Biaya kuliah di Jerman

Biaya Kuliah di Jerman Murah! Nggak Percaya?

Sebagai negara maju yang sangat mengedepankan dunia pendidikan, Jerman telah memiliki berbagai macam program gratis biaya kuliah.

Jerman memang terkenal sebagai negara yang telah menghasilkan para ilmuwan-ilmuwan jenius sehingga banyak yang tertarik untuk menempuh pendidikan di negara maju tersebut.

Beberapa tokoh ternama asal Indonesia seperti B. J. Habibie dan Gita Savitri Devi turut serta memeriahkan pendidikan atau studi di Jerman tersebut.

Biaya kuliah gratis memang sangat menguntungkan dan butuh kerja keras dan keberuntungan untuk mendapatkannya. Biaya kuliah gratis ini bahkan sudah diberlakukan sejak tahun 2014 lalu dan hingga saat ini universitas yang tidak membebankan biaya kuliah adalah universitas negeri.

Lantas, bagaimana terkait biaya kuliah di Jerman? Apakah murah atau justru sebaliknya?

1. Ada Beberapa Perguruan Tinggi yang Menawarkan Beasiswa “Gratis”

Beasiswa pendidikan gratis

Terkait biaya kuliah di Jerman yang terkenal sebagai negara maju dan mutu pendidikannya yang tinggi ternyata memiliki 5 universitas dengan biaya gratis.

Biaya kuliah gratis ini tidak hanya untuk mahasiswa Uni-Eropa saja namun juga untuk mahasiswa Internasional.

Berikut nama universitas yang memberikan biaya gratis untuk studi kamu di Jerman:

  1. University of Mannheim
  2. University of Bremen
  3. University of Cologn
  4. RWTH Aachen University
  5. Karlsruhe Institute of Technology

Baca juga: Makanan Tradisional Jerman, Sangat Khas dan Menggoda!

2. Biaya Kuliah Swasta di Jerman Lebih “Affordable” Ketimbang di Indonesia

Biaya kuliah murah

Jerman dikenal memiliki kualitas pendidikan dan universitas-universitas terbaik dunia. Sama seperti halnya Norwegia, biaya kuliah di negara ini terhitung murah dan bahkan ada yang gratis!

Perlu diketahui, hal tersebut dilatarbelakangi oleh filosofi Jerman yang meyakini bahwa pendidikan tinggi harus terjangkau dan mudah diakses.

Pemerintah Jerman menawarkan biaya pendidikan yang sangat terjangkau dengan hanya sekitar 7 hingga 8,5 juta rupiah per tahun.

Tentunya, biaya ini jauh lebih murah daripada biaya kuliah swasta di Indonesia. Biaya terjangkau tersebut diperuntukkan baik bagi para mahasiswa lokal maupun internasional.

Baca juga: Tokoh Indonesia yang Kuliah di Jerman, Siapa Saja?

3. Biaya Hidup yang Relatif Murah

Biaya hidup terjangkau

Biaya hidup di Jerman relatif murah. Hal ini tidak lepas dari suatu riset atau penelitian yang dilakukan.

Menurut Mercer, sebuah perusahaan konsultan yang menerbitkan data biaya hidup untuk 100 negara di seluruh dunia, kota-kota besar Jerman seperti Berlin, Dusseldorf, Hamburg dan Frankfurt tidak termasuk dalam daftar 100 kota termahal di dunia.

Hanya Munich yang masuk, peringkat 98. Faktanya, ibu kota Jerman, Berlin, menempati urutan ke-120, menjadikannya salah satu biaya hidup terendah di Eropa.

Jadi, terkait biaya kuliah di Jerman yang serba murah ini, tidak menjadi alasan penghalang lagi untuk bisa mewujudkan kunci sukses studi maupun berkarier di Jerman.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!