Apakah Ausbildung dapat gelar?

Apakah Ausbildung Dapat Gelar? Diakui Internasional Loh!

Pasti pernah muncul atau terlintas pertanyaan di benakmu, apakah Ausbildung dapat gelar?

Program Ausbildung ke Jerman ini memang salah satu bentuk pendidikan vokasi. Jika di Indonesia, setara dengan jenjang D3 alias Ahli Madya.

Untuk di Indonesia sendiri, pendidikan vokasi memang rata-rata banyak praktik. Bisa dikatakan, proporsinya 30% teori dan 70% praktik.

Yang menjadi pertanyaan, apakah Ausbildung mendapat gelar? Karena, Azubi (peserta Ausbildung) akan belajar dan magang kerja di Jerman.

Program Ausbildung ke Jerman Dapat Gelar?

Program Ausbildung Jerman

Seperti yang kita ketahui dari pengertian Ausbildung itu sendiri, Ausbildung menjadi program dari pemerintah Jerman bagi warga asing untuk belajar dan magang kerja di Jerman.

Periode atau durasi waktu pelaksanaan bervariasi. Biasanya antara 2,5 tahun hingga 3,5 tahun.

Pada kegiatan Ausbildung tersebut, Azubi akan memperoleh aktivitas yang sama seperti di Indonesia. Aktivitas tersebut 30% berbasiskan teori dan 70% berbasiskan praktik.

Lantas, apakah setelah selesai Ausbildung dapat gelar? Tentunya, dapat! Namun, bukan gelar, melainkan lebih ke sertifikat atau sertifikasi.

Azubi yang sudah lulus Ausbildung akan mendapatkan sertifikasi Fachkraft (tenaga ahli). Sertifikat yang didapat antara Program Ausbildung dan Duales Studium berbeda.

  • Ausbildung, program yang dilaksanakan jenjang D3, dengan sertifikasi yang akan diperoleh adalah Fachkraft.
  • Duales Studium, program yang dilangsungkan pada pendidikan universitas atau hoschschule (setara universitas), dengan gelar yang akan dimiliki seperti jenjang S1 pada umumnya, yakni B.A. (Bachelor of Arts), B.Sc. (Bachelor of Science), B.E. (Bachelor of Engineering), dan lainnya.

Bedanya apa dengan di Indonesia? Jika di Indonesia, gelar D3 biasanya akan mendapatkan Ahli Madya (A.Md.). Kalau di Jerman akan mendapat Fachkraft.

Program dari pemerintah Jerman ini bukan untuk program main-main. Karena, setelah kamu lulus akan bisa langsung bekerja di Eropa maupun internasional. Hal ini karena sertifikasimu diakui.

Jerman menjadi negara yang maju dan selalu haus akan teknologi. Apalagi, Jerman dikenal dengan negara yang memiliki DNA penemu maupun ilmuwan.

  • Ferdinand von Zeppelin, penemu balon udara
  • Johannes Guttenberg, penemu mesin cetak
  • Konred Zuse, penemu komputer digital otomatis
  • Rudolf Diesel, penemu mesin diesel
  • Wilhelm Emil Fein, penemu mesin pengebor elektronik

Dengan banyaknya DNA penemu dan ilmuwan di Jerman, tak ayal membuat negara ini menjadi poros atau kiblat di bidang inovasi teknologi, ilmu pengetahuan, hingga manufaktur.

Ausbildung Jadi Program yang Paling Banyak Peminatnya

Ausbildung banyak diminati

Bisa dikatakan program Ausbildung Jerman ini merupakan salah satu program paling menarik dibandingkan dengan program yang lain.

Karena, selain belajar sambil kerja magang, Azubi bisa langsung bekerja di industri profesional Jerman maupun Eropa.

Sertifikasi maupun bakat yang dihasilkan dari program ini sudah diakui di seluruh negara di dunia. Karena, teknologi yang ada di Jerman sudah bisa dikatakan sangat maju dibandingkan dengan Indonesia.

