Fakta unik bahasa Jerman

4 Fakta Unik Bahasa Jerman yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Sedang tertarik dan menggebu-gebu untuk belajar bahasa Jerman? Kamu wajib tau ada fakta-fakta menarik mengenai bahasa dari negara industri ini!

Bahasa Jerman sendiri menjadi anggota bahasa Jermanik Barat dari rumpun bahasa Indo-Eropa, yang juga merupakan rumpun bahasa Inggris. Maka bukan hal aneh, jika terdapat kemiripan antara bahasa Inggris dan Jerman. Adapun bahasa Jermanik diperkirakan telah ada sejak abad ke-1 SM.

Masih penasaran dengan fakta-fakta menarik bahasa Jerman lainnya? Yuk simak beberapa penjelasan berikut ini tentang fakta unik bahasa Jerman.

1. Bahasa yang Paling Banyak Banyak Digunakan di Dunia, Terutama di Eropa

Bahasa Jerman banyak digunakan di Eropa

Fakta unik bahasa Jerman yang pertama berdasarkan data terbaru diperkirakan sekitar 130 juta orang di dunia menggunakan bahasa Jerman baik sebagai bahasa utama atau bahasa kedua.

Ini menunjukkan bahwa bahasa Jerman menjadi salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbayak di dunia, tepatnya menempati posisi ke-11.

Bahkan berdasarkan studi pada tahun 2019 oleh peneliti asal Jerman, Ulrich Ammon memperoleh hasil bahwa kurang lebih sebanyak 289 juta orang pernah mempelajari bahasa Jerman. KemUdian, tak hanya digunakan di negara Jerman, bahasa Jerman juga digunakan di negara-negara Eropa lainnya bahkan menjadi bahasa resmi seperti di Austria, Liechtenstein, Swiss, dan Belgia.

2. Memiliki Banyak Dialek, Uniknya Warga Jerman Sendiri Kesulitan Memahami Dialek Tertentu

Dialek dalam bahasa Jerman

Diperkirakan dulu dialek bahasa Jerman mencapai angka 250, dimana tiap-tiap daerah memiliki dialek-dialeknya tersendiri. Meski kini tidak semua dialek bertahan, namun bahasa Jerman masih menjadi bahasa dengan jumlah dialek yang tidak sedikit.

Adapun dialek-dialek yang masih digunakan seperti:

  • Jerman Tinggi (Hochdeutsch, Jerman Standar), biasa digunakan secara formal atau resmi
  • Jerman Rendah (Plattdeutsch), yang digunakan dalam pengucapan sehari-hari
  • Swiss-Jerman (Schwiizerdütsch), dialek yang digunakan di Swiss, dan banyak lainnya

Namun uniknya, ada pula dialek yang sulit dimengerti, bahkan warga atau penduduk Jerman sendiri masih sulit memahaminya, yakni dialek Bavaria-Jerman (Bayerisch).

Baca juga: 4 Rekomendasi Film Jerman untuk Belajar Bahasa Jerman, Bikin Kamu Makin Fasih!

3. Mengalami Perombakan Sistem Penulisan Menuju Standarisasi

Standarisasi bahasa Jerman

Meski bahasa Jerman telah ada sejak abad ke-1 SM, namun untuk mencapai titik sebagai bahasa standar yang dapat digunakan, bahasa Jerman sempat mengalami perombakan besar-besaran nih sobat OTCA.

Perombakan besar ini dilakukan pada tahun 1998 dan 2006, dan dikenal dengan istilah neue Rechtschreibung. Akibat banyaknya dialek yang tersebar di tiap daerah, membuat Jerman memerlukan adanya bahasa standar yang dapat digunakan secara luas oleh semua kalangan.

Maka dari itu, perombakan ini dilakukan, mulai dari ejaan dan tanda baca yang diberlakukan di seluruh negara berbahasa Jerman.

4. Kata Bendanya Memiliki Gender dan Aturan Tersendiri

Aturan tersendiri dalam bahasa Jerman

Fakta unik bahasa Jerman yang terakhir adalah adanya aturan yang tidak boleh sembarangan. Taukah kamu, setiap awal huruf kata benda dalam bahasa Jerman ditulis dengan huruf kapital loh!

Penulisan awal huruf kapital ini tidak memandang dimana kata benda tersebut terletak, baik di depan, di tengah ataupun di akhir kalimat. Tak hanya itu, tiap kata benda bahkan memiliki gender atau jenis kelaminnya masing-masing.

Terdapat 3 kategori gender untuk kata benda dalam bahasa Jerman, yakni maskulin (der), neutral (das) dan feminin (die).

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Unik yang Hanya Ada di Jerman

Semakin Menarik Belajar Bahasa Jerman!

Itu dia beberapa fakta menarik mengenai fakta unik bahasa Jerman yang perlu kamu ketahui. Tertarik belajar bahasa Jerman? Atau sedang belajar bahasa Jerman, tapi belum ketemu tempat kursus yang cocok?

Tenang, kamu dapat mengikuti kursus bahasa Jerman di OTCA lho. Dijamin kamu bakal langsung lancar berbahasa Jerman, karena bakal diajari oleh tutor-tutor yang profesional, berkualifikasi tinggi, bahkan native speaker loh!

Tunggu apalagi, yuk buruan daftar kelas di OTCA. Mau nanya-nanya dulu? Boleh banget dong, tinggal tekan link berikut, . Yuk get ready to be a fluent German Speaker with OTCA.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!