Apa Itu Ausbildung? Berikut Penjelasannya

Tak perlu diragukan lagi jika Jerman dianggap sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Ausbildung menjadi salah satu program pelatihan paling terkenal untuk meningkatkan sistem pendidikan Jerman yang lebih baik lagi. Garis besar tujuannya adalah untuk bantu mempersiapkan karir dan pastinya bisa membuka peluang yang lebih baik di masa depan. 

Di artikel kali ini kita akan berkenalan lebih lanjut apa itu Ausbildung. Yuk simak!

Apa itu Ausbildung?
Ausbildung merupakan program pelatihan profesional yang ditawarkan di Jerman, memungkinkan para siswa untuk belajar teori hingga praktik langsung kerja lapangan.

Sehingga tak heran jika ausbildung merupakan pilihan menarik bagi yang tidak ingin melanjutkan studi atau yang ingin memulai kehidupan profesionalnya secepat mungkin.

Pelatihan ini bersifat intensif dan terstruktur dimana siswa belajar sesuai bidang industri seperti teknik, teknologi informasi, perdagangan, kesehatan, dan masih banyak lagi. 

Durasi Pelatihan 
Durasi pelatihan ausbildung tergantung pada lokasi hingga bidang studi serta kesepakatan antara lembaga pendidikan, perusahaan dan siswa. Namun, durasi pelatihan ausbildung rata-rata berjalan antara 2-3,5 tahun. 

Dalam Hal ini, kedokteran atau teknik sipil memungkinkan butuh waktu yang lebih lama dibandingkan spesalisasi lainnya. Siswa yang telah menyelesaikan program pelatihan menerima sertifikat kompetensi yang diakui negara dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memasuki kehidupan profesional sesuai dengan bidang yang diambil.

Mengapa Penting?
Selama pelatihan ausbildung di Jerman, banyak kegiatan bermanfaat yang disediakan untuk para siswa karena pelatihan ini memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri. Beberapa kegiatan yang dilakukan selama pelatihan ini antara lain:

  • Belajar teori dan praktik

Teori merupakan kunci awal dari sebuah pelajaran dan praktik merupakan pendukung untuk menguatkan teori tersebut. Para siswa akan belajar teori sesuai dengan bidang pelatihan di sekolah maupun pusat pelatihannya. Mereka juga akan memperoleh pengalaman langsung dari tempat kerja.

  • Berpartisipasi dalam proyek dan tugas

Pengaplikasian teori dan praktik bisa melalui proyek dan tugas. Mereka akan diberi tugas dan proyek berbeda untuk dilakukan di tempat kerja. Tentunya hal tersebut akan membantu para siswa dalam memperoleh pengalaman hingga mengembangkan keterampilannya secara langsung.

  • Belajar dalam lingkungan kerja

Para siswa akan mengamati praktik-praktik yang diterapkan oleh para profesional di bidang pelatihan mereka. Pelatihan ausbildung juga mendorong para siswa untuk belajar bekerja sama dalam tim bahkan berkomunikasi dengan atasan.

  • Mengikuti pelatihan tambahan

Dilakukan untuk meningkatkan keterampilan serta pengetahuan siswa. Pelatihan tambahan ini dapat mencakup pelatihan bahasa, pelatihan komputer, atau pelatihan teknis lainnya.

Para siswa akan dipandu/diarahkan oleh pembimbing dan atasan di tempat kerja selama ausbildung. Hal tersebut dilakukan guna memastikan bahwa para siswa mendapatkan pengalaman terbaik dan keterampilan yang diperlukan saat terjun langsung ke dunia kerja di masa depan.

Tertarik mengikuti programnya?

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!