Cara Belajar Bahasa Jerman yang Efektif dan Efisien

Kalau kamu ingin melanjutkan studi atau karier di Jerman, kemampuan bahasa Jerman merupakan hal pertama yang wajib dimiliki. Ya, kamu mungkin bertanya – tanya: “Mengapa harus menggunakan bahasa Jerman? Bukankah di luar negeri bisa menggunakan bahasa Inggris?”

Well, dilansir dari deutchsland.de, lebih dari 100 juta orang di Jerman memilih menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa sehari – hari.

Selain itu, kemampuan menguasai bahasa Jerman juga akan sangat bermanfaat setelah kamu ke luar dari Jerman, khususnya jika tujuanmu adalah eropa. Karena bahasa Jerman menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di Uni Eropa. Selain itu, bahasa Jerman juga banyak dipakai di dunia sains.

Nah, bagi kamu yang ingin menguasai bahasa Jerman, di artikel kali ini OTCA akan berbagi tips terkait bagaimana cara belajar bahasa Jerman yang efektif dan efisien. Mari baca artikel berikut ini sampai tuntas!

5 Cara Belajar Bahasa Jerman yang Efektif dan Efisien

Cara Belajar Bahasa Jerman

1. Download Aplikasi Belajar Bahasa Jerman untuk Pemula

Untuk mulai mempelajari bahasa Jerman, kamu harus mengerti dan menguasai terlebih dahulu dasar – dasar bahasa Jerman. Mulai dari alfabet, pengucapan, tata bahasa, hingga kosa kata. Semua itu bisa dengan mudah kamu pelajari dengan mendownload aplikasi belajar bahasa Jerman untuk pemula. Berikut ini adalah rekomendasi OTCA untuk aplikasi belajar bahasa Jerman:

  • Duolingo
  • Busuu
  • Babbel
  • Memrise
  • Mondly

2. Menonton Film Berbahasa Jerman

Cara belajar bahasa Jerman berikutnya adalah dengan menonton film berbahasa Jerman. Dengan menonton film, kamu dapat memperkaya kosa kata baru dan mengamati pengucapan kata bahasa Jerman yang benar.

Tips dari OTCA, saat kamu menonton film berbahasa Jerman, gunakanlah subtitle bahasa Indonesia, dan siapkan catatan jika menemukan kosa kata baru. Selain itu, kamu juga dapat melatih pelafalan dengan mengikuti dan mengulang perkataan yang ada di film tersebut.

Apabila kamu merasa kemampuan bahasa Jermanmu telah meningkat, maka usahakan untuk menonton film berbahasa Jerman tanpa subtitle. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah dalam memahami bahasa Jerman.

Berikut beberapa rekomendasi film berbahasa Jerman dari OTCA:

  • “Friendship!”
  • “Lola rennt” (“Run Lola Run”)
  • “Das Leben der Anderen” (“The Lives of Others”)
  • “Der Untergang” (“Downfall”)
  • “Schubert in Love”

3. Membaca Artikel atau Berita Dalam Bahasa Jerman

Dengan terbiasa membaca artikel atau berita dalam bahasa Jerman, kamu akan “dipaksa” untuk memahami dan mencerna arti atau maknanya. Karena setelah kamu berada di Jerman, semuanya akan menggunakan bahasa Jerman.

Sma seperti ketika menonton film, kamu juga sebaiknya mencatat semua kosa kata baru yang didapatkan. Dengan demikian, kemampuan membaca dan menulismu akan terasah dengan sendirinya. Untuk rekomendasi artikel atau berita dalam bahasa Jerman, kamu bisa mengunjungi website Deutsche Welle, Nachrichtenleicht, atau ARD.

4. Bergabung dengan Komunitas Belajar Bahasa Jerman

Cara belajar bahasa Jerman selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas belajar bahasa Jerman. Hal ini akan membuatmu lebih termotivasi dalam menguasai bahasa Jerman. Karena kamu akan bertemu dengan orang – orang yang sama – sama ingin belajar bahasa Jerman. Tidak hanya akan mendapatkan teman dan support system belajar bahasa Jerman yang baik, di sini kamu juga bisa mendapatkan informasi terkait peluang studi atau karier di Jerman.

5. Belajar Bahasa Jerman di Lembaga Terpercaya

Terahir, jika kamu tidak ingin susah payah dalam belajar bahasa Jerman (otodidak), kamu bisa belajar bahasa Jerman di lembaga terpercaya seperti OTCA. OTCA sudah dipercaya oleh 21.000+ siswa! Dengan waktu pembelajaran yang fleksibel (online), kursus bahasa Jerman di OTCA adalah pilihan yang paling tepat.

OTCA memiliki materi pembelajaran bahasa Jerman yang sangat terstruktur dan dikemas secara menarik serta interaktif oleh tutor yang sudah berpengalaman. Dengan bergabung di OTCA, kamu bisa mempelajari bahasa Jerman secara efektif dan esfisien.

Kesimpulan

Itulah 5 cara belajar bahasa Jerman yang efektif dan efisien. Cukup mudah bukan? Dengan rutin dan konsisten mempelajari bahasa Jerman, keinginan untuk “menginjakkan kaki” di Jerman akan semakin mudah. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai belajar bahasa Jerman dari sekarang!

5/5 - (1 vote)
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!