di level C1 ini kamu bisa belajar bahasa Jerman secara intensif dengan durasi waktu selama 60 jam jika mengikuti kelas private di OTCA.

Di level C1 ini, kamu akan belajar berkomunikasi dengan menggunakan kalimat panjang dan kosa kata yang rumit. Jika menguasai level C1 ini, kamu akan bisa berbicara tentang berbagai bidang dengan lebih terstruktur.

6. Level C2

Level bahasa Jerman yang terakhir adalah C2 yang sudah tergolong ke dalam level mahir. Untuk menguasai level C2 ini, kamu membutuhkan waktu khusus. Bisa 2 – 4 bulan atau bahkan lebih.

Pada level C2 ini, kamu akan belajar bahasa Jerman agar mampu berkomunikasi layaknya seorang native speaker yang bisa dengan mudah mendengar, membaca, menulis, dan memahami bahasa Jerman.

Selain itu, kamu juga akan belajar menyampaikan atau menjawab hal – hal tertentu dengan lancar dan spontan. Terakhir, kamu juga akan mulai memahami berbagai aksen atau pelafalan dalam bahasa Jerman.

Kesimpulan

Dari 6 level bahasa Jerman di atas, kamu mungkin bertanya – tanya: “Level mana yang harus Saya pelajari?” Jawabannya tergantung pada kebutuhan masing – masing.

Kalau kamu ingin kuliah atau berkarier ke Jerman, kamu sebaiknya mempelajari level B2 agar mendapatkan sertifikat level B2. 

Sedangkan jika kamu ingin mengikuti program resmi dari pemerintah Jerman untuk para relawan (FSJ dan BFD), kamu sebaiknya mempelajari level B1 agar mendapatkan sertifikat level B1.

Atau barangkali kamu masih bingung? Jangan khawatir. Silakan hubungi tim kami untuk melakukan konsultasi gratis melalui form di bawah ini.

Sudah Siap Untuk Melanjutkan Studi & Karier ke Jerman?

Hubungi Tim Kami untuk Melakukan Konsultasi Gratis.

5/5 - (1 vote)
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!