5 Universitas Tertua di Jerman

Jerman sering sekali dikenal sebagai negara paling maju dalam bidang teknologi hingga sains di dunia. Tidak heran, universitas Jerman memainkan peran penting dalam memajukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia. Faktor utamanya adalah hadirnya universitas Jerman sebagai pusat penelitian pada masa-masa Kekaisaran Romawi. Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 universitas tertua di Jerman berdasarkan tahun pendiriannya.

  1. Universitas Heidelberg (Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg) 

Universitas ini mulai didirikan pada tahun 1386 oleh Paus Urbanus VI, yang menjadikan universitas tertua di jerman dan salah satu universitas tertua di dunia yang masih bertahan. 

  1. Universitas Leipzig (Universität Leipzig) 

Universitas Leipzig terletak di kota Leipzig, Jerman yang didirikan pada tahun 1409 oleh Frederick I, Elector of Saxony dan William II, Margrave of Meissen. Universitas ini menjadikan universitas tertua kedua di Jerman. 

  1. Universitas Rostock (Universität Rostock) 

Universitas ini berlokasi di kota Rostock , Mecklenburg-Vorpommern, Jerman. Didirikan pada tahun 1419 dan menjadi universitas tertua ketiga di Jerman serta universitas ke-5 yang dibangun pada masa Kekaisaran Romawi.

  1. Universitas Greifswald (Universität Greifswald) 

Universitas Greifswald terletak di Greifswald, Mecklenburg-Vorpommern, Jerman dan didirikan pada 17 Oktober 1456 dengan persetujuan oleh Duke Wratislaw IX dari Pommern-Wolgast. Pendirian yang sangat berdaulat ini dilandaskan atas inisiatif dan dukungan dermawan dari walikota Greifswald, Heinrich Rubenow. Pada pergantian abad ke-16, Greifswald menjadi penting bagi siswa dari bagian utara kekaisaran dan Skandinavia.

  1. Universitas Erfurt (Universität Erfurt) 

Universitas Erfurt adalah universitas negeri yang terletak di Erfurt, ibu kota negara bagian Thuringia, Jerman. Paus Clemens VII di Avignon memberikan hak istimewa untuk membuka universitas ini, yang akhirnya didirikan pada tahun 1392 sebelum Heidelberg (1385) dan Cologne (1388). Kemudian ditutup pada tahun 1816 oleh kerajaan Prussia, dan dibuka kembali pada tahun 1994.

Dengan demikian, inilah 5 universitas tertua di jerman. 5 Universitas ini telah memiliki sejarah panjang dan terus menjadi pusat akademik yang penting di Jerman dan Eropa.

Yuk Persiapkan Bahasa Jermanmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jerman Klik Link Dibawah

Loading...
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!