4 Rekomendasi Film Jerman untuk Belajar Bahasa Jerman, Bikin Kamu Makin Fasih!

Sedang belajar bahasa Jerman? Tapi kamu sendiri tipikal orang yang mudah bosan jikabaca buku dan hafalin kosa kata terus?

Nonton film adalah alternatif belajar yang menyenangkan dan bisa banget kamu lakukan. Mempelajari suatu bahasa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui film, termasuk bahasa Jerman.

Selain anti ngebosenin, film juga dapat menjadi sarana hiburan atau refreshing. Nggak hanya itu, selain kamu dapat belajar bahasa melalui kosakata, pengucapan, dan kalimat yang disebutkan oleh para pemain film, kamu juga bisa belajar budaya ataupun sejarah negara melalui film tersebut.

Tapi mau nonton film yang mana ya? Eits, tenang, ini dia rekomendasi film Jerman untuk belajar bahasa Jerman, biar makin fasih dan belajar jadi lebih seru!

1. Friendship! (2010)

Friendship! (2010)

Rekomendasi film Jerman untuk belajar bahasa Jerman yang pertama ini bertemakan film komedi yang menceritakan kisah perjalanan 2 sahabat asal Jerman Timur yang memutuskan untuk pergi ke Amerika Serikat setelah runtuhnya tembok Jerman.

Film ini disutradarai oleh Markus Goller dan seru banget untuk ditonton, karena diwarnai dengan kelucuan 2 orang sahabat yang memaksakan untuk pergi ke Amerika Serikat tanpa memiliki banyak uang dan sama sekali tidak fasih berbahasa Inggris.

Film ini cocok banget buat pelajar bahasa Jerman pemula, karena terkadang dalam film terdapat penggunaan bahasa Inggris, hingga tidak begitu sulit dimengerti.

Selain dapat mempelajari bahasanya, kamu juga dapat mempelajari dan mengetahui sedikit sejarah mengenai peristiwa runtuhnya tembok Jerman.

2. Run Lola Run / Lola Rennt (1998)

Run Lola Run / Lola Rennt (1998)

Beralih dari komedi, ini dia film thriller klasik Jerman yang harus kamu tonton. Menceritakan tentang pemeran utama wanita, Lola yang harus mendapatkan uang sejumlah 100.000 Deutsche Mark (Mata uang Jerman sebelum Euro) dalam waktu singkat demi menyelamatkan nyawa Manni, sang pacar.

Dengan setting tempat di Kota Berlin, kamu bisa banget mempelajari dialek Berlinrisch melalui film ini dan dialognya dapat membantu kamu dalam mempelajari bagaimana percakapan sehari-hari.

Nggak ketinggalan, kamu juga akan disuguhkan pemandangan indah kota Berlin pada tahun 90-an loh!

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Unik yang Hanya Ada di Jerman

3. Downfall / Der Untergang (2004)

Downfall / Der Untergang (2004)

Kamu pecinta sejarah? Penasaran dengan tokoh terkenal Jerman, seperti contohnya Adolf Hitler? Nah film satu ini cocok banget buat kamu, karena film ini menceritakan masa-masa akhir kepemimpinan Adolf Hitler di Führerbunker pada tahun 1945, yang diperankan oleh Bruno Ganz.

Selain jadi rekomendasi film Jerman untuk bahasa Jerman, kamu juga dapat mempelajari sedikit bahasa Rusia melalui film ini. Tidak hanya itu, untuk kamu yang tertarik mengetahui dan mempelajari aksen atau dialek Jerman Austria, film ini juga dapat menjadi rekomendasi yang pas banget buat kamu.

Film yang disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel ini bahkan dinominasikan untuk Academy Award for Best Foreign Language Film.

4. Schubert in Love (2016)

Schubert in Love (2016)

Rekomendasi film Jerman untuk belajar bahasa Jerman balik ke comedy genre, film satu ini tidak kalah seru untuk ditonton. Film ini menceritakan Olaf Schubert, seorang lajang berusia 40 tahun, yang terpaksa mencari seorang istri sesuai permintaan sang ayah yang sedang sakit, bahkan memintanya untuk segera memiliki anak.

Akhirnya Schubert bertemu dengan Pamela dan mulai merasakan jatuh cinta pertama kalinya. Kisah romantis ini dibumbui komedi yang sangat apik dari tindakan lucu dari karakter Olaf dan kejadian di sekitarnya.

Disutradarai oleh Lars Büchel, film ini pas banget buat kamu yang ingin mempelajari bahasa Jerman sekaligus budaya, kehidupan sehari-hari bahkan makanan khas Jerman.

Baca juga: Apa Itu Ausbildung? Berikut Penjelasannya!

Belajar Bahasa Jerman Lewat Film Nggak Cukup!

Nah, di atas sedikit mengenai info rekomendasi film Jerman untuk belajar bahasa Jerman yang bisa kamu pahami secara lebih lanjut. Namun, tentunya jikalau melalui film masih terasa ada yang kurang.

Maka dari itu, kamu tetap bisa belajar dengan ahli atau expert di bidangnya bersama dengan German Tutor. German Tutor ini yang siap membantumu fasih belajar bahasa Jerman bersama dengan OTCA!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!