Karneval atau Fasching menjadi ajang untuk merayakan hidup di Jerman?

Karneval, juga dikenal sebagai Fasching, adalah festival tahunan yang dirayakan di Jerman dan negara Eropa lainnya. Festival ini biasanya berlangsung dari minggu ketiga bulan Januari hingga tepat sebelum Asyura di bulan Maret. Karneval, juga dikenal sebagai Fasching, dirayakan dengan berbagai cara di seluruh Jerman, namun selalu sarat dengan aktivitas dan tradisi yang unik dan menarik.

Asal usul Karneval atau Fasching masih diperdebatkan. Padahal, sejarah menceritakan bahwa peristiwa ini awalnya muncul pada abad ke-14 di wilayah Rheinland Jerman. Karnaval dimulai sebagai perayaan keagamaan pada hari Minggu terakhir sebelum Paskah, sebelum puasa. Namun, Karneval atau Fasching berkembang menjadi hari libur yang lebih sekuler, tempat bersenang-senang dan merayakan kehidupan.

Parade kostum adalah salah satu kebiasaan Karneval atau Fasching yang paling terkenal. Orang-orang dari seluruh negeri bergegas ke jalan-jalan kota besar dan kecil selama periode ini, mengenakan kostum cerah dan berbaris dalam parade yang riuh. Di Karneval atau Fasching, kostum bisa berupa karakter fiksi, tokoh sejarah, atau kostum aneh seperti pisang besar atau roket.

Selain parade kostum, Karneval atau Fasching menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya, seperti musik dan tari. Acara ini menarik orang-orang dari seluruh negeri, baik sebagai penonton maupun pemain. Beberapa kota di Jerman juga menampilkan pertunjukan tari tradisional, seperti Garde atau Polonaise, yang merupakan ikon perayaan Karneval atau Fasching.

Banyak sajian istimewa yang disajikan saat acara Karneval atau Fasching, seperti Berliner (donat), Krapfen (kue isi selai atau krim), dan Schneeballen (kue bundar yang digoreng dan ditaburi gula). Minuman khas seperti Glühwein (anggur panas) dan Kölsch (bir khas Cologne) juga ada di menu.

Karneval atau Fasching juga memiliki tradisi khusus di beberapa kota di Jerman, seperti permainan dan aktivitas berdasarkan ritus dan dongeng lokal. Di Cologne, misalnya, ada tradisi “Bützchen”, di mana orang-orang memberikan ciuman cepat kepada orang yang mereka temui selama perayaan. Saat di Mainz, ada kebiasaan yang disebut “Blaue Funken”, yaitu festival yang mencakup tarian dan musik tradisional.

Karneval, juga dikenal sebagai Fasching, bukan hanya tempat bersenang-senang dan merayakan hidup, tetapi juga memiliki pengaruh ekonomi yang besar bagi warga Jerman. Beberapa orang dari seluruh negeri menghadiri pesta ini.

Karneval atau Fasching memiliki dampak sosial dan budaya yang luar biasa selain dampak ekonominya. Festival ini berfungsi untuk mengembangkan hubungan sosial dan persahabatan di antara orang Jerman. Orang-orang dari berbagai latar belakang dan posisi sosial berkumpul untuk merayakan kehidupan selama perayaan Karneval atau Fasching. Ini adalah kesempatan untuk menghapus perbedaan dan menunjukkan bahwa, di balik berbagai lapisan ini, kita semua adalah manusia yang sama.

Festival ini juga memungkinkan orang Jerman untuk berbagi budaya mereka dengan seluruh dunia. Turis dari seluruh dunia mengunjungi Karneval atau Fasching karena mereka tertarik dengan tradisi Jerman yang unik dan beragam. Ini mempromosikan pariwisata di Jerman sekaligus memperkuat hubungan antara komunitas Jerman dan internasional.

Secara keseluruhan, Karneval atau Fasching adalah perayaan penting dalam budaya Jerman. Ini memungkinkan kita merayakan kehidupan, membangun ikatan sosial, dan mempromosikan budaya Jerman dalam skala global. Selain itu, perayaan tersebut memiliki pengaruh ekonomi yang menguntungkan bagi masyarakat Jerman. Namun, seperti hari libur lainnya, sangat penting untuk merayakannya dengan cerdas dan benar untuk memberikan dampak baik yang lebih besar pada masyarakat Jerman.

 

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!