Beberapa alasan mengapa Ausbildung menjadi program yang diminati dibanding Au Pair dan FSJ:

  • Au Pair, program yang dicanangkan untuk membantu kegiatan rumah tangga di Jerman, dengan output-nya adalah upah atau gaji setiap bulanan dan tempat tinggal.
  • Ausbildung, program belajar dan magang kerja ke Jerman, output-nya nanti menjadi tenaga profesional yang diakui di Eropa maupun internasional.
  • FSJ, program relawan atau volunteer, output-nya agar peserta tersebut memperoleh pengalaman kerja dan mendapat keterampilan khususnya di bidang sosial maupun budaya.

Mengetahui Ausbildung dapat gelar atau tidak di atas, kamu juga perlu tahu bahwasannya Ausbildung dibedakan menjadi 2 macam atau jenis.

2 jenis tersebut meliputi Duale Ausbildung dan Schulische Ausbildung. Apa perbedaan antara keduanya?

  • Duale Ausbildung lebih mengutamakan praktik ketimbang teori. Proporsinya adalah praktik selama 3 – 4 hari, sedangkan teori selama 1 – 2 hari.
  • Schulische Ausbildung lebih mengutamakan teori ketimbang praktik. Proporsinya adalah teori selama 3 – 4 hari, sedangkan praktik selama 1 – 2 hari.

Ausbildung menjadi semakin menarik, karena Azubi akan dibiayai tiap bulannya. Terlebih, upah tiap tahun akan meningkat dari tahun pertama hingga tahun ketiga.

Berbeda jika dengan di Indonesia, kamu belajar dan kuliah masih minta atau merepotkan orang tua. Sedangkan Ausbildung, kamu akan langsung dibiayai oleh perusahaan, sehingga bisa sedikit mengurangi beban orang tua.

Yang paling terpenting adalah kemampuan bahasa Jerman minimal level tingkat B1 oleh Goethe. Kamu tidak perlu khawatir, karena OTCA akan membantumu dari awal sampai akhir jika kamu masih bingung dengan Ausbildung ini.

OTCA sendiri sebagai lembaga bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara dengan 17.800+ lulusan per 2023. Kamu bisa ikut kelas bahasa Jerman, hingga dibantu untuk pendaftaran sampai ujian atau sertifikasi Goethe secara online.

Baca juga:

Tertarik Ingin Pergi ke Jerman?

Jika kamu tertarik dengan program di atas, tetapi masih bingung dan terkendala tidak ada konselor berpengalaman, kamu bisa dikatakan sangat tepat jika sudah sampai sini!

Menariknya, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional bisa membantumu belajar bahasa Jerman dan persiapan Ausbildung, Au Pair, maupun FSJ Jerman dengan mudah. Kamu bahkan bisa private!

Klaim Diskon Belajar Bahasa Jerman Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu berhak klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk belajar bahasa Jerman. Lebih dari 17.800 lulusan (data per 2023) telah bergabung bersama dengan OTCA. Amankan seat, karena terbatas!

super benefit yang kamu dapat saat mengikuti kursus kelas belajar bahasa Jerman online bersertifikat di OTCA:

  1. Bisa untuk persiapan ujian sertifikasi Goethe
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis selamanya video learning Jerman (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis selamanya modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis selamanya rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis selamanya webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier oleh Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Jerman)
  8. Bisa konsultasi tentang Au Pair, Ausbildung, FSJ, dan banyak lainnya
  9. Jadwal fleksibel secara online

Dipublikasikan pada 27 Juli 2023 dan telah di-review oleh Frau Rahma (German Lead Tutor OTCA). OTCA sebagai perusahaan bahasa asing online bersertifikat terbesar di Asia Tenggara dengan 17.800+ lulusan, siap membantumu belajar, studi, dan berkarier ke China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